;

Cara Mengatasi Jingling Autovisitor di Blogger Wordpress PHP

Cara Mengatasi Jingling Untuk Menolak Bot Auto Visitor Di Blogger Wordpress PHP


buayaberdiri.blogspot.com - Blogger adalah sebuah hobi yang dapat kamu salurkan untuk dijadikan sebuah karya tulisan yang bisa kamu publikasikan di internet.Dengan adanya blog ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan di pencarian google untuk menyelesaikan tugas,masalah dan mendapatkan informasi terbaru.

Mendapatkan visitor organik dari pencarian google menjadi sebuah kebanggaan bagi kamu seorang blogger.Karena visitor organik adalah pengunjung manusia yang benar-benar mencari kata kunci tertentu dipencarian google.

Bagi kamu pengguna blogger atau blogspot,mungkin kamu bisa melihat referring url kamu terdapat https://www.google.com/ ,itu artinya visitor organik yang mengunjugi situs kamu menggunakan google.com pada saat mencari kata kunci tertentu.

Referring URL's Yang Mencurigakan


Mungkin kamu mendapatkan situs perujuk yang mencurigakan,kamu melihat bahwa kamu mendapatkan perujuk url atau trafik dari situs yang belum pernah kamu kenali.Dan situs tersebut telah menampilkan banyak pageviews,sehingga membuat pageview diblog kamu meningkat.

Mungkin kamu pernah mendapatkan situs perujuk dibawah ini :

  1. https://mbahjingling.blogspot.com/
  2. http://berijinglink.blogspot.com/
  3. https://automodarkau.blogspot.com/
  4. http://projing.blogspot.com/
  5. https://masterjingling.blogspot.com/
  6. http://jinganjing.blogspot.com/
  7. https://autojingling.blogspot.com/


Referring URL diatas merupakan bukan dari pengunjung manusia atau visitor organik.Untuk blogger zaman sekarang ini menyebutnya sebagai jingling.Lalu apa itu jingling ? ,apakah jingling itu berbahaya buat blog ?

Jingling adalah pengunjung bot ,sehingga kamu mendapatkan visitor secara otomatis dari situs tersebut yang menyediakan tools auto visitor bot.

Apakah aman mendapatkan auto visitor di Blogger / Website ?


Banyak para blogger yang bertanya tentang hal ini,jika blog atau website kita mendapatkan jingling apakah aman ?,banyak yang mengatakaan jika blog tersebut telah memiliki iklan adsense,mungkin akan berdampak pada adsense.

Sehingga menyebabkan adsense mengalami pembatasan penayangan iklan dan yang paling parah adalah dibanned google adsense.

Ada juga yang mengatakan jika blog kita terlalu banyak situs perujuk dari jingling maka akan menyebabkan blog kita akan ditandai sebagai spam oleh google dan juga akan berdampak buruk di pencarian google.


Cara Mengatasi Jingling untuk Blogger / Wordpress


Kita dapat menolak situs jingling dengan bantuan fitur disavow link yang disediakan oleh :
  1. Google Search Console
  2. Bing Webmaster

Dengan fitur disavow yang disediakan oleh kedua webmaster tersebut,mungkin bisa mengurangi referring url dari website-website jingling yang menyebabkan traffic kamu menjadi naik.


Cara Mengatasi Jingling di Google Search Console


  1. Kunjungi Tools Disavow / Menolak Link Google Search Console ( Pastikan kamu sudah login akun google/gmail yang terhubung akun blog kamu)
  2. Kemudian pilih alamat website kamu,lalu tekan tombol Menolak Link 
  3. Kemudian akan muncul halaman Disavow Links atau Menyangkal Tautan,maka kamu bisa menekan tombol Disavow Link 


    Fitur Disavow Links Milik Google Search Console


  4. Kemudian buat file txt yang isinya adalah daftar website jingling yang kamu anggap spam,seperti ini isi file txt dan namanya file saya beri nama Disavow Links.txt



    Daftar Website Jingling Dalam satu file txt



  5. Jika sudah membuat file txt,kemudian kembali lagi ke situs Disavow Links.Lalu tekan tombol Choose File atau Tekan File.Kemudian kamu bisa mencari file txt yang kamu simpan tadi.



    Memilih File txt yang berisi situs jingling


  6. Jika sudah,kamu kamu bisa menekan tombol Submit



    Upload File txt selesai,tekan submit


  7. Jika sudah selesai dan hasilnya sukses,maka tampilannya akan ada pemberitahuan "Results for the submission on September 15, 2020 at 7:46:07 PM UTC+7.You successfully uploaded a disavow links file (Disavow Links.txt) containing 0 domains and 7 URLs."

    Maka kamu bisa menekan tombol Done


    Cara Mengatasi Jingling di Google Search Console


Caranya mudah bukan untuk menolak link dari situs jingling menggunakan google search console,cara ini tidak hanya menolak website jingling,akan tetapi situs-situs backlink yang memiliki kualitas rendah atau link situs yang tidak wajar yang mengarah ke blog atau website kamu.


Cara Menolak Jingling di Bing Webmaster Tools


Cara menolak link jinglink dengan bing webmaster bisa kamu lakukan dengan fitur yang disediakan oleh bing.Sebelum kamu ingin tolak link di bing,hal yang pertama kamu lakukan adalah pastikan kamu memiliki akun bing dan website kamu sudah terverifikasi di bing webmaster.

Jika akun blog kamu belum terverifikasi,maka langkah pertama adalah lakukan verifikasi tag meta / html bing di blog kamu kamu.Jika blog kamu sudah terverifikasi di bing,maka cara dibawah ini kamu bisa melakukan disavow link atau menolak link.


Cara Disavow Link di Bing Webmaster :


  1. Buka Dashboard Bing untuk Blog kamu
  2. Kemudian pilih Configuration ,Lalu pilih Block URLs
  3. Kemudian tekan tombol Add URL To Block


    Cara Mengatasi Jingling di Bing Webmaster


  4. Lalu kamu bisa mengisi URL jingling atau link spam ,sebagai contoh saya mengisi website jingling "https://autojingling.blogspot.com/"
  5. Untuk URL Type kamu bisa memilih Page
  6. Kemudian untuk Block Type kamu bisa memilih URL & Cache
  7. Jika sudah kamu bisa menekan tombol Submit


    Cara menolak Jingling atau Link Spam Situs Perujuk


Sepertinya mudah bukan ?,cara diatas tidak hanya menolak atau memblokir website jingling yang menyerang blog atau website kita.Akan tetapi bisa memblokir URL Backlink yang berkualitas rendah dan link situs yang kamu anggap spam.


Cara Mengatasi Jingling Menggunakan HTACCESS

Cara ini bisa dilakukan buat kamu pengguna website yang menggunakna CMS Wordpress ataupun website yang dibangun sendiri menggunakan PHP dan Javascript.Kamu bisa membuka direktori htacces yang biasanya disimpan di luar bersama file index.php.Kira-kira seperti dibawah ini :

Cara Mengatasi Jingling dengan HTACCESS



Berikut adalah cara mengubah sintaks htaccess PHP untuk menyangkal jingling :

  1. Buka file .htaccess di teks editor kamu
  2. Kemudian beri sintaks seperti ini :

    RewriteEngine On
    RewriteCond %{REQUEST_URI} ^/system.*
    RewriteRule ^(.*)$ index.php?/$1 [L]
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} automodarkau.blogspot\.com [NC,OR]
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} autonangis.blogspot\.com [NC,OR]
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} automuntah.blogspot\.com [NC,OR]
    RewriteCond %{HTTP_REFERER} autojingling\.com [NC,OR]
    RewriteRule ^(.+)$ index.php?/$1 [L]


  3. Lalu Save

Mungkin untuk wordpress sintaks htaccessnya akan berbeda sedikit,kamu bisa mencarinya di pencarian google penggunaan htaccess di wordpress.


Cara Mengatasi Jingling Menggunakan Script Anti Jingling


Sudah banyak para blogger untuk pengguna blogspot dan wordpress menggunakan cara ini,yaitu dengan cara menggunakan script anti jingling.Saya pribadi masih belum menggunakan cara ini untuk saya terapkan digoogle,jadi saya belum bisa memastikan apakah script anti jingling ini ampuh atau tidak untuk menolak jingling yang masuk di blog kita sebagai visitor bot.

Jika kamu penasaran menggunakan script anti jingling,kamu bisa mencari di pencarian google dengan keyword seperti ini "Script Anti Jingling untuk blogger" atau seperti ini "Script Anti Jingling untuk wordpress" ..Nanti banyak blog atau website yang membahas informasi tentang script anti jingling.


Cara Mengatasi Jingling Menggunakan Lazy Load Adsense


Banyak para blogger yang menganggap bahwa script lazyload adsense dapat melindungi iklan adsense dari serangan trafik bot dari website-website jingling.Entah benar atau tidak akan tetapi yang pastinya para blogger punya alasan yang kuat mengapa lazyload dapat melindungi iklan adsense di halaman blog atau website.

Salahsatunya banyak yang menganggap bahwa bot autovisitor dari website jingling tidak memiliki kemampuan untuk scroll atau menggeser kebawah dan keatas sebuah halaman website.Sehingga dengan adanya lazyload,banyak yang berfikir bahwa adsense tidak akan tampil ketika bot autovisitor mengunjungi blog.

Karena Lazyload Adsense bekerja dengan cara akan menampilkan iklan adsense jika semua halaman website sudah termuat atau selesai load.Jika sudah selesai load,ketika halaman tersebut di gulir atau digeser keatas dan kebawah maka iklan adsense baru akan tampil.

Menurut saya alasan itu cukup kuat juga sih,bagaimana menurutmu ?


Cara Memblokir Jingling dengan robot txt


Kita bisa memblokir dari situs yang bisa kita anggap spam yang dapat meningkatkan jumlah pageview di blog.Salahsatunya dengan cara menggunakan robot txt di blogger atau di wordpress.Buat kamu yang ingin mencobanya,maka kamu bisa menggunakan robot txt untuk membatasi autovisitor dari bot jingling.

Berikut ini script robot txt yang bisa kamu coba : 

User-agent: Mediapartners-GoogleDisallow:
User-agent: GooglebotAllow: /
Disallow: /searchUser-agent: *Disallow: /
Sitemap: https://buayaberdiri.blogspot.com/sitemap.xml

Kamu bisa mengganti URL https://buayaberdiri.blogspot.com menjadi URL website kamu

Penutup


Demikian informasi bagaimana cara mengatasi jingling menggunakan tools yang disediakan oleh google search console yaitu tools Disavow Links dan Bing Webmaster yaitu tools Block URL.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)






List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com