buayaberdiri.blogspot.com - Pengertian administrasi keuangan adalah
memberikan pemahaman dasar mengenai administrasi keuangan pada lingkungan
bisnis dalam bentuk usaha seperti perusahaan dan organisasi.Secara umum
orang-orang berfikir bahwa administrasi keuangan adalah seorang staff yang
bekerja atau bertugas untuk melakukan pembayaran seperti penggajian
karyawan.Dan itu memang benar,akan tetapi ada banyak bagian administrasi
keuangan yang memiliki tugas dan peranan masing-masing.
Oleh sebab itu pada artikel ini kita akan membahas banyak hal tentang
administrasi keuangan,seperti pengertian administrasi keuangan,tugas seorang
administrasi keuangan,dan bagian-bagian yang terdapat dilingkungan
administrasi keuangan,fungsi administrasi keuangan dan lain-lain.
Daftar isi Tentang Administrasi Keuangan:
Pengertian Administrasi Keuangan
Apa itu Administrasi Keuangan ? kita akan membahas terlebih dahulu apa itu
administrasi dan apa itu keuangan
Administrasi adalah seseorang yang bertugas untuk menjalankan sebuah
perusahaan dan organisasi untuk mengatur atau mengontrol apa yang dibutuhkan
perusahaan atau organisasi melalui pendataan,pencatatan,perencanaan untuk
tujuan yang sudah direncanakan.
Sedangkan Keuangan adalah sesuatu yang berhubungan dengan finansial
atau uang untuk mengelola dan menjalankan aset-aset tertentu dalam perusahaan
atau organisasi.
Secara umum administrasi keuangan adalah seseorang yang bekerja
mengelola keuangan perusahaan atau organisasi seperti membuat anggaran
keuangan,melakukan pembayaran,mengendalikan keuangan,menjaga keuangan dan
membuat laporan keuangan perusahaan.
Dengan adanya bagian administrasi keuangan akan memudahkan dan memperlancar
perusahaan untuk menjalankan bisnis.Coba kamu bayangkan jika seorang Atasan
dalam perusahaan seperti seorang Direksi atau Direktur atau seorang HR juga
memiliki tanggung jawab sebagai administrasi keuangan ? ,beberapa kemungkinan
akan menyebabkan kegiatan yang berhubungan dengan keuangan akan memiliki
kendala atau hambatan.
Kenapa ? ya karena mereka sudah memiliki tugas pekerjaan dan fungsi masing-masing,jika ditambahkan untuk bertanggung jawab sebagai administrasi keuangan,maka akan menambah beban kerja yang berlebih,sehingga akan menyebabkan salahsatu pekerjaan mereka akan tertunda atau keteteran. Padahal jika tidak ditambah untuk mengatur keuangan perusahaan saja mereka sudah memiliki banyak pekerjaan yang harus mereka kerjakan.
Kenapa ? ya karena mereka sudah memiliki tugas pekerjaan dan fungsi masing-masing,jika ditambahkan untuk bertanggung jawab sebagai administrasi keuangan,maka akan menambah beban kerja yang berlebih,sehingga akan menyebabkan salahsatu pekerjaan mereka akan tertunda atau keteteran. Padahal jika tidak ditambah untuk mengatur keuangan perusahaan saja mereka sudah memiliki banyak pekerjaan yang harus mereka kerjakan.
Pembagian divisi dalam pekerjaan itu sangat penting ,karena untuk mempermudah
dan mempercepat kinerja perusahaan dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan
tertentu.Semakin besar produktivitas perusahaan,maka semakin besar beban
kinerja perusahaan tersebut untuk tetap stabil atau meningkatkan
produktivitas.
Sebagai contoh,ketika sebuah perusahaan menghasilkan 10 unit motor untuk 1
mesin produksi dalam waktu 1 hari,maka ketika permintaan pasar terhadap motor
tinggi,semisal 1000 .Maka perusahaan akan menambah mesin dan sumber daya
manusia untuk melakukan peningkatan produktivitas dalam menghasilkan 1000 unit
motor.
Oleh sebab itu sumber daya manusia untuk administrasi keuangan sangat penting
untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dalam melakukan tugas pekerjaan
yang berkaitan dengan uang dan aset perusahaan.
Tujuan Administrasi Keuangan
Secara umum tujuan administrasi keuangan adalah untuk mengatur sistem keuangan
perusahaan supaya dapat menjalankan perusahaan atau organisasi untuk melakukan
aktifitas tertentu dengan cepat,efisien dan baik.berikut ini adalah tujuan
lain dengan adanya staff administrasi keuangan :
- Dapat memudahkan pengelolaan pemasukan dan pengeluaran uang / finansial perusahaan
- Dapat memudahkan untuk melakukan transaksi keuangan,karena setiap melakukan transaksi keuangan memiliki bukti transaksi yang bisa dipertanggungjawabkan
- Dapat memudahkan seorang atasan perusahaan (Direktur/CEO/HRD/Manager/dll) untuk mengetahui informasi pengelolaan atau kondisi keuangan perusahaan
Bagian-Bagian Divisi Administrasi Keuangan
Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi administrasi keuangan yang
berbeda-beda dan tergantung dari skala perusahaan apakah itu dari perusahaan
besar,menengah dan kecil.Secara umum berikut ini adalah bagian-bagian yang
bertugas di divisi admin keuangan :
- Manajer Keuangan
- Bendahara
- Staff Keuangan
- Sekretaris
- Financial Analysis / Analisis Keuangan
- Purchasing
- Human Resource (HR)
- Tim Audit
- Tim Payroll atau Penggajian / Pembayaran
- Dan lain-lain
Manager Keuangan
Jobdesk / tanggung jawab Manager Keuangan :
- Memberikan laporan keuangan terhadap atasan (direktur / CEO / dll)
- Memberikan masukan tentang kondisi keuangan perusahaan
- Memberikan langkah keuangan yang strategis kepada perusahaan dan investor
- Menjaga kesehatan keuangan perusahaan
- Menganalisis keuangan perusahaan
- Menganalisa pengeluaran dan harga
Bendahara
Jobdesk / tanggung jawab Bendahara :
- Mengelola penerimaan uang
- Menjaga uang perusahaan
- Memberikan saran terhadap penilaian analisis seperti pinjaman perusahaan,investasi dan likuiditas
- Mempertahankan kegiatan keuangan pihak ketiga
- Mengantisipasi kebutuhan peminjaman perusahaan
- Menyiapkan anggaran dan laporan keuangan
Staff Keuangan
Jobdesk / tanggung jawab Staff Keuangan :- Melayani klien seperti investor,rekan rekan kerja,atasan
- Mendukung Manager Keuangan untuk aktivitas tertentu
- Menyiapkan neraca keuangan
- Melakukan rekonsiliasi transaksi harian
- Menyelesaikan sengketa keuangan
- Membantu untuk penyusunan anggaran
Sekretaris
Jobdesk / tanggung jawab Sekretaris :- Bekerja sama dengan bendahara keuangan
- Menyimpan catatan penyusunan anggaran,laporan keuangan,informasi keuangan perusahaan dan lain-lain
- Menyiapkan laporan keuangan tahunan dan bulanan
- Menyiapkan formulir transfer uang atau pengiriman uang
- Menyiapkan stempel yang berhubungan dengan keuangan
- Menyiapkan catatan untuk audit akhir tahun atau akhir bulan
Financial Analysis
Jobdesk / tanggung jawab Financial Analysis :- Memberikan saran tentang anggaran dan peluang investasi
- Mengembangkan kebijakan pertumbuhan keuangan perusahaan
- Melihat dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan
- Menganalisa data keuangan bulan ini,bulan depan dan tahun ini ,tahun depan
- Mengeksplorasi peluang investasi
- Mengindetifikasi tren keuangan
Tugas Staff Admin Keuangan
Untuk tugas yang dikerjakan oleh seorang admin keuangan sudah saya sebutkan diatas,karena setiap petugas admin keuangan memiliki jabatan atau bagian yang berbeda-beda.Jadi orang yang bekerja di Divisi Administrasi keuangan tidak hanya satu.Akan tetapi Struktur Organisasi Divisi Admin Keuangan juga berbeda-beda sesuai dengan anggaran perusahaan (kemampuan perusahaan merekrut tenaga kerja) dan tipe perusahaan (perusahaan besar / perusahaan menengah / perusahaan kecil).
Biasanya semakin besar perusahaan atau semakin besar produktivitas perusahaan maka akan semakin banyak sumber daya manusia yang dipekerjakan atau dibutuhkan,terutama di bagian keuangan.
Penutup
Demikian informasi tentang administrasi keuangan,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)
Notice : Artikel ini ditulis dengan cara rewrite atau menulis ulang dengan gaya bahasa saya sendiri.