;

Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blog / Website 2020

Blogger mulai dari hobi menulis hingga menghasilkan uang



Penulis blog yang menghasilan uang dari website / blog
Penulis blog yang menghasilan uang dari website / blog



buayaberdiri.blogspot.com - Menulis merupakan salahsatu hobi seseorang untuk berbagi informasi yang di miliki oleh seorang penulis unutk menghasilkan sebuh karya tulisan.Mungkin ada banyak diantara kita yang menulis lalu mempublikasikan karya tulisan kita di internet,sehingga karya tulis bisa di nikmati dan menjadi sarana informasi bagi banyak orang yang membuthkan sebuah informasi yang sedang dicari oleh pengunjung internet.


Untuk mempublikasikan karya tulisan kamu di internet,kamu membutuhkan media berupa website ataupun website yang menyediakan untuk mempublikasikan sebuah tulisan seperti platform blogspot,wordpress,wix dan masih banyak yang lainnya.Dengan adanya website atau blog maka kamu bisa memposting sesuatu yang berupa tulisan,foto hingga video untuk sarana berbagi informasi.




Cara Blogger Menghasilkan Uang di internet



1.Menghasilkan uang dengan iklan 


Ini adalah salah satu cara blogger menghasilkan pundi-pundi uang mereka di internet,menjadi blogger sebagai profesi sudah menjadi hal yang umum di masyarakat Indonesia.Mereka bisa memiliki pendapatan dengan iklan-iklan yang membayar mereka sesuai dengan kebijakan dan ketentuan dari pihak pengiklan.


Ada banyak iklan-iklan yang terbukti membayar dan tidak scam di internet,adsense adalah salahsatunya.Adsense akan membayar si penulis sesuai dengan jumlah pengunjung,cpc,dan masih banyak lainnya yang mempengaruhi pendapatan mereka di internet lewat google adsense ini.Ini adalah salah satu iklan yang terbukti membayar para publisher yang menjadi partner adsense.


Contoh blog yang menghasilkan uang di internet adalah blog tersebut memiliki iklan adsense setiap halaman artikelnya.Iklan yang ditampilkan blog sangat beragam mulai dari iklan jasa,iklan produk,iklan makanan ,iklan kesehatan dan masih banyak iklan yang ditampilan dari blog-blog yang memiliki penghasilan uang di internet.




Baca juga : 30 Alternatif Google Adsense 2020 Terbaik dan Terlengkap - iklan selain google adsense


2.Menjual produk dan jasa di blog


Ini adalah salahsatu cara para penulis mendapatkan uang di blognya,yaitu adalah mereka dapat menjual produk-produk mereka di blog sebagai tempat berjualan di internet.Ada banyak teknik berjualan di blog yang dapat meningkatkan penghasilan mereka di internet.Menjual produk ini bisa seperti menjual produk eletronika,otomotif,produk makanan hingga produk minuman.


Ada juga para penulis blog juga menawarkan sebuah jasa seperti jasa konsultan,jasa servis barang-barang elektronika dan masih banyak produk jasa yang ditawarkan blog mereka kepada pengunjung di internet.Tentu saja dengan menjual produk lewat blog kamu memerlukan modal uang yang harus kamu keluarkan untuk membiayai penjualan seperti membeli domain dan hosting atau kamu bisa dengan cara gratis dengan menggunakan domain blogspot dan hosting dari google seperti blog saya. 



3.Affiliate Marketing / Pemasaran Produk di internet


Ini juga sangat umum di kalangan para blogger untuk menghasilkan uang mereka dalam bentuk affiliate.Kerja sama antara si pemilik blog dengan si pemilik produk yang saling menguntungkan bisa terjadi di pencarian google.Si pemilik blog dapat menawarkan produk kepada pengunjung dan mendapat komisi dan bagi hasil dari si pemilik produk.Kerja sama ini mirip sekali dengan jaringan iklan,akan tetapi perbedaannya hanyalah bahwa si pemilik produk memasarkan produk mereka langsung kepada pihak kedua untuk saling bekerja sama tanpa ada perantara.


Dan biasanya affiliate ini memiliki bagi hasil dan komisi yang cukup besar,jika mereka mampu menawarkan dan menjual produk mereka dalam skala besar.Tentu saja untuk membuat seperti ini di butuhkan blog yang memiliki trafik pengunjung yang banyak.Akan tetapi tenang saja,ada juga yang memiliki kasus bahwa si pemilik produk menugaskan kepada si pemilik blog hanya menawarkan saja,tergantung dari kebijakan dan aturan dari sipemilik produk dan sipemilik blog.


Ini sangat cocok bagi para blogger yang tidak memiliki modal untuk menjual atau membuat produk,dengan cara ini blogger bisa menghasilkan uang di internet tanpa modal untuk membeli produk yang ingin mereka jual.




4.Mendapatkan Donasi dari pengunjung


Ini adalah salahsatu contoh bagaimana cara mendapatkan uang di internet melalui blog atau website,yaitu dengan cara mendapatkan donasi dari para pengunjung yang ingin memberikan donasi mereka berupa uang yang mereka bayarkan melalui transfer atm.membayar dengan paypal,transaksi transfer bitcoint dan masih banyak metode pembayaran untuk para pengunjung yang ingin mendonasikan uangnya kepada publisher blogger.


Sehingga para publisher dapat mengambil uang yang didonasikan pengunjung lewat apa yang mereka sediakan untuk pembayaran donasi seperti mengambil lewat atm,paypal,dompet bitcoint / cryptocurrency lainnya. 




5.Sistem berbayar akun premium supaya bebas dari iklan yang mengganggu


Ada beberapa website atau blog yang menerapkan sistem berbayar jika ingin berkunjung di website mereka.Sistem ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan pengunjung internet yang mengunjungi website tersebut dari iklan-iklan yang mengganggu.Jadi mereka tetap dapat mengunjungi website dengan banyak iklan akan tetapi mereka bisa masuk ke akun premium atau berbayar untuk dapat membaca atau menerima atau mendapatkan informasi tanpa di ganggu dengan iklan yang menghiasi halaman artikel.




6.Mengadakan kompetisi SEO dengan berbagai hadiah


Event-event ini sering dilakukan oleh para blogger-blogger untuk menghasilkan uang yang berupa hadiah seperti uang,benda berharga dan hadiah yang berupa mendapatkan jasa backlink untuk meningkatkan jumlah backlink di blog mereka.Event seperti ini biasanya menjadi cara para penulis / blogger mendapatkan uang,kan lumayan hadiah berupa uang ?,heheh.



Seperti itulah informasi dari mana para publisher blogger mendapatkan uang,jika kamu ingin mendapatkan uang di internet dengan cara ini.Ada beberapa yang harus kamu persiapkan secara matang sebelum kamu terjun menjadi seorang blogger sampai benar-benar memiliki penghasilan yang stabil di internet.


Mengapa harus dipersiapkan secara matang ?,karena menjadi seorang blogger sangatlah tidak mudah seperti yang kita bayangkan.Ada banyak para publisher penulis blog atau website yang menyerah dan mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha mereka di menjadi seorang penulis blog atau website.


Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk menjadi seorang penulis blog sampai kamu benar-benar stabil menghasilkan uang.



1.Persiapkan website atau blog


Untuk menjadi seorang penulis yang mau membagikan informasi kepada pengunjung,kamu membutuhkan media yang dapat menampung semua itu.Media tersebut adalah website atau blog,dengan website atau blog kamu dapat menjadi seorang penulis ataupun menjadi seorang pedagang dalam dunia digital marketing di pencarian google.




2.Memilih platform website atau develop website sendiri


Jika kamu sudah mengerti bahwa setiap tulisanmu atau produkmu membutuhkan media untuk menampung semua itu.Nah saat ini saya akan membagikan informasi penting yaitu mulai sekarang kamu harus membuat media yang berupa website untuk menjadi seorang publisher penulis atau pedagang di dunia internet marketing .


Kamu bisa memilih platform yang menyediakan website untuk kamu kelola tanpa kamu harus memiliki keahlian ngoding ? mengapa harus keahlian ngoding ?,ngoding adalah sebuah kegiatan untuk membangun sebuah aplikasi atau website dengan menggunakan bahasa pemograman yang harus dikuasai.


Jadi jika kamu ingin membuat website sendiri ,itu artinya kamu harus memiliki keahlian bahasa pemograman yang harus kamu kuasai seperi javascript,php,ruby,python,css,html,c,c++,java dan masih banyak bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi atau website.


Jika kamu orang yang memiliki banyak modal,kamu bisa membeli sebuah website tanpa kamu harus mengerti tentang bahasa pemograman komputer.Selain membeli website untuk membangun website,kamu juga bisa menggunakan platform atau website yang menyediakan untuk membangun sebuah blog atau website.


Berikut ini adalah platform yang digunakan untuk membangun blog / website



  1. Blogger / Blogspot
  2. Wordpress
  3. Wix
  4. Sitebeat
  5. Joomla
  6. Weebly
  7. Tumblr




3.Siapkan nama domain,domain dan hosting


Jika kamu sudah memiliki website atau sudah memilih platform yang kamu gunakan dan sudah membuatnya.Maka langkah selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan nama domain dan hosting untuk mengonlinekan website kamu.Jika kamu baru pertama kali dalam dunia blogging pasti kamu bingung apa sih nama domain,domain dan hosting.


Nama domain adalah alamar url website atau blog kamu,sedangkan domain adalah untuk mengidentifikasi server yang biasanya memiliki akhiran unik seperti .com , .co.id , .net , .id dan masih banyak yang lainnya.Seperti itulah pengertian nama domain dan domain,supaya kamu tidak bingung,contohnya seperti ini :


buayaberdiri.blogspot.com


Keterangan :


nama domain : buayaberdiri 


Domain           : .blogspot.com



Contoh kedua adalah :


kompas.com



Nama domain : kompas

Domain            : .com


Sepertinya mudah bukan cara mengetahui apa itu nama domain dan domain.Lalu apa itu hosting ? bagaimana pengertian hosting ? hosting adalah tempat kamu menyimpan sebuah file website kepada penyedia hosting.Sehingga file-file yang berupa video,tulisan atau teks,gambar,kodingan script di simpan di penyedia hosting.


Jadi kamu bisa menentukan apa nama domain,domain untuk website yang akan kamu bangun,dan juga kamu juga harus memilikirkan dimana tempat hosting yang kamu pilih untuk menyimpan seluruh data website kamu.



4.Desain website kamu supaya terlihat menarik


Jika kamu sudah mempersiapkan yang diatas,tidak ada salahnya kamu mendesain tampilan website kamu untuk tetap terlihat lebih menarik.Supaya website kamu dapat menarik si pengunjung dari internet.Kamu bisa memilih template blog untuk mendesain blog,ada banyak yang menyediakan template gratisan atau template premium untuk mendesain tampilan website kamu supaya terlihat lebih menarik.




5.Membangun tulisan artikel


Langkah selanjutnya adalah kamu akan membangun tulisan berupa artikel.Kamu dapat belajar bagaimana cara menulis dengan baik dan enak dibaca oleh pengunjung.Jika kamu berlatih menulis dengan baik,maka kedepan maka gaya penulisan kamu akan semakin baik dan kamu juga akan terbiasa menulis.


Jika kamu memiliki keahlian menulis maka itu bisa menjadi sebuah keuntungan buat kamu,karena kamu tidak perlu lagi latihan belajar menulis.Kamu bisa menjadi copywriting yang baik dan segera menghasilkan banyak karya tulisan di halaman artikel blog kamu.



6.Pelajari SEO untuk menambah pengunjung blog


Seraya kamu menulis,jika kamu memiliki banyak waktu.Maka belajar SEO untuk meningkatkan pengunjung ke website atau blog kamu.Mempelajari SEO di pencarian google menurut saya tidak ada habisnya dan tidak ada istilah sudah tamat dalam mempelajari SEO.Karena algoritma google selalu berkembang dan mengalami pembaharuan disetiap waktu,maka itu akan menjadikan kamu akan terus mempelajari perkembangan algoritma google di search engine google.


7.Membangun komunikasi dengan pengunjung


Jika trafik pengunjung artikel di website atau blog kamu bertambah,maka bangunlah komunikasi yang baik dengan pengunjung didalam kolom komentar website atau blog.Kamu dapat membalas komentar pengunjung ,kamu dapat memberikan solusi terhadap keluhan pengunjung dan mengapresiasi dalam bentuk pujiam kepada pengunjung.Membangun komunikasi dengan pengunjung dapat membuat pengunjung kembali lagi ke website kita di lain waktu.


Dengan begitu pengunjung dapat merasa di perhatikan jika kamu membalas komentar atau membangun komunikasi dengan pengunjung.



Seperti itulah dari mana saja para penulis blog menghasilkan uang melalui website mereka,kamu dapat menulis artikel blog kamu melalui perangkat apa saja mulai dari perangkat hp atau ponsel android,komputer PC,hingga laptop dan juga kamu bisa melakukan di tablet.



semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)







List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com