;

Belajar tipe input pada form HTML - Input type pada HTML

haiii guyss hari saya akan share tentang Element Form pada HTML,fungsi dari element ini adalah menerima inputan dan pihak user sendiri,entah itu inputan nama,kartu identitas dll.

didalam tag form banyak inputan yang berupa kotak teks,kotak isi password,centang/ceklis,tombol Dll,tag ini sangat berguna didalam konten HTML sebagai informasi dari sebuah user/pengguna konten website kita atau juga sangat berguna bila kita membuat konten web yang berisi tentang input data kerja sebuah perusahaan.

apakah kalian pengguna media sosial,yupppss sepertinya hampir 80 % dinegara kita aktif dalam media sosial,banyak yang menggunakan sebagai sarana penghubung pertemanan,ada juga digunakan untuk bisnis penjualan produk,jasa,dll.

jika kalian memperhatikan sebelum kalian login atau masuk ke media sosial tersebut,pasti kalian akan menemukan sebuah konten atau form untuk halaman login bukan ?,apakah yang kalian lihat pada halaman login ?

pasti kalian akan menemukan kotak berisi username,password,dan tombol login bukan ?,nah seperti itulah kegunaan form pada konten web HTML,semoga kalian mengerti sampe disini ya guyss,ya seengganya kalian bisa ngebayang ya guyss 😊😊

lalu pasti kalian akan bertanya bagaimana cara membuat form seperti itu ?,bagaimana cara membuat kotak username dan password kaya gitu ?,bagaimana cara membuat tombol loginnya ?

oke untuk membuat konten seperti itu kita akan mempelajari tipe-tipe input data,berikut adalah tipe-tipe input data pada HTML :

1.teks

input data teks digunakan untuk membuat kotak kosong yang kemudian si user bisa menulis pada kotak kosong tresebut.

tag yang akan kita gunakan adalah :

<input type="text" name="Username" value="" />

jadi seperti ini contohnya :




pada contoh diatas kita akan membuat kotak teks sebagai inputannya,maka type yang kita gunakan adalah "text",perhatikan pada script <input type="text" name="username" value="">

pada script tersebut menjelaskan bahwa tipe input yang kita gunakan adalah "text" dengan menyertakan tanda kutip di antara text.



jika menjalankan scriptnya di browser akan nampak seperti ini :


nah sepertinya mudah bukan guyss 😊

untuk tipe data selanjutnya kita bahas di updatetan selanjutnya ya guyss,tunggu updatetan selanjutanya ya guyss,,

semoga bermanfaat buat kalian yang mempelajari HTML..

Gbu 😊😊


List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com