;

Alat Ukur Besaran Pokok Dan Turunan Serta Fungsinya (Fisika)

Alat Ukur Besaran Dalam Fisika Dasar



Alat Ukur Besaran Pokok Dan Turunan Serta Fungsinya (Fisika)


Isi Postingan Artikel :

  1. 5 Alat Ukur Besaran Pokok Dan Turunan Dalam Ilmu Fisika Dasar
  2. Pengertian Alat Ukur Besaran Panjang,Contohnya alat ukur panjang dan Fungsinya
  3. Pengertian Alat Ukur Besaran Massa,Contohnya alat ukur massa benda dan Fungsinya
  4. Pengertian Alat Ukur Besaran Waktu,Contohnya alat ukur waktu beserta Fungsinya
  5. Pengertian Alat Ukur Besaran Kuat Arus Listrik ,Contohnya alat ukur arus listrik dan Fungsinya
  6. Pengertian Alat Ukur Besaran Suhu,Contohnya alat ukur Suhu dan Fungsinya

buayaberdiri.blogspot.com - Dalam Fisika ada alat ukur yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari,contoh salahsatu alat ukur yang paling sering digunakan dalam kehidupan pelajar adalah mistar atau penggaris.Penggaris merupakan alat ukur dalam materi besaran untuk Fisika.

Lalu apa itu alat ukur ? alat ukur adalah sebuah alat untuk mengukur sebuah benda atau objek yang telah ditentukan atau ditetapkan dalam satuan internasional.Dalam contoh diatas ,penggaris adalah sebuah alat ukur yang masuk kedalam alat ukur besaran pokok .

Mengapa ? karena penggaris atau mistar mempunyai satuan nilai dalam satuan internasional meter,dimana meter adalah bagian dari besaran pokok panjang.Dimana Panjang adalah sebagai besaran pokok dan memiliki simbol besaran pokok p.Dan Satuan panjang dalam satuan internasional (SI) untuk panjang adalah Meter dan memiliki simbol m.

Lalu apa fungsi dari Penggaris sebagai alat ukur besaran pokok dalam fisika ? , berikut ini adalah fungsi alat ukur Penggaris sebagai besaran pokok dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Menggambar
  2. Mengukur sebuah panjang lebar dan tinggi sebuah benda atau objek
  3. Mengukur diagram atau gambar 
  4. Membentuk atau membuat garis lurus
  5. Dan lain-lain

Hari ini saya akan menulis artikel tentang alat ukur yang terdapat dalam besaran pokok dan besaran turunan dalam fisika.Alat ukur besaran fisika yang saya share disini dibagi menjadi 5 bagian,yaitu :
  1. Alat Ukur Besaran Panjang ( Besaran Pokok )
  2. Alat Ukur Besaran Massa (Besaran Pokok dan Turunan)
  3. Alat Ukur Besaran Waktu (Besaran Pokok dan Turunan)
  4. Alat Ukur Besaran Kuat Arus Listrik (Besaran Pokok )
  5. Alat Ukur Besaran Suhu (Besaran Pokok )

Alat Ukur Besaran Dan Fungsinya Dalam Fisika


Berikut ini adalah 5 alat ukur besaran pokok dan turunan dalam fisika yang wajib kamu ketahui :


1.Alat Ukur Besaran Panjang


Alat ukur untuk besaran panjang masuk dalam bagian dari besaran pokok,alat ukur ini berfungsi untuk mengukur sebuah benda atau objek dan memiliki nilai satuan seperti Meter ( m ) , Milimeter (mm) dan Centimeter ( cm ),untuk alat ukur yang lebih panjang juga memiliki nilai satuan hingga Kilometer (km).

Berikut ini adalah contoh alat ukur besaran panjang
  1. Mistar / Penggaris

    Mistar adalah alat ukur dari besaran pokok,mistar memiliki ketelitian dalam pengukuran hingga 0.5 mm.Mistar atau penggaris juga dapat menghitung panjang sebuah benda dalam satuan centimeter dan meter.

    Fungsi Mistar / Penggaris : Alat ukur untuk mengukur panjang,lebar dan tinggi sebuah benda atau objek .Mengukur panjang sebuah garis,panjang sebuah gambar yang sesuai dengan panjang penggaris.

  2. Rollmeter / Meteran Gulung

    Rollmeter atau meteran gulung hampir sama dengan penggaris,akan tetapi pengukuran yang dilakukan oleh Rollmeter lebih panjang,karena Rollmeter dapat menghitung panjang sebuah benda hingga lebih dari 5 meter atau biasanya mengukur diantara 25-50 meter .Dan memiliki ketelitian pengukuran hingga 0.5 milimeter.

    Fungsi Rollmeter / Meteran Gulung : Alat ukur untuk mengukur panjang,lebar dan tinggi sebuah benda atau objek dari 0.5 mm - 50 meter atau lebih.Mengukur panjang pakaian,mengukur panjang sebuah bangunan,mengukur panjang tanah dan lain-lain.

  3. Jangka Sorong

    Jangka sorong adalah sebuah alat ukur besaran dalam fisika yang memiliki ketelitian 0.1 milimeter atau 0.01 centimeter.Penggunaan jangka sorong adalah mengukur panjang benda,diameter luar dan dalam benda,dan mengukur kedalaman lubang.

    Fungsi Jangka Sorong : Mengukur benda-benda kecil seperti paku,mengukur diameter cincin,diameter benda berbentuk lingkarang.


  4. Mikrometer Sekrup

    Mikrometer juga termasuk alat ukur besaran di fisika,akan tetapi tingkat ketelitian Mikrometer Sekrup lebih teliti dibanding dengan jangka sorong.Tingkat ketelitian Mikrometer Sekrup Mencapai 0.01 mm atau 0.001 cm.

    Fungsi Mikrometer Sekrup : Mengukur benda-benda kecil dan tipis seperti kertas,karbon,seng,koin,uang kertas dan lain-lain.


2.Alat Ukur Besaran Massa


Alat ukur besaran massa biasanya digunakan untuk mengukur massa sebuah benda atau berat sebuah benda atau objek.Karena fungsinya adalah mengukur massa benda maka alat ukur besaran massa ini juga disebut dengan alat ukur neraca atau timbangan.

Berikut ini adalah contoh alat ukur besaran massa :
  1. Neraca O'hauss

    Neraca O'haus adalah alat ukur besaran massa yang dapat mengukur massa sebuah benda atau objek dengan ketelitian 0.1 gram hingga 0.01 gram,timbangan ini juga biasa digunakan untuk aktivitas jual beli berdasarkan berat benda.

    Fungsi Neraca O'hauss : Menimbang Logam,Cairan,Barang-barang dipasar seperti (sayuran,gula,garam,dan lain-lain).

  2. Neraca Analitis 2 Lengan

    Neraca Analitis 2 Lengan juga disebut dengan alat ukuran besaran pokok dalam fisika,kegunaan dari timbangan ini adalah mengukur berat sebuah massa benda atau berat benda.Ketelitian dari Neraca Analitis 2 Lengan ini adalah 0.1 gram.

    Fungsi Neraca Analitis 2 Lengan : Mengukur berat emas,kristal,batu dan benda-benda lainnya yang memiliki massa benda atau berat benda.

  3. Neraca digital 

    Neraca digital adalah alat ukur besaran yang memiliki nilai satuan gram,kilogram,centigram,miligram dan lain-lain.Tingkat ketelitian dari Neraca digital adalah 0.001 gram.

    Fungsi Neraca digital : Mengukur benda-benda kecil dan sedang seperti dus kecil,mengukur berat barang-barang elektronika (hp,ipad,komputer,dan lain-lain),mengukur barang-barang kecil seperti (gula,garam,minyak goreng,minyak ikan dan lain-lain).

  4. Neraca Lengan Gantung

    Neraca Lengan Gantung Juga berfungsi untuk mengukur massa benda atau berat benda ,sehingga neraca lengan gantung ini bagian dari alat ukur besaran dalam fisika.Neraca lengan gantung ini memiliki ketelitian bisa mencapai 1 gram.

    Fungsi Neraca Lengan Gantung :Mengukur benda-benda yang memiliki massa dan ukuran benda kecil seperti korek gas,gula,garam,barang-barang elektronik dengan ukuran kecil hingga sedang dan lain-lain.


  5. Timbangan Duduk / Analog

    Timbangan Duduk atau Analog adalah alat ukur besaran pokok yang dipakai sehari-hari dalam pasar atau para pedagang,timbangan ini memiliki ketelitian hingga 1 gram sampai 0.1 gram.

    Fungsi Timbangan Duduk atau Analog : Mengukur berat benda seperti minyak goreng,minyak mentah,sayur-sayuran,gula,beras,dan lain-lain.

  6. Timbangan Duduk Batu

    Timbangan Duduk Batu adalah salasatu contoh alat ukur dalam besaran fisika yang bisa dipakai sehari-hari oleh para pedagang untuk mengukur benda-benda yang dijualnya,untuk mengukur berat benda menggunakan timbangan ini,maka kamu harus menyamakan benda yang di ukur dan logam berat sebagai penentu ukuran berat yang ditimbang.

    Fungsi Timbangan Duduk Batu : Mengukur berat benda seperti telor,gula,beras,minyak goreng,sayur-sayuran dan lain-lain.


3.Alat Ukur Besaran Waktu


Alat ukur besaran waktu juga menjadi bagian dari besaran pokok dan juga turunan,alat ukur besaran waktu ini memiliki nilai satuan internasional adalah Sekon dan memiliki simbol s.Alat ukuran besaran waktu biasanya digunakan untuk mengetahui berapa lama waktu yang akan diukur untuk aktivitas tertentu.

Akan tetapi pengukuran waktu tidak hanya menggunakan satuan sekon atau waktu saja,bisa menggunakan satuan jam dan menit.


Berikut ini adalah contoh alat ukur besaran waktu :
  1. Jam Dinding / Arloji
  2. Stopwatch
  3. Jam Atom Cesium
  4. Digital Timer
  5. Jam Pasir
Contoh diatas memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur waktu pada aktivitas tertentu seperti waktu menulis,waktu menahan napas didalam air,waktu berlari(olahraga),waktu memasak masakan tertentu,waktu belajar,dan lain-lain.


4.Alat Ukur Besaran Kuat Arus Listrik


Alat ukur besaran kuat arus listrik biasanya digunakan untuk mengukur aliran arus listrik yang mengalir pada benda atau barang elektronika dan listrik pada tegangan listrik tertentu.Kegunaan dari alat ukur kuat arus listrik adalah mengukur arus listrik pada kabel-kabel yang dialiri arus listrik AC atau DC pada rangkaian tertentu.

Salahsatu contoh alat ukur kuat arus listrik adalah Amperemeter,amperemeter berfungsi untuk mengukur aliran arus listrik pada rangkaian tertentu dan tegangan listrik tertentu.


5.Alat Ukur Besaran Suhu

Alat Ukur Besaran Suhu digunakan untuk mengukur suhu atau temperatur pada objek atau benda tertentu dan area yang lebih luas (tempat dan lingkungan).Dalam besaran pokok,suhu memiliki nilai satuan internasional adalah Kelvin dan simbol kelvin yang dipakai satuan internasional adalah K.

Contoh alat ukur besaran suhu adalah Termometer,termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada tubuh manusia,pada ruangan dan benda-benda tertentu. Nilai satuan yang dipakai untuk termometer tidak hanya Kelvin saja.Nilai satuan yang dipakai termometer juga ada Celcius,Fahrenheit dan Reamur.




Penutup


Demikian informasi tentang alat ukur besaran fisika,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)








  1. Gerak Melengkung - Rumus Dan Macam-Macam Gerak Lengkung Pada Fisika
  2. Jenis-Jenis Gerak Lurus Beserta Contohnya Pada Fisika
  3. Rumus Percepatan,Percepatan Rata-Rata,Percepatan Sesaat dan Contoh Latihan Soal Percepatan
  4. Rumus Kecepatan,Kecepatan Rata-Rata,Kecepatan Sesaat dan Contoh Latihan Soal Kecepatan
  5. Rumus Kelajuan,Kelajuan Rata-Rata,Kelajuan Sesaat dan Contoh Latihan Soal Kelajuan
  6. Alat Ukur Besaran Pokok Dan Turunan Beserta Contohnya
  7. Macam-Macam Besaran Turunan Dan Satuan Internasional Dan Simbol Satuan Internasional
  8. Macam-Macam Besaran Pokok Dan Satuan Internasional Dan Simbol Satuan Internasional
  9. Gaya Melingkar - Pengertian,Jenis-Jenis,Contoh Dan Rumus Gaya Melingkar
  10. Rumus Gaya Berat Beserta Contoh Latihan Soal Gaya Berat [FISIKA]
  11. Gaya Normal - Arah Gaya Normal Beserta Rumusnya Dan Contoh Latihan Soal [FISIKA]
  12. Gaya Sentripetal Beserta Rumus Gaya Sentripetal Pada Fisika
  13. Gaya Gesek - Gaya Gesek Statis,Kinetis Dan Rumus Gaya Gesek
  14. Hukum Newton 1,2,3 Dan Rumus Hukum Newton [Fisika]
  15. Pengertian Usaha,Rumus Usaha Dan Contoh Latihan Soal Usaha
  16. Materi Daya [FISIKA] - Rumus Daya & Contoh Latihan Soal Daya
  17. Energi Kinetik - Pengertian,Rumus dan Contoh Latihan Soal Energi Kinetik
  18. Materi Energi Potensial - Rumus Energi Potensial,Contoh Soal Energi Potensial
  19. Materi Energi Mekanik - Rumus Energi Mekanik,Satuan SI Energi Mekanik
  20. Rumus Momentum Fisika Beserta Latihan Contoh Soal
  21. Rumus Impuls Fisika Dan Satuan Impuls Dalam SI Dan Contoh Soal Impuls
  22. Hubungan Antara Momentum Dan Impuls Beserta Rumusnya



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com