;

Cara Membuat Halaman Artikel Blog Page One di Google

Cara Supaya Website / Blog Muncul di Halaman Pertama Google



Cara Supaya Website / Blog Muncul di Halaman Pertama Google




buayaberdiri.blogspot.com - Setiap blogger pasti ingin artikelnya ingin berada di posisi paling atas dihalaman satu mesin pencari google.Posisi halaman satu atau paling atas di halaman pertama google disebut dengan page one google search engine.

Ketika kita berada dihalaman pertama dengan kata kunci yang pendek atau sedang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.Karena tidak banyak para blogger yang dapat merasakan masuk diposisi tersebut,mengapa ?

Ya,karena persaingan yang sangat ketat.Dengan kata kunci diatas 1 juta pencarian bisa dikatakan mereka bukanlah kompetitor yang mudah untuk digeser.Bahkan ada banyak situs-situs yang memiliki autorithy yang tinggi yang berada dihalaman pertama google.

Tingkat Kesulitan Masuk di Halaman Pertama Google


Untuk mendapatkan posisi paling atas di halaman pertama google dengan kata kunci yang memiliki sedikit pencarian sepertinya bagi sebagian para blogger itu sangat mudah.Sehingga kemudahan untuk page one di halaman pertama google itu tingkat kesulitannya sangat relatif dan tidak bisa digeneralisir.

Bukan berarti untuk masuk ke posisi pertama dan dihalaman pertama google mudah yang kata kunci yang memiliki jumlah pencarian sedikit.Kita masih tidak mengerti bagaimana google memposisikan halaman artikel pada blog atau website kita di mesin pencarian google.

Akan tetapi dengan analisa dengan perhitungan melalui pendekatan-pendekatan tertentu bisa membuat kita memahami bagaimana artikel tersebut bisa page one.Dan terkadang google ingin memberitahukan secara umum tentang bagaimana mereka ingin melakukan improvement untuk lebih baik.

Sebagai contoh untuk tahun 2019-2021 google telah memberikan penilaian user experience pada blog dan situs yang pengunjung kunjungi.Maka untuk mengatasi itu,lahirlah Google AMP,dengan harapan dapat memberikan user experience yang lebih baik mengenai kecepatan blog.

Itu adalah contoh kecil saja dan masih banyak faktor lain untuk mempengaruhi masuk kehalaman pertama google.


Beberapa Faktor Yang Membuat Artikel Blog Page One


Ini adalah hasil dari analisa dan pendapat pribadi saya mengenai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi artikel blog atau website kamu bisa berada dihalaman pertama google.Tentu hasil analisa saya belum tentu sama atau sependapat dengan para suhu-suhu blogger diluaran sana.

Tapi ini bisa menjadi referensi kamu,untuk dapat melakukan riset lebih lanjut dan membandingkan dari semua pendapat-pendapat blogger.Sehingga kamu bisa membuat kesimpulan sendiri dan menerapkan pada blog kamu.


Faktor Pendukung Untuk Peluang Masuk Page one Google Pada Halaman Artikel Blogger,Wordpress,Website E-Commerce,Website PHP dan lain-lain : 

  1. Kualitas Konten
  2. Penempatan Keyword 
  3. Jumlah Kata Dalam Artikel
  4. Penggunaan Tag Heading
  5. Penggunaan Internal Link
  6. Struktur Data Website / Blog
  7. Kecepatan Loading Blog
  8. User Experience 
  9. Memahami Persaingan Kompetitor
  10. Nama Website 



Berikut ini adalah penjelasan dari faktor yang mempengaruhi peluang artikel masuk pageone google,


Kualitas Konten Artikel 


Hal yang pertama yang mempengaruhi dan menjadi faktor yang paling penting untuk masuk kedalam halaman paling atas untuk artikel blog di masin pencarian google adalah kualitas konten artikel.Kualitas konten artikel adalah menjadi faktor yang dapat dilihat dengan mudah.

Karena kita bisa melihat bagaimana kualitas konten artikel blog atau website di pencarian google.Sehingga alasan ini menjadi cukup kuat yang akan menjadi penentu apakah berpeluang masuk atau tidak di pencarian google.

Pastikan kamu telah menguasai konten artikel yang akan kamu bahas dihalaman artikel kamu,mengapa ? karena google akan menyaring konten artikel blog atau website yang relevan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Jika kamu tidak menguasai konten artikel,maka ini akan menjadi sesuatu yang memiliki efek yang kurang baik bagi pengunjung.Karena penjelasan artikel yang menguasai bidangnya akan terlihat berbeda dibandingkan dengan orang yang hanya mengandalkan rewrite.

Salahsatu efek negatif dari kurangnya menguasai konten artikel adalah gaya bahasa  penulisan kamu akan menjadi sulit dimengerti oleh pengunjung,kemudian jika pengunjung merespon dengan pertanyaan,ada kemungkinan kamu membutuhkan waktu untuk menjawabnya.

Sebagai contoh,jika kamu adalah seorang pengembang kode javascript,mungkin kamu bisa membuat artikel tentang tutorial javascript yang sesuai dengan keahlian kamu.Atau jika kamu pandai memasak,maka kamu bisa membuat artikel tentang resep masakan.

Jadi kesimpulannya adalah keahlian dan latar belakang seorang penulis konten artikel sangat penting untuk membuat halaman konten artikel kamu memiliki kualitas yang baik.



Penempatan Keyword Artikel Blog


Penempatan penulisan keyword artikel juga sangat penting,apalagi untuk blog yang baru saja dibangun dan sedang giat-giatnya mencari visitor atau pengujung blog atau website.Untuk Penempatan keyword biasanya bisa kamu ditempatkan pada :

  1. Judul Artikel
  2. Gambar
  3. Sub menu atau Menu 
  4. Nama Blog
  5. Deskripsi Blog
  6. Bagian Tengah Artikel
  7. Bagian Bawah Artikel


Kamu bisa menyebar beberapa kata kunci atau keyword tersebut dan pastikan artikel tersebut enak dibaca oleh pengunjung.

Mengapa ?

Karena ada artikel-artikel yang ingin menempatkan keyword pada artikel yang kurang pas posisinya,sehingga menyebabkan artikel tersebut menjadi sulit dimengerti oleh pengunjung dan bahkan ada yang terdeteksi plagiat atau tidak original di mata google dan di situs pengecekan duplikat konten artikel seperti smallseotools,copyscape dan lain-lain.

Jadi kesimpulannya adalah pastikan penempatan keyword artikel sudah benar dan artikel tetap enak untuk dibaca.


Banyaknya Jumlah Kata Pada Artikel


Ini masih menjadi faktor penting akan tetapi beberapa perhatian khusus,mengapa ? karena tidak semua artikel yang panjang dapat membuat posisi artikel kamu berada di posisi page one google dihalaman pertama google.

Akan tetapi dengan adanya jumlah kata yang panjang,diharapkan memiliki keyword-keyword yang banyak pada artikel.Dan panjang artikel bisa membuat kualitas isi konten artikel di blog atau website kamu memiliki pembahasan yang lebih mendalam,sehingga artikel tersebut memiliki banyak informasi baru yang dibutuhkan oleh visitor atau pengujung.

Akan tetapi untuk beberapa kasus tertentu,konten artikel pendek juga sangat mungkin untuk masuk dihalaman pertama google,karena informasi yang dibutuhkan atau dicari pengunjung sangat relevan dan tidak banyak basa-basi dalam memberikan informasi.

Kesimpulannya adalah pastikan panjang artikel yang dibahas sesuai dan tepat sasaran dengan isi artikel / niche artikel,tidak menimbulkan basa-basi yang membuat pembaca menjadi jenuh karena informasi yang ingin mereka ketahui belum diketahui.



Penggunaan Tag Heading Dalam Artikel


Menggunakan tag heading menjadi sangat penting bila informasi itu sangat panjang dan membutuhkan penjelasan yang mendetail.Dengan adanya tag heading,sub heading atau tag h1,h2 dan h3 maka kamu bisa membagi bagian informasi sesuai dengan tag heading tersebut.

Tujuannya apa ?

Supaya pembaca mengerti tentang tulisan yang akan dibahas pada paragraf tertentu,dan juga supaya pengunjung membaca artikel dengan nyaman.Bayangkan jika kamu sedang membaca artikel yang panjang yang mirip dengan koran.

Mungkin ada beberapa pembaca akan jenuh dengan tulisan panjang seperti koran tanpa ada pembatas mengenai topik-topik yang akan dibahas.Ini akan menjadi seperti membaca artikel blog kesannya sudah sangat jadul dan melelahkan mata karena artikel yang terlihat penuh.

Tag heading juga berguna buat kamu yang menaruh keyword atau kunci pada bagian-bagian tertentu,dan ini menjadi salahsatu kebiasaan penulis artikel ini.

Akan tetapi gunakan tag heading yang sewajarnya saja,pastikan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas dalam penulisan informasi. 



Menggunakan internal link yang relevan dengan isi konten akan membuat minat pengunjung ingin memcoba meluangkan waktunya untuk membacanya.Ini sangat penting buat kamu yang sedang mencari visitor di mesin pencari google.

Internal link yang relevan akan membantu kualitas artikel kamu memiliki peluang masuk ke page one google dan berada dihalaman pertama google.Dengan adanya internal link yang sesuai dengan isi artikel yang dibahas akan membuat penjung mendapatkan informasi yang penting yang wajib dibaca.

Gunakan internal link sewajarnya saja,untuk dari saya pribadi gunakan internal link secara manual,kaena kamu dapat menentukan konten apa saja yang sesuai dengan isi artikel yang dibahas didalamnya.

Pada kasus tertentu,internal link juga bisa menjadi kata kunci atau keyword,dan dampaknya juga sangat baik untuk membantu halaman artikel blog kamu berada dipaling atas pencarian google atau muncul dihalaman pencarian google secara acak.



Struktur Data Website / Blog


Untuk dapat menampilkan blog atau website diposisi teratas pencarian google,maka struktur html website juga sangat penting.Website yang memiliki struktur html yang baik juga berpotensi atau berpeluang untuk muncul dihalaman pertama mesin pencarian google.

Jika kamu tidak memahami kode bahasa pemograman web,mungkin kamu bisa membeli atau mencari template blog yang bagus,responsif dan sudah SEO dengan baik.Sehingga peluang menjadi nomor .1 di pencarian google akan semakin besar.

Kamu bisa membeli template blog premium yang memiliki struktur html yang baik seperti template blogger atau wordpress buatan luar negeri ataupun buatan lokal.Untuk saat ini banyak pengembang template blog dari indonesia yang bisa kamu beli seperti template link magz,vio magz,template dari mba igniel dan lain-lain.


Kecepatan Loading Halaman Artikel Blog


Untuk saat ini google sangat memprioritaskan website-website yang memiliki kecepatan yang baik dan tidak lebih dari 3 detik  untuk menempati posisi pertama atau paling atas dihalaman pertama pencarian google.

Buat kamu yang mempunyai blog yang sangat berat loadnya,maka kamu perlu mengganti template blog atau mengubah struktur data blog agar menjadi lebih ringan.Untuk saat ini load blog yang sangat cepat di tempati oleh pemilik blog-blog yang sudah support dengan AMP.

Sehingga untuk saat ini rata-rata blog AMP sudah menempati posisi page one pada halaman pertama google.Jadi meskkipun load mereka sangat berat pada pengecekan kecepatan blog atau website,akan tetapi pencarian google di perangkat hp mereka sangat cepat loadnya.

Untuk blogger kamu bisa menggunakan template blog yang support dengan AMP,dan untuk pengguna wordpress maka kamu bisa menggunakan plugin AMP.

Dengan kecepatan load artikel blog yang baik,maka akan membuat akses masuk pengunjung ke halaman artikel akan cepat meskipun koneksi internet lemot atau kurang stabil.




Penutup


Demikian informasi tentang Cara Membuat Halaman Artikel Blog Page One di Google,semoga informasi ini bisa membantu kamu Gbu :)








List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com