;

Administrasi Keuangan : Pengertian , Tujuan & Jobdesk Admin Keuangan

buayaberdiri.blogspot.com - Pengertian administrasi keuangan adalah memberikan pemahaman dasar mengenai administrasi keuangan pada lingkungan bisnis dalam bentuk usaha seperti perusahaan dan organisasi.Secara umum orang-orang berfikir bahwa administrasi keuangan adalah seorang staff yang bekerja atau bertugas untuk melakukan pembayaran seperti penggajian karyawan.Dan itu memang benar,akan tetapi ada banyak bagian administrasi keuangan yang memiliki tugas dan peranan masing-masing.

Oleh sebab itu pada artikel ini kita akan membahas banyak hal tentang administrasi keuangan,seperti pengertian administrasi keuangan,tugas seorang administrasi keuangan,dan bagian-bagian yang terdapat dilingkungan administrasi keuangan,fungsi administrasi keuangan dan lain-lain.

Daftar isi Tentang Administrasi Keuangan:



Pengertian Administrasi Keuangan 


Apa itu Administrasi Keuangan ? kita akan membahas terlebih dahulu apa itu administrasi dan apa itu keuangan 

Administrasi adalah seseorang yang bertugas untuk menjalankan sebuah perusahaan dan organisasi untuk mengatur atau mengontrol apa yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi melalui pendataan,pencatatan,perencanaan untuk tujuan yang sudah direncanakan.

Sedangkan Keuangan adalah sesuatu yang berhubungan dengan finansial atau uang untuk mengelola dan menjalankan aset-aset tertentu dalam perusahaan atau organisasi.

Secara umum administrasi keuangan adalah seseorang yang bekerja mengelola keuangan perusahaan atau organisasi seperti membuat anggaran keuangan,melakukan pembayaran,mengendalikan keuangan,menjaga keuangan dan membuat laporan keuangan perusahaan.

Dengan adanya bagian administrasi keuangan akan memudahkan dan memperlancar perusahaan untuk menjalankan bisnis.Coba kamu bayangkan jika seorang Atasan dalam perusahaan seperti seorang Direksi atau Direktur atau seorang HR juga memiliki tanggung jawab sebagai administrasi keuangan ? ,beberapa kemungkinan akan menyebabkan kegiatan yang berhubungan dengan keuangan akan memiliki kendala atau hambatan.

Kenapa ? ya karena mereka sudah memiliki tugas pekerjaan dan fungsi masing-masing,jika ditambahkan untuk bertanggung jawab sebagai administrasi keuangan,maka akan menambah beban kerja yang berlebih,sehingga akan menyebabkan salahsatu pekerjaan mereka akan tertunda atau keteteran. Padahal jika tidak ditambah untuk mengatur keuangan perusahaan saja mereka sudah memiliki banyak pekerjaan yang harus mereka kerjakan.

Pembagian divisi dalam pekerjaan itu sangat penting ,karena untuk mempermudah dan mempercepat kinerja perusahaan dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan tertentu.Semakin besar produktivitas perusahaan,maka semakin besar beban kinerja perusahaan tersebut untuk tetap stabil atau meningkatkan produktivitas.

Sebagai contoh,ketika sebuah perusahaan menghasilkan 10 unit motor untuk 1 mesin produksi dalam waktu 1 hari,maka ketika permintaan pasar terhadap motor tinggi,semisal 1000 .Maka perusahaan akan menambah mesin dan  sumber daya manusia untuk melakukan peningkatan produktivitas dalam menghasilkan 1000 unit motor.

Oleh sebab itu sumber daya manusia untuk administrasi keuangan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dalam melakukan tugas pekerjaan yang berkaitan dengan uang dan aset perusahaan.


Tujuan Administrasi Keuangan


Secara umum tujuan administrasi keuangan adalah untuk mengatur sistem keuangan perusahaan supaya dapat menjalankan perusahaan atau organisasi untuk melakukan aktifitas tertentu dengan cepat,efisien dan baik.berikut ini adalah tujuan lain dengan adanya staff administrasi keuangan :

  1. Dapat memudahkan pengelolaan pemasukan dan pengeluaran uang / finansial perusahaan
  2. Dapat memudahkan untuk melakukan transaksi keuangan,karena setiap melakukan transaksi keuangan memiliki bukti transaksi yang bisa dipertanggungjawabkan
  3. Dapat memudahkan seorang atasan perusahaan (Direktur/CEO/HRD/Manager/dll) untuk mengetahui informasi pengelolaan atau kondisi keuangan perusahaan

Bagian-Bagian Divisi Administrasi Keuangan


Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi administrasi keuangan yang berbeda-beda dan tergantung dari skala perusahaan apakah itu dari perusahaan besar,menengah dan kecil.Secara umum berikut ini adalah bagian-bagian yang bertugas di divisi admin keuangan :

  1. Manajer Keuangan
  2. Bendahara
  3. Staff Keuangan
  4. Sekretaris
  5. Financial Analysis / Analisis Keuangan 
  6. Purchasing
  7. Human Resource (HR)
  8. Tim Audit
  9. Tim Payroll atau Penggajian / Pembayaran
  10. Dan lain-lain


Manager Keuangan 

Jobdesk / tanggung jawab Manager Keuangan :

  1. Memberikan laporan keuangan terhadap atasan (direktur / CEO / dll)
  2. Memberikan masukan tentang kondisi keuangan perusahaan
  3. Memberikan langkah keuangan yang strategis kepada perusahaan dan investor
  4. Menjaga kesehatan keuangan perusahaan
  5. Menganalisis keuangan perusahaan
  6. Menganalisa pengeluaran dan harga


Bendahara

Jobdesk / tanggung jawab Bendahara :

  1. Mengelola penerimaan uang 
  2. Menjaga uang perusahaan 
  3. Memberikan saran terhadap penilaian analisis seperti pinjaman perusahaan,investasi dan likuiditas
  4. Mempertahankan kegiatan keuangan pihak ketiga
  5. Mengantisipasi kebutuhan peminjaman perusahaan
  6. Menyiapkan anggaran dan laporan keuangan


Staff Keuangan

Jobdesk / tanggung jawab Staff Keuangan :


  1. Melayani klien seperti investor,rekan rekan kerja,atasan
  2. Mendukung Manager Keuangan untuk aktivitas tertentu
  3. Menyiapkan neraca keuangan
  4. Melakukan rekonsiliasi transaksi harian
  5. Menyelesaikan sengketa keuangan
  6. Membantu untuk penyusunan anggaran


Sekretaris

Jobdesk / tanggung jawab Sekretaris :

  1. Bekerja sama dengan bendahara keuangan
  2. Menyimpan catatan penyusunan anggaran,laporan keuangan,informasi keuangan perusahaan dan lain-lain
  3. Menyiapkan laporan keuangan tahunan dan bulanan
  4. Menyiapkan formulir transfer uang atau pengiriman uang
  5. Menyiapkan stempel yang berhubungan dengan keuangan
  6. Menyiapkan catatan untuk audit akhir tahun atau akhir bulan


Financial Analysis

Jobdesk / tanggung jawab Financial Analysis :

  1. Memberikan saran tentang anggaran dan peluang investasi
  2. Mengembangkan kebijakan pertumbuhan keuangan perusahaan
  3. Melihat dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan
  4. Menganalisa data keuangan bulan ini,bulan depan dan tahun ini ,tahun depan
  5. Mengeksplorasi peluang investasi
  6. Mengindetifikasi tren keuangan


Tugas Staff Admin Keuangan


Untuk tugas yang dikerjakan oleh seorang admin keuangan sudah saya sebutkan diatas,karena setiap petugas admin keuangan memiliki jabatan atau bagian yang berbeda-beda.Jadi orang yang bekerja di Divisi Administrasi keuangan tidak hanya satu.Akan tetapi Struktur Organisasi Divisi Admin Keuangan juga berbeda-beda sesuai dengan anggaran perusahaan (kemampuan perusahaan merekrut tenaga kerja) dan tipe perusahaan (perusahaan besar / perusahaan menengah / perusahaan kecil).

Biasanya semakin besar perusahaan atau semakin besar produktivitas perusahaan maka akan semakin banyak sumber daya manusia yang dipekerjakan atau dibutuhkan,terutama di bagian keuangan.




Penutup


Demikian informasi tentang administrasi keuangan,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)



Notice : Artikel ini ditulis dengan cara rewrite atau menulis ulang dengan gaya bahasa saya sendiri.




List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com