;

9 Tips atasi stress akibat susah tidur supaya hidup lebih sehat

9 Tips atasi stres akibat susah tidur suapay hidup lebih sehat


buayaberdiri.blogspot.com - Stres adalah ketika dimana otak kita memikirkan sesuatu yang membuat beban kinerja otak kita berat dan bisa melebihi batas kemampuan otak untuk bekerja.Ukuran stres untuk setiap orang mungkin berbeda dan bisa dikatakan relatif.Karena seseorang dapat mengelola pikiran mereka dengan kemampuan yang mereka miliki.






Sebagai contoh ketika saya stres karena memiliki hutang uang sebesar lima ribu rupiah,mungkin bagi saya itu adalah beban pikiran yang sangat berat.Akan tetapi bagi sebagian orang memiliki hutang sebesar lima ribu rupiah adalah masalah yang bisa diatasi.Itulah sebabnya saya mengatakan ukuran stres untuk setiap orang berbeda dan sangat relatif.

Stres bisa membuat kita susah tidur karena kita akan terus memikirkan bagaimana solusi untuk menghadapi masalah dan otak kita akan terus bekerja untuk memikirkan hal itu sampai hari mulai gelap dan waktunya untuk tidur.

Akan tetapi ketika waktu tidur sudah tiba,kita tidak bisa tidur.Stres yang berkepanjangan membuat kita akan sulit tidur untuk di kemudian harinya ketika masalah itu tidak kunjung selesai.Sehingga pola jam tidur kita sudah tidak teratur lagi,bahkan ada yang tertukar jam tidurnya seperti tidur di siang hari.

Jika kamu seorang pekerja ,maka pola jam tidur yang sudah tidak teratur ini akan membuatmu pekerjaanmu akan menjadi berantakan akibat kurangnya pola jam tidur.Pekerjaan yang berantakan akan membuatmu terkena masalah dalam pekerjaan,seperti akan membuatmu akan mendapat teguran dari atasan kamu ataupun akan berdampak buruk pada partner kerja di sekitar kamu.

Jika kamu seorang pengusaha / pedagang, stres bisa akan membuatmu akan memiliki kerugian ataupun kehilangan konsumen akibat stres yang berkepanjangan yang sepertinya masalah yang kamu fikirkan belum terselesaikan juga.

Stres memiliki dampak yang tidak baik bagi kepribadian manusia,stres bisa melanda kepada siapa saja tanpa memandang apakah kamu itu seorang perempuan atau laki-laki,apakah kamu seorang pengusaha atau karyawan ,apakah kamu seorang kaya atau miskin apakah kamu seorang pelajar dan masih banyak yang lainnya.

Stres terhadap psikologis perilaku tubuh


Stress secara psikologis bisa membuatmu merasa emosianalmu tidak akan stabil dan membuat kelainan sebuah mental terhadap perilaku tubuh yang bereaksi akibat terlalu beratnya beban pikiran yang kamu  pikirkan didalam otak kamu.Kamu tidak akan menyadari perilaku yang diakibatkan oleh stress yang kamu alami,akan tetapi orang disekitar kamu akan melihat bahwa stress yang kamu alami akan mengubah perilaku kamu.Perilaku seperti cara berfikir yang berbeda dari yang biasanya,tingkat emosional yang berbeda dari biasanya hingga perilaku cara berbicara yang berbeda dari yang biasanya.


Stress berdampak pada kesehatan tubuh manusia


Stress bisa berdampak pada kesehatan tubuh manusia,salah satunya adalah penyempitan pembuluh darah di bagian tubuh dan juga membuat akselarasi jantung tidak stabil dalam memompa darah ke seluruh tubuh.Ini merupakan contoh kecil yang di akibatkan oleh stress dalam jangka pendek atau jangka panjang.



Sepertinya untuk tidur dalam keadaaan stress akibat pikiran yang terus bekerja untuk menyelesaikan masalah yang belum selesai tampak akan mustahil.Dan ini membuat pola jam tidur yang tidak teratur lagi.

Lalu sampai kapan kamu akan terus seperti ini ?

Lalu bagaimana cara mengatasi stress agar kembali tidur dengan nyenyak ?

1.Berdoa pada TUHAN

Berdoa merupakan tempat kamu menyatakan isi hatimu seperti masalah yang kamu hadapi dan sarana mengucap syukur,jika kamu orang yang beragama,Berdoa adalah langkah pertama sebelum kamu bertindak untuk menyelesaikan sesuatu yang sedang dikerjakan.Berdoa kepada TUHAN dapat menenangkan hati dan pikiran yang stress berat / gelisah secara rohani.

2.Ceritakan masalahmu yang membuatmu merasa stress kepada seseorang 

Menceritakan masalah yang membuatmu stress kepada seseorang adalah cara yang tepat untuk membuat pikiran kamu merasa tenang,karena masalah yang dipendam dalam pikiran akan berdampak buruk bagi seseorang ( meskipun tidak semua,akan tetapi rata-rata seperti itu ).Dengan menceritakan masalahmu maka ada kemungkinan kamu akan mendapatkan sebuah jawaban untuk memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi.Kamu bisa menceritakan yang bisa kamu percaya ataupun yang menurut kamu dia lebih pantas mendengar ceritamu.Atau kamu bisa menceritakan itu kepada sahabat kamu,orang tua ,kakak atau adik hingga kepada seorang psikolog.

3.Menangis didepan orang yang bisa mendengar masalahmu

Ini sama saja dengan cara kedua,kamu bisa menceritakan masalah kamu kepada seseorang sambil menangis,menangis dapat membuat mengalihkan otak kamu yang sudah berfikit terlalu keras,sehingga dengan cara menangis sambil menceritakan masalah yang membuatmu stress dapat mengurangi beban kinerja otak kamu.Sehingga dengan menangis setidaknya keadaaan tensi emosional kamu akan turun.


4.Mendengarkan musik sebelum tidur

Mendengarkan musik dapat mengalihkan pikiran kamu yang sedang stress akibat masalah yang kamu hadapi.Kamu dapat mendengarkan musik sesuai dengan selera kamu yang dapat menenangkan dan mengalihkan pikiran yang stress sebelum tidur.Cara ini tidak semuanya bisa dilakukan terhadap seseorang,jika kamu tidak terbiasa atau tidak suka dengan musik,cobalah (paksakan) dengarkan musik untuk mengalihkan stressmu sebelum tidur.Jika perlu sambil bernyanyi untuk menghilangkan rasa jenuh karena mendengarkan musik saja.

5.Atur pola makan

Pola makan juga memiliki hubungan terhadap perilaku pola tidur manusia,lalu apa hubungan stress dengan pola makan ? ,pastinya ada.Pola makan yang teratur dapat menjaga stamina tubuh kamu,jika kamu merasa tidak enak makan akibat stress,kamu bisa makan di luar rumah untuk mengalihkan stress kamu.Menurut survei biasanya seseorang yang sudah kenyang setelah makan maka akan terasa mengantuk,sehingga cara ini cocok supaya kamu bisa tidur dimalam hari walaupun pikiran kamu sedang stress.


6.Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat menjaga stamina tubuh kamu tetap terjaga,dengan berolahraga bisa membuat otak kamu yang sedang stress akan terasa lebih rileks,karena olahraga dapat membuat seluruh tubuhmu bergerak sehingga aliran darah dan oksigen menuju otak akan lancar.Dengan berolahraga akan membuat kamu akan lebih sehat meskipun sedang di landa stress berat.Ketika olahraga selesai kamu kamu akan terasa lelah dan istirahat yang baik setelah olahraga adalah tidur.Ini akan membuat kamu tidur lebih tenang dalam keadaan lelah dan lelah karena olahraga dapat mengalihkan stress kamu.


7.Konsultasi dengan dokter / psikolog

Sebelumnya saya sudah menyarankan konsultasi dengan teman atau sahabat atau keluarga.Sekarang kamu bisa konsultasi dengan dokter,dokter akan memberikan solusi akibat stress yang kamu alami,dengan konsultasi dengan dokter,seorang dokter juga akan memeriksa kondisi kesehatan kamu dengan stress yang kamu alami.Kamu juga bisa konsultasi dengan seorang psikolog untuk memperbaiki stress yang kamu alami.


8.Membaca buku  sebelum tidur

Aktivitas membaca sebelum tidur juga dapat mengalihkan stress kamu,kamu dapat membaca buku yang kamu suka hanya untuk mengalihkan beban pikiran kamu.Ini adalah pengalihan pikiran yang baik,dengan aktivitas membaca maka pikiran kamu akan dibentuk oleh si penulis buku tersebut dan menghasilkan imajinasi dari buku yang kamu baca.Kamu bisa melakukan membaca buku sampai akhirnya kamu tertidur dengan nyenyak.


9.Jangan minum yang mengandung kafein sebelum tidur

Sudah stress lalu minum yang mengandung kafein ini akan membuatmu akan sulit tidur,tidak hanya sulit tidur saja,terlalu sering minum yang mengandung kafein juga akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu.Sehingga sebelum kamu tidur,meskipun kamu dalam keadaan stress lebih baik hindari minum yang mengandung kafein ,contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi,coklat,teh hitam dan masih banyak yang lainnya.


Seperti itulah caranya tidur mesikipun dalam keadaan stress,semoga membantu kamu.Jika stress berdampak buruk pada kesehatan kamu,maka segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan memeriksa kondisi kesehatan kamu.



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com