;

Cara Mengelola Stress Ditempat Kerja Dengan Baik

Cara mengelola stress ditempat kerja dengan baik



buayaberdiri.blogspot.com - Penyebab stres yang ditimbulkan ada banyak sekali,stres bisa datang kapan saja dan bisa ditimbulkan oleh hal-hal kecil.Stres menjadi hal biasa yang terjadi dalam kehidupan manusia,akan tetapi bagi yang tidak terbiasa dengan stres ini akan menjadi sesuatu akibat stres yang berat,sakin beratnya ada yang sampai kehilangan semangat untuk menjalani kehidupan esok harinya.


Stres di tempat kerja adalah salahsatu penyebab stres yang dialami manusia dalam dunia karir dimana mereka bekerja.Pemicu stres ditempat kerja ada banyak sekali,mulai dari stres karena mendapat tekanan kerja dari atasan atas permintaan seorang atasan untuk meningkatkan produktivitas kinerja.Ada juga yang stres dalam pekerjaan karena melakukan kesalahan yang fatal maupun kesalahan kecil yang bisa dimarahi oleh pimpinan perusahaan.





Ada banyak penyebab stres yang timbul di dalam dunia pekerjaan,stres dalam pekerjaan terkadang lebih berat dari stres yang kita dapatkan diluar pekerjaan.Lebih lengkap lagi adalah stres dari pekerjaan dan ditambah lagi stres di luar pekerjaan seperti stres karena biaya hidup,bertambahnya biaya pengeluaran biaya anak sekolah dan masih banyak lagi.Ini akan membuat kita merasa seperti dibawah tekanan dengan daya tekan yang melebihi kekuatan kemampuan kita,sehingga akibat stres ini bisa membuat kita kehilangan semangat untuk bekerja.


Dampaknya besar sekali bukan ??


Akibat stres ditempat kerja terkadang keluarga akan menjadi pelampiasan kita dirumah,kita cenderung memarahi anak kita,memarahi kakak kita,memarahi adik kita bahkan memarahi orang tua kita.Semua yang terjadi dirumah akan membuat kita cepat marah bercampur emosi dan apa yang kita lihat akan serba salah dimata kita.Akibat stres yang kita alami di tempat pekerjaan rupanya juga akan berdampak buruk di rumah.




Menghilangkan stres dengan cara yang tidak benar 

Berbagai upaya untuk mengelola stres untuk menghilangkan stres sepertinya menjadi sebuah solusi sementara ataupun solusi permanen untuk tidak terulang kembali.Menghilangkan stres tang sudah terlalu berat di kepala terkadang membuat akal sehat kita sudah tidak berfungsi kembali dan tanpa kita sadari kita telah melakukan cara menghilangkan stres dengan cara yang tidak benar.

Contoh saja,kita terkadang tidak sadar cara meredam stress yang kita alami dengan cara pergi ke bar untuk minum dengan harapan dapat menghilangkan stres yang sudah terlalu berat untuk kita pikirkan,atau dengan cara minum dengan teman-teman dirumah teman.dan ketika permasalahan kerja yang dapat membuat kita stres sudah dapat diselesaikan dengan baik,maka kebiasaan minum alkohol sudah menjadi tahap kecanduan.Pengeluaran biaya untuk minum akan menambah beban pengeluaran keluarga,sehingga kebutuhan dirumah sudah tidak tercukupi lagi akibat dari biaya untuk minum alkohol.


Maka dikemudian hari ketika datang sebuah masalah yang bisa membuat kita stres,maka minum bisa menjadi solusi untuk meredam stres yang kita alami.Kejadian seperti sudah banyak kita temui dikehidupan sehari-hari yang bisa saja tidak terekspos oleh tetangga kita.Ini adalah contoh kecil cara menghilangkan stres dengan cara yang tidak benar dan sebenarnya ada banyak contoh  orang yang mengelola stres ditempat kerja dengan cara buruk yang mengakibatkan timbulnya permasalahan berikutnya,sehingga stres akan berkelanjutan sampai kita kita bisa mengelola stres dengan cara yang benar.



Akibat mengelola stres dengan cara yang tidak benar 


Akibat stres dan pengelolaan stres yang tidak benar akan berdampak yang buruk bagi sekeliling kita,seperti keluarga kita.Suasana keluarga dirumah akan semakin tidak harmonis,hubungan keluarga bisa menjadi renggang seiring berjalannya waktu dan ada kemungkinan perpisahan retaknya rumah tangga akan terjadi.


Tidaknya hanya keluarga saja,akan tetapi hubungan pertemanan juga akan semakin hancur,yang membuat kita akan kehilangan teman,sahabat dan orang yang bisa kita percayai juga akan memiliki dampaknya.




Tidak hanya keluarga dan hubungan pertemanan saja,akan tetapi karir bisa berdampak dari stres ditempat kerja,hubungan antar partner kerja bisa menjadi semakin renggang bahkan akan terjadi kemungkinan dikeluarkan ditempat kerja.


Semuanya bisa saja terjadi akibat dari cara mengelola stres dengan cara yang tidak benar ..



Lalu bagaimana cara mengelola stres dengan baik tanpa harus merugikan sekitar kita ?





Cara mengelola stres  ditempat kerja dengan baik



1.Bersikap tenang dan jangan gegabah


Menenagkan pikiran adalah cara yang paling pertama yang harus kamu ambil dalam sikap menghadapi stres dan jangan gegabah.Kamu bisa menenangkan pikiran kamu dengan cara beristirahat sejenak,cara berisitirahat sejenak bisa dengan mengambil cuti,mengosongkan pikiran saat dirumah atau saat istirahat bekerja.Salah satu yang tidak bisa kamu lupakan dan ini sangat sepele adalah menarik napas dalam lalu mengeluarkan napas dengan pelan-pelan,ini akan membuat otak kamu akan sedikit lebih rileks.



2.Kenali dan pahami inti dari masalah yang membuat kamu stres


Setelah kamu bersikap tenang dan pikiran kamu mulai lebih sedikit rileks,kamu harus berpikir dan mengingat penyebab utama yang membuat kamu stres.Jika masalah pekerjaan adalah penyebab utama yang membuat kamu stres,kenali dan pahami terlebih dahulu masalah pekerjaan tersebut.Jangan terlalu cepat mengambil keputusan,analisa sebaik mungkin dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah tersebut.



3.Buatlah sebuah improvement/perbaikan pekerjaan


Ada kalanya kamu sudah dimarahi oleh atasan atau pimpinan kerja kamu,segeralah meminta maaf kepada pimpinan kamu dan berjanjilah untuk segera menyelesaikannya dan buatlah sebuah improvement  agar tidak terulang lagi dikemudian hari.Ini akan membuat kepercayaan pimpinanmu tidak berkurang terhadap kamu.Perbaikan tentang masalah yang terjadi ditempat kerja harus sesuai dengan masalah yang dihadapi saat itu juga.




4.Konsultasi dengan atasan / pimpinan perusahaan 


Setelah kamu membuat sebuah perbaikan yang berhubungan dengan pekerjaan,kamu sudah menganalisa dengan baik akan meminimalisir kemungkinan yang terjadi terhadap masalah baru dalam pekerjaan yang membuat kamu stres ataupun partner kerja yang terkena dampaknya atau juga terhadap klien / customer perusahaan yang terkena dampaknya.Itu semua harus di pikirkan secara matang ...


Oleh sebab itu berdiskusilah dengan seorang pimpinan mengenai improvement dalam pekerjaan yang akan dilakukan untuk kedepannya.Bertanyalah kepada pimpinan tempat kerja kamu apakah improvement tersebut bisa dijalankan dengan baik dan apakah pimpinan perusahaan tersebut menyetujuinya.


Sebab disinilah peran atasan / pimpinan perusahaan untuk mengurangi stres para karyawannya.Sehingga para atasan bisa memahami juga tentang apa yang membuat karyawan tersebut mengalami stres ketika bekerja.



5.Berolahraga secara teratur


Jika stres ditempat kerja karena tekanan dalam bekerja,maka berolahragalah untuk mengurangi stres,karena aktivitas fisik seperti olahraga dapat mengurangi stres.Berolahraga juga dapat menjaga kesehatan tubuh kamu untuk kembali prima dalam bekerja dan menghadapi tekanan dalam pekerjaan.



Seperti itulah cara mengelola stres kerja dengan baik,semoga bisa menjadi referensi kamu,Gbu :)









List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com