;

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop / PC Komputer (Video,Foto,Musik)

Cara Cepat Memindahkan File Data Dari HP ke Laptop atau Komputer


Isi Postingan Artikel :

  1. 4 Cara cepat dan mudah memindahkan file dari hp ke laptop 
  2. Cara tercepat memindahkan file dari hp ke laptop menggunakan kabel data
  3. Cara lama mengirim data file dari hp ke laptop menggunakan bluetooth (tanpa kabel)
  4. Cara transfer data dari laptop ke laptop tanpa kabel lewat aplikasi transfer data 
  5. Cara Memindahkan file data dari HP ke komputer menggunakan Card Reader (Tanpa Kabel dan Aplikasi)

buayaberdiri.blogspot.com - Jika kamu memiliki ponsel biasanya kamu menyimpan seluruh data kamu dimana ? apakah di memori internal atau bawaan HP Android atau di memori external HP ? Biasanya ponsel-ponsel saat ini mendukung 2 media penyimpanan tersebut.

Mungkin kamu ada yang menyimpan keduanya,apalagi jika HP Android kamu mendukung media penyimpanan external yang jauh lebih luas dari memori internal ,contoh bisa up memori hingga 128GB.Sepertinya sangat lega banget bukan ?

Meskipun kamu memiliki penyimpanan memori yang sangat banyak,mungkin kamu tidak akan menyimpan seluruh data di smartphone android kamu,mungkin jika terlalu penuh bisa membuat sistem di android kamu sedikit lebih lambat dari biasanya.

Mungkin alternatif untuk melegakan memori penyimpanan  HP Android kamu akan memindahkan atau mentransfer sebagian atau seluruh data yang berada di HP kamu ke beberapa perangkat yang mendukung penyimpanan data.

Kamu bisa memindahkan file data tersebut dari HP ke Laptop ,atau juga dari HP ke Harddisk External,atau juga dari HP ke Flashdisk menggunakan card reader dan masih banyak perangkat yang mendukung penyimpanan data lainnya.

Seperti contohnya kamu akan menyimpan beberapa data seperti video,foto dan musik yang kamu dapatkan dari youtube,facebook,instagram,situs khusus musik mp3.Tidak hanya itu saja,mungkin saja kamu juga membutuhkan untuk memindahkan file data lembar kerja seperti wps office,libre office atau yang lebih umumnya microsoft office (seperti word,excel,dan power point).


Ada beberapa cara untuk mengirim data HP ke komputer PC atau Laptop :
  1. Memindahkan file data dari HP ke laptop atau PC komputer menggunakan Kabel Data
  2. Memindahkan file data dari HP ke Laptop / PC komputer menggunakan Bluetooth
  3. Memindahkan file data dari HP ke komputer menggunakan aplikasi transfer file
  4. Memindahkan file data dari HP ke komputer menggunakan Card Reader (Tanpa Kabel dan Aplikasi)




Memindahkan File Data dari HP ke Komputer / Laptop Lewat Kabel Data



Ini adalah cara mudah dan cepat untuk memindahkan seluruh atau sebagian data kamu  dari HP ke laptop atau PC komputer.Kamu bisa memindahkan atau mengirim seluruh data di HP seperti foto,musik,video,aplikasi dan lembar kerja dalam bentuk PDF,WPS Office dan Microsoft Office (Word,Excel,Power Point) menggunakan Kabel Data.

Untuk mengirim data menggunakan kabel data,HP android menyediakan fitur koneksi atau menghubungkan HP ke komputer atau laptop menggunakan fitur MTP (Media Transfer Protocol).Fitur MTP ini memungkinkan kita dapat melihat seluruh data yang tersimpan di HP android menggunakan komputer atau laptop dengan OS Windows 7,8,8.1 dan 10.

Perangkat MTP di HP Android memungkinkan kamu untuk mentransfer tanpa bantuan aplikasi transfer data.Sehingga dengan cara ini,kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi transfer data di google playstore di HP Android kamu.

Perangkat MTP ini biasanya tersedia untuk OS Android versi 5 keatas,jadi HP yang sudah sangat lama juga memiliki fitur MTP ini,lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur MTP di HP Android untuk mengirim atau memindahkan  data dari HP Android ke laptop atau komputer ?


Cara memindahkan file dari HP Android ke Laptop atau PC komputer lewat MTP USB Connection :

1.Hubungkan terlebih dahulu HP Android kamu ke Laptop atau komputer menggunakan kabel data / kabel USB HP

2.Kemudian buka pengaturan HP Android (Settings)

3.Kemudian pilih Penyimpanan atau Storage HP Android

4.Kemudian pilih Koneksi Komputer USB

5.Lalu pilih Perangkat Media (MTP)

6.Kemudian buka folder This PC pada komputer atau laptop kamu,maka akan tampil drive HP Android kamu.

7.Lalu buka isi penyimpanan HP Android kamu,lalu pilih data mana yang ingin kamu pindahkan ke komputer atau laptop.


Penyimpanan Memori Internal Telepon HP Android
 


Gambar diatas kamu sudah masuk ke memori penyimpanan telepon untuk HP Android di laptop atau komputer dengan OS Windows.Untuk memindahkan datanya seperti foto,video dan musik yang ada di HP kamu tinggal copy dan paste saja.

Sangat mudah bukan jika menggunakan kabel data,cara ini berhasil jika OS komputer atau laptop kamu menggunakan windows dan linux ubuntu.




Transfer File Data dari HP ke Komputer / Laptop Lewat Bluetooth


Ini adalah cara yang paling umum yang biasa dilakukan orang untuk memindahkan file data dari perangkat HP Android ke laptop atau komputer dan tranfer untuk sesama HP Android,dan juga transfer data dari komputer atau laptop ke HP android.

Dengan menggunakan bluetooth,kamu bisa transfer file data dari HP android tanpa kabel atau tanpa aplikasi tranfer file lainnya.Fitur bluetooth biasanya sudah tersedia di HP Android,jadi kamu tidak perlu menginstall bluetooth terlebih dahulu.


Cara Transfer File Data Video,Foto dan Musik dari HP ke komputer / laptop menggunakan Bluetooth :


  1. Aktifkan terlebih dahulu Bluetooth komputer atau laptop kamu di pengaturan windows
  2. Kemudian aktifkan juga bluetooth HP Android kamu di pengaturan bluetooth HP Android
  3. Kemudian Pasangkan / Sambungkan Bluetooth ke nama bluetooth komputer atau laptop kamu
  4. Maka HP akan meminta Permintaan penyandingan bluetooth ,maka kamu bisa tekan tombol Pasangkan
  5. Kemudian buka pengaturan bluetooth kamu,maka akan ada permintaan Pair Device menggunakan PIN dari kode penyandingan HP Android,maka kamu bisa tekan tombol YES 
  6. Jika Bluetooth di HP Android dan komputer atau laptop kamu sudah tersambung,maka kamu sekarang sudah bisa mentransfer data file dari HP Android ke Laptop atau komputer dan juga sebaliknya.


Cara mengirim file dari hp ke laptop menggunakan aplikasi transfer file


Ini juga adalah cara yang umum juga digunakan untuk memindahkan file video,foto dan musik dari HP Android ke laptop atau komputer.Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi bawaaan HP seperti HP Xiaomi kamu bisa menggunakan aplikasi Mi Drop.

Untuk HP selain xiaomi seperti vivo,oppo,huawei,asus,lenovo,acer,realme,samsung kamu bisa menginstall aplikasi transfer file data yang tersedia di google playstore.Berikut ini adalah aplikasi transfer file di google playstore yang bisa kamu coba :

  1. PC To Mobile Transfer - memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel data


    cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel data


  2. Wi-Fi File Transfer - memindahkan video,foto dan musik dari hp vivo ke laptop atau pc komputer


    Cara memindahkan video,foto dan musik dari hp vivo ke laptop atau pc komputer


  3. Share it - memindahkan file foto dan video youtube dari hp ke laptop



    cara memindahkan aplikasi dari hp ke laptop


  4. AirDroid : Remote Acces & File - cara transfer file dari HP ke Laptop atau PC komputer


    cara mengirim file dari hp ke laptop tanpa kabel data


  5. Dan lain-lain



Cara memindahkan file dari hp ke laptop melalui card reader dan memori external


Kamu juga bisa mengirim file berupa foto,video,musik,lembar kerja wps office,pdf,microsoft office (word, dan excel) menggunakan card reader.Cara ini bisa kamu gunakan tanpa harus menggunakan kabel data HP Android atau kabel usb android dan aplikasi transfer data.

Hanya saja kamu memerlukan perangkat card reader untuk membaca data yang tersimpan di memori eksternal di android kamu.Untuk cara memindahkan file dari hp ke laptop atau komputer lewat card reader sangat mudah,berikut ini adalah caranya :

  1. Masukan memori eksternal kamu di hp android kamu
  2. Kemudian pindahkan data hp android ke memori external hp android kamu
  3. Jika sudah selesai,maka cabut memori external android kamu
  4. Lalu masukan memori penyimpanan external android kamu ke card reader
  5. Kemudian colokan card reader kamu ke laptop atau komputer kamu
  6. Silakan pindahkan file yang di memori external / didalam card reader ke laptop atau komputer dengan cara copy dan pastekan ke komputer



Sepertinya mudah bukan cara memindahkan menggunakan card reader ?,cara tersebut memang sedikit merepotkan karena kamu harus membuka memori,lalu memasukan memori ke card reader dan memasukan card reader ke laptop atau komputer.


Penutup


Demikian informasi tentang Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop / PC Komputer (Video,Foto,Musik) dengan berbagai cara yang saya sebutkan diatas,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)







List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com