;

Cara Mengetahui Artikel Blog Di Copy Paste Orang Lain (Copas)

 Cara Mudah Cek Blog Yang Copy Paste Artikel Blog Kita


Isi Postingan Artikel :
  1. Tujuan Orang Copas / Copy Paste Artikel Blog Orang Lain
  2. Dampak Positif / Kelebihan Artikel Blog Yang di Copy Paste Orang Lain
  3. Dampak Negatif  / Kekurangan Artikel Blog Yang di Copy Paste Orang Lain
  4. Cara Cek Artikel Copas ( Pendahuluan ) - Cara Mengecek Plagiat Artikel Atau Tidak Menggunakan Tools Plagiarism Checker
  5. Software Pengecekan Plagiat Artikel Atau Tidak
  6. Cara Mengecek Plagiat Artikel di Copyscape
  7. Cara Cek Plagiarisme Tulisan Artikel di SmallSeoTools

buayaberdiri.blogspot.com - Sebagai seorang blogger atau penulis artikel di platform blogger atau wordpress atau web yang kita bangun sendiri untuk ngeblog kita akan memiliki aktifitas atau hobi menulis.Hobi menulis menjadi daya tarik kamu untuk menghabiskan waktu dan menuangkan ide-ide tulisan yang mungkin bermanfaat bagi orang lain.

Sehingga menulis atau membuat konten artikel di blog akan menjadi kepuasan tersendiri,karena kita merasa bisa bermanfaat bagi orang banyak yang ingin membutuhkan informasi penting yang bisa pengunjung ketahui.

Semakin banyak pengunjung blog kita maka akan semakin puas kita melihat bahwa mereka mungkin akan terbantu masalahnya atau keingintahuan pengunjung saat melihat halaman artikel yang mereka cari.

Kita bisa melihat siapa saja yang mengunjungi halaman artikel blog kita secara realtime melalui Google Analytics.Sehingga ini akan membuat kita semakin rajin menulis konten-konten artikel yang bisa kita beritahukan informasi terbaru buat mereka atau yang mereka butuhkan.

Menjadi seorang penulis artikel di blogger memanglah mudah,akan tetapi kita suatu saat nanti akan menemukan orang yang ingin copas blog atau halaman artikel kita.Ada juga para blogger instan yang ingin copy paste artikel kita untuk tujuan tertentu.

Berikut ini adalah tujuan seorang yang copy paste artikel pada halaman blog atau seluruh isi blog kita :

  1. Menyimpan Informasi Untuk Tugas Sekolah / Kuliah
  2. Ikut Membagikan Konten Artikel Di Blognya
  3. Ingin Mempromosikan Blog atau Website Kita
  4. Menjadi Penulis Instan
  5. Malas Menulis Artikel 
  6. Tidak Memiliki Hobi Menulis 
  7. Ingin Menjatuhkan Traffik Blog Kita (Jumlah Viewer / Pengunjung Blog)
  8. Mendapat Penghasilan Dari Blog Secara Instan

Dampak Positif Blog Kita Di Copy Paste Orang Lain.


Daftar diatas hanyalah beberapa tujuan seorang copas artikel blog orang orang lain,ada yang memiliki tujuan positif dan ada juga yang memiliki tujuan negatif.Sehingga Orang lain yang ingin copas blog kita memiliki kelebihan dan kekurangannya terhadap pengaruh blog kita terhadap mereka.

Seperti Contoh nomor 1 ada yang ingin copas(copy paste) artikel blog kita dengan tujuan untuk tugas sekolah yang diberikan tugas oleh seorang guru kepada murid-muridnya di kelas.Sehingga mereka melakukan copy paste di halaman lembar kerja microsoft word mereka dan menyerahkan tugas itu kepada guru.Menurut saya ini adalah dampak yang positif buat mereka dan buat blog kita.


Dampak Negatif  Blog Kita Di Copy Paste Orang Lain.


Akan tetapi bagaimana jika halaman artikel blog kita dicopas orang lain dengan tujuan untuk merugikan blog atau website kita ?,mungkin ini akan memiliki pengaruh yang sangat buruk buat blog kita kedepan,mengapa ?.

Orang yang ingin copas artikel kita di blog akan memiliki pengaruh yang buruk juga diblog kita,sebagai contoh adalah mereka ingin berusaha mengurangi jumlah traffik blog atau jumlah pengunjung dengan cara copas blog kita.

Tentu ini akan berdampak yang negatif atau buruk akan tetapi tidak sekarang,ini akan berdampak bisa saja di kemudian hari,atau beberapa tahun kedepan atau saat google mengupdate algoritmanya di search engine google atau mesin pencari google.

Cara Mengetahui Artikel Blog Kita di Copy Paste ( COPAS ) Orang Lain


Jika kita menduga bahwa ada yang copas blog kita,sehingga menyebabkan blog kita menyebabkan traffik pengunjung berkurang atau turun drastis atau tajam.Untuk cara mengetahui konten artikel blog di copas orang lain sepertinya sangat mudah.

Saya akan membagikan informasi beberapa tools plagiarism untuk melihat siapa yang copas blog kita dengan mudah dan cepat.Tools ini dapat mengecek beberapa paragraf artikel blog lain yang plagiat di blog kita.

Software Atau Website Tools Plagiarism Artikel Blog :

  1. Copyscape
  2. Smalleotools Plagirism Checker

Cara Cek Blog Yang Copy Paste Artikel Blog kita di Copyscape


Untuk melihat siapa saja yang copas artikel di blog kita,maka bisa menggunakan website yang menyediakan tools Plagiarism Checker.Copyscape adalah software yang menyediakan pengecekan artikel yang sama dengan blog orang lain .Artikel yang sama persis dengan blog kita bisa saja kita anggap mereka sudah melakukan COPAS artikel di blog kita atau mereka melakukan AGC di Blog kita.

Sehingga dengan menggunakan copyscape,kamu bisa mengetahui blog mana saja yang copas artikel blog kita.Copysacpe bisa kamu gunakan secara gratis dan juga berbayar.Untuk yang gratis bisa kamu gunakan akan tetapi kamu akan memiliki keterbatasan jumlah blog yang copas dengan blog kita dan keterbatasan jumlah pengecekan artikel ( berapa kali kita cek akan dibatasi ).

Cara cek blog yang copas blog kita di Copyscape.com

  1. Kunjungi website copyscape di copyscape.com
  2. Masukan Link URL atau Alamat Halaman Artikel Website orang lain yang diduga copas,kemudian tekan tombol GO
  3. Jika ada tulisan artikel yang mirip atau yang sama maka akan terdeteksi oleh copyscape,lihat contoh dibawah ini:



    Contoh Artikel Yang Copy Paste di Buaya Terbang Blog




Sesuai dengan gambar diatas jika kita cek ,maka alamat website tersebut sangat mirip dengan konten artikel milik buaya terbang blog,kamu bisa saja menegur si pemilik blog yang copas di blog kamu untuk menghapusnya atau juga kamu bisa melakukan win-win solution seperti si copas membayar royalti untuk menggunakan artikel kamu di blog mereka.

Pada contoh blog copas diatas telah melakukan copypaste artikel buaya terbang blog,sipemilik website yang copas tersebut hanya mengubah bulan pada link URL blognya,sehingga seolah-olah dia lebih dahulu yang memposting artikel.

Atau juga kamu bisa melakukan take down melalui DMCA Protected (pihak ke dua,tetapi berbayar)  atau DMCA Google ( Lebih Gratis).Sehingga kamu bisa menghapus blog mereka terkait hak cipta karya intelektual yang dilanggar oleh si pemilik website tersebut.


Cara Cek Blog Yang Copy Paste Artikel Blog kita di Smallseotools


Kita juga bisa menggunakan website smallseotools untuk mengecek plagiarism artikel di blog kita,untuk mengetahui artikel yang plagiat di blog kita di smallseotools,kita bisa copy paste artikel kita di situs smallseotools lalu kita tekan tombol cek plagiarism.

Jika ada artikel yang sama atau ada paragraf yang sama akan terdeteksi di smallseotools sehingga tingkat origininalitas atau keaslian tulisan tersebut akan terdeteksi di smallseotools.Lalu bagaimana cara menggunakannya ?,

Cara Cek Artikel Copy Paste di Smallseotools  :

  1. Kunjungi website smallseotools di  : https://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  2. Kemudian Copy Paste artikel yang ingin kita cek,di kotak yang ada tulisan "Copy and paste your text here to detect plagiarized content"
  3. Kemudian Scroll kebawah tekan tombol Check Plagiarism
  4. Jika ada konten artikel yang sama maka akan terdeteksi plagiat atau Plagiarized di smallseotools




    Contoh cek plagiat artikel di blog atau website


  5. Jika ingin tahu blog siapa saja yang plagiat ,maka kamu bisa klik tulisan Compare,nanti akan muncul situs-situs yang yang memiliki tulisan artikel yang sama


Sepertinya mudah bukan bagaimana cara cek artikel copas pada blog di situs penyedia tools plagiarism checker seperti di copyscape dan smallseotools.Kita bisa mendeteksi artikel bagian mana saja yang terdeteksi plagiat dan juga kita bisa melihat gambar yang plagiat juga atau mengandung hak cipta.



Penutup


Demikian informasi tentang bagaimana cara cek plagiat artikel di blog kita,dengan begitu kita bisa melakukan tindakan teguran atau membiarkan saja blog tersebut.Sebenernya kita bisa saja membiarkan blog tersebut copas di blog kita,karena kecanggihan google untuk membedakan artikel yang copas atau copy paste lebih canggih dari tools-tools plagiarism checker yang tersebar di pencarian google.

Karena Google adalah sebuah perusahaan besar yang dapat mengurus masalah hak cipta yang tersimpan di database google.Jadi biarkan google saja yang bertindak untuk menghapus blog-blog yang copy paste artikel di blog kita.

Jika kamu merasa tidak dirugikan,maka kamu bisa membiarkan juga blog tersebut,karena setiap penulis memiliki pemikiran yang berbeda tentang sebuah karya hak cipta.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)








List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com