;

Dampak Dan Penanggulangan Pencemaran Tanah

 Apa itu Pencemaran Tanah Pada Ekosistem ?


buayaberdiri.blogspot.com - Tanah merupakan sebuah salahsatu tempat yang terdapat beberapa ekosistem yang melibatkan tanah dan memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.Ada beberapa ekosistem yang terdapat pada tanah dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Ekosistem yang terdapat pada lingkungan tanah ekosistem pertanian,pada ekosistem pertanian ada beberapa hubungan timbal balik beberapa mahkluk hidup seperti manusia ,tanaman,bibit tanaman,hewan pengurai,hewan tanah dan beberapa aktivitas biologis mikrooraganisme didalam tanah.

Dampak dari lingkungan tanah ini sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup dan bumi,dengan adanya lingkungan tanah maka manusia bisa menanam pohon dan tanaman yang menjadi sumber pangan.

Dan pohon dan tanaman yang bisa menjadi sumber oksigen dan mengurangi kadar co2 dibumi,sehingga pohon dan tanaman memiliki hubungan timbal lagi yang besar bagi kehidupan makhluk hidup dan mengurangi zat CO2 atau Karbon Dioksida yang berbahaya bagi lapisan ozon pada bumi.

Mengapa ? ,karena tanaman menyerap zat karbon dioksida yang dihasilkan oleh aktivitas manusia pada zaman sekarang seperti polusi kendaraan mobil,kereta,kapal,motor,polusi industri pabrik manufaktur dan lain-lain.

Menjaga Lingkungan Tanah Supaya Tetap Subur


Kita perlu merawat lingkungan tanah dari pencemaran tanah yang dapat memiliki dampak yang buruk bagi ekosistem.Melindungi dan menjaga tanah dari pencemaran yang merusak lingkungan tanah adalah tugas kita semua supaya ekosistem dapat berjalan dengan normal atau dengan baik.

Menjaga kesuburan tanah sangat penting berikut ini adalah contoh menjaga kesuburan tanah :
  1. Melindungi tanah dari benda dan zat yang membahayakan tanah secara berlebihan sehingga menimbulkan kerusakan
  2. Penghijauan 
  3. Pemupukan
  4. Reboisasi
  5. Dan lain-lain

Daftar diatas adalah salahsatu upaya kita untuk menjaga kesuburan tanah,sehingga produktivitas dan ekosistem yang melibatkan tanah tetap terjaga kelestariannya.Sehingga rantai makanan di lingkungan tanah tetap berjalan dengan baik.

Pencemaran Lingkungan Tanah 


Tanah menjadi tercemar akibat ulah tau perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab,pencemaaran tanah adalah salahsatu aktivitas banyaknya benda asing yang menyebabkan dampak buruk bagi tanah secara berlebihan.


Berikut ini adalah contoh pencemaran tanah :

  1. Pembuangan sampah secara berlebihan di tanah
  2. Pembuatan jalanan yang menggunakan semen dan beton pada tanah
  3. Membuang limbah berbahaya (limbah B3) di tanah secara berlebihan
  4. Pembuangan logam berat yang berbahaya di tanah secara berlebihan
  5. Limbah Industri manufaktur
  6. Penggunaan Pestisida
  7. Pertambangan dibawah tanah
  8. Kebakaran hutan


Beberapa benda asing yang dapat mencemari tanah dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Kayu
  2. Logam ( aluminium,tembaga,seng,besi,nikel dan lain-lain)
  3. Limbah berbahaya  (bahan kimia berbahaya[bahan kimia pabrik,tumpahan bensin dan solar])
  4. Kertas
  5. Plastik
  6. Karet
  7. Gelas
  8. Karet
  9. Kaca
  10. Dan lain-lain




Dampak dari pencemaran tanah


Dari beberapa contoh jenis-jenis pencemaran tanah akan berdampak sangat buruk bagi tanah,pencemaran di lingkungan tanah dapat menyebabkan tanah menjadi tidak subur dan aktivitas biologis didalam tanah akan menjadi terganggu.

Sehingga produktivitas tanah akan menurun karena tanah sudah tercemar dan tidak dapat menjaga keseimbangan ekosistem seperti untuk ekosistem pertanian atau perkebunan akan menyebabkan tanah menjadi tidak subur.

Pada ekosistem pertanian dan perkebunan , maka tanaman dna pohon-pohon tidak dapat tumbuh dengan subur karena sudah tercemar.Jika pohon dan tanaman tidak tumbuh dengan subur maka produktivitas menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida akan terganggu.


Penanggulangan Pencemaran Tanah


Penanggulangan pada tanah yang tercemar membutuhkan waktu yang cukup lama,karena sudah tercemar dalam jangka waktu yang lama tidaklah mudah.Karena akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan membahayakan kesehatan manusia.

Akan tetapi itu harus dijalani karena itu adalah bagian dari tanggung jawab kita untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup pada suatu ekosistem.Sehingga aktivitas kehidupan rantai makanan akan berjalan dengan normal kembali.


Beberapa penanggulangan pencemaran tanah yang bisa kita lakukan :

  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Membagi tempat pembuangan sampah pada jenisnya,misal sampah organik dan non-organik
  3. Mengolah limbah industri menjadi ramah lingkungan
  4. Mengedukasi lingkungan tentang bahaya pencemaran lingkungan tanah
  5. Pembakaran sampah ( sampah yang tidak berbahaya seperi mengandung logam berat )
  6. Reboisasi
  7. Penghijauan
  8. Pemupukan tanah
  9. Dan lain-lain



Penutup


Demikian informasi tentang Dampak Dan Penanggulangan Pencemaran Tanah ,semoga kita dapat menjaga kelestarian lingkungan disekitar kita dari pencemaran dan polusi tanah.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)




List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com