;

Laporan Keuangan : Pengertian , Fungsi ,Contoh & Jenis Laporan

buayaberdiri.blogspot.com - Dalam sebuah bisnis perusahaan dan organisasi biasanya memiliki sistem keuangan yang cukup untuk menjalankan aktivitasnya,dalam dunia keuangan kita akan mengenal laporan keuangan yng diperlukan oleh perusahaan untuk dapat mengetahui bagaimana kondisi finansial sebuah perusahaan atau organisasi.

Uang merupakan salahsatu komponen perusahaan dan organisasi yang penting,bagi sebuah bisnis perusahaan uang adalah menjadi salahsatu penggerak untuk menjalankan perusahaan seperti : membayar gaji karyawan,membayar pajak perusahaan,membeli mesin atau aset perusahaan yang lain untuk dapat meningkatkan produktivitas dan lain-lain

Uang perusahaan ini dikelola oleh seseorang yang bekerja dibagian keuangan,dalam mengelola uang kita juga akan membutuhkan laporan keuangan.Laporan ini menjadi sangat penting bagi seorang manajer keuangan dan seorang atasan yang lainnya dan seorang investor perusahaan.Setiap membuat laporan keuangan memiliki standar pelaporan keuangan pada umumnya atau memiliki laporan keuangan yang biasa saja karena kondisi tertentu.

Daftar Isi :



Pengertian Laporan Keuangan


Apa itu laporan keuangan ? laporan keuangan adalah sebuah dokumen yang memiliki informasi tentang catatan yang berkaitan dengan uang perusahaan seperti salahsatu contohnya adalah laporan pemasukan dan pengeluaran perusahaan.Transaksi uang masuk dan uang keluar perusahaan dapat dicatat per hari atau per minggu atau perbulan dan juga per tahun.Periode pencatatan ini bisa dikondisikan dengan kapan perusahaan mengalami pemasukan dan pengeluaran uang.

Membuat laporan keuangan perusahaan dapat dicatat secara detail seperti bagaimana perusahaan mendapatkan dana masuk atau mendapatkan untung atau mendapatkan uang dari hasil penjualan / berbisnis,produk apa yang laku yang dapat membuat perusahaan mendapatkan uang dan lain-lain.Begitu juga pencatatan lainnya seperti pengeluaran perusahaan,kerugian perusahaan dan lain-lain. 

Dengan adanya laporan keuangan ini kita dapat mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan atau organisasi secara detail.Sehingga seorang pemimpin perusahaan atu pemilik perusahaan dapat mengantisipasi dengan cara melakukan pencegahan tertentu sesuai dengan saran atau masukan dari seorang manajer keuangan bila kondisi finansial perusahaan mengalami masalah,supaya perusahaan dapat melanjutkan tujuan yang sedang dicapai.

Oleh sebab itu laporan keuangan menjadi sangat penting pada seseorang atau staff yang bekerja dibidang administrasi keuangan.Dengan adanya pencatatan laporan keuangan yang didata secara terperinci mengenai transaksi keuangan perusahaan dapat membuat perusahaan lebih hati-hati dalam mengelola keuangan dan laporan tersebut dapat dipertanggungjawabkan oleh seorang staff keuangan seperti admin keuangan dan akuntan untuk mengelola aset-aset perusahaan.

Macam-macam Laporan Keuangan 


1.Laporan Laba Rugi 


Laporan Laba Rugi atau Untung Rugi adalah salahsatu jenis laporan keuangan perusahaan yang didalamnya memiliki informasi laporan keuangan utama perusahaan pada waktu tertentu yaitu pada saat perusahaan mengalami atau memiliki pendapatan,pengeluaran dan untung(laba) rugi.Data laporan ini dicatat secara detail dan data dalam laporan ini adalah keuangan utama yang diterima oleh perusahaan.Seperti laporan keuangan pendapatan,pengeluaran dan laba rugi yang akan langsung diterima oleh perusahaan.

Maka pembuatan laporan juga dilakukan saat kondisi perusahaan mengalami pendapatan dan laba rugi terjadi diwaktu tertentu.Mungkin ada perbedaan sedikit mengenai pembuatan laporan pengeluaran perusahaan,apa lagi ada pengeluaran perusahaan yang bersifat urgent atau cepat untuk menjalankan kegiatan usaha perusahaan.Namun ada beberapa kasus dimana perusahaan dapat membuat laporan pendapatan,pengeluaran dan laba rugi secara realtime atau setiap hari,khususnya untuk perusahaan yang bergerak dibidang retail dan jasa dan manufaktur produk tertentu.

Laporan laba rugi dapat membuat seorang pemilik perusahaan atau seorang direktur atau manager mengetahui apakah kondisi finansial perusahaan dalam keadaan baik atau tidak.Jika dalam keadaan baik perusahaan mengalami laba dan memiliki pendapatan yang tinggi atau peningkatan pendapatan,jika dalam keadaan buruk perusahaan mengalami kerugian dan memiliki penurunan pendapatan.

Untuk menyusun laporan laba rugi perusahaan dapat dilakukan dengan 2 cara ,yaitu :
Penyusunan Single Step adalah cara menyusun laporan yang hanya menghitung penghasilan bersih perusahaan dengan cara menjumlahlah pendapatan dan keuntungan kemudian dikurangi beban dan kerugian perusahaan
Penyusunan Multi Step adalah cara menyusun laporan dengan cara membagi atau memisahkan laporan operasional dan biaya operasional,juga memisahkan pendapatan non operasional dan biaya non operasional


2.Laporan Neraca Keuangan


Laporan Neraca adalah laporan yang memiliki informasi tentang kekayaan dan aset-aset perusahaan untuk menjalankan produktivitas perusahaan atau bisnis.Laporan neraca biasanya terdapat informasi laporan mengenai aktiva atau aset perusahaan,piutang ,jumlah kas perusahaan,modal saham,akumulasi penyusutan dan lain-lain.

Dari catatan laporan neraca kita dapat menilai kondisi keuangan perusahaan,apakah kondisi finansial perusahaan tersebut dalam keadaan baik atau tidak.Sehingga laporan ini menjadi laporan yang paling penting dalam perusahaan,laporan neraca ini tidak boleh ada perbedaan atau selisih dengan laporan-laporan keuangan lainnya.Jika terdapat perbedaan atau selisih dengan laporan lainnya,maka seorang akuntan atau admin keuangan harus memperbaikinya atau merevisinya.

3.Laporan Aliran dana Kas


Laporan Arus Kas adalah laporan yang berisi catatan keuangan perusahaan seperti pemasukan dan pengeluaran perusahaan dalam satu periode.Laporan ini berguna untuk mengevaluasi likuiditas dan solvabilitas dan aktiva bersih perusahaan,laporan ini dibuat oleh akuntan atau bagian admin keuangan untuk dapat memberikan informasi tentang pengeluaran dan pemasukan perusahaan kepada pemimpin perusahaan.

Uang kas yang masuk ke perusahaan bisa didapat dari investasi,pendanaan,pemasukan dan lain-lain.Laporan uang kas juga dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu aliran dana kas langsung dan aliran dana kas tidak langsung 




Laporan perubahan modal adalah laporan yang berisi informasi tentang perubahan harta kekayaan perusahaan dari kondisi tertentu seperti peningkatan atau penurunan dana investasi yang masuk,pendapatan perusahaan,modal dan lain-lain.Laporan perubahan modal dapat ditemukan diberbagai perusahaan publik atau terbuka mulai dari perusahaan besar,menengah dan kecil . Biasanya perubahan modal ini bisa terjadi diperusahaan besar yang memiliki struktur kepemilikan yang kompleks


Fungsi Laporan Keuangan


Laporan Keuangan memiliki fungsi sesuai dengan tujuan yang baik untuk menjaga keberlangsungan perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan produktivitas perusahaan dan menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk bersaing dalam dunia bisnis.Berikut ini adalah fungsi dari pembuatan laporan keuangan dalam sebuah bisnis perusahaan dan juga organisasi.


  1. Pencatatan dan pendataan keuangan 
  2. Mengevaluasi keuangan perusahaan
  3. Sebagai antisipasi dan peringatan dini kondisi perusahaan
  4. Penilaian bagi investor apakah perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak
  5. Laporan Keuangan bermanfaat untuk mempermudah pembayaran Pajak Perusahaan ke Pemerintah atau Petugas Pajak dan lain-lain




Penutup


Demikian informasi tentang artikel laporan keuangan bagi perusahaan dan bagi organisasi,laporan ini menjadi sangat penting.Apalagi perusahaan yang memiliki produktivitas yang tinggi dan memiliki sumber dana yang kompleks seperti perusahaan publik atau terbuka.

Noted : Artikel ini ditulis dari hasil rewrite atau penulisan ulang dengan gaya bahasa si penulis artikel ini.



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com