;

7 Cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran ( Susah tidur di malam hari dan siang hari )

Cara mengatasi susah tidur karena banyak pikiran dalam kehidupan sehari-hari


buayaberdiri.blogspot.com - Susah tidur di malam hari bisa terjadi pada setiap seseorang,istilah susah tidur ini biasa kita sebut dengan insomnia.Gejala susah tidur bisa menggangu aktivitas kamu pada siang hari dan akan membuat daya ingat kamu akan cepat menurun karena kurang istirahatnya otak manusia.Lalu bagaimana cara mengatasi sulit tidur dimalam hari ?



Susah tidur karena banyak pikiran
Susah tidur karena banyak pikiran


Sebelum saya membahas bagaimana cara mengatasinya,saya akan menceritakan sedikit penyebab mengapa kamu menjadi susah tidur.Ada berbagai faktor penyebab kamu susah tidur dan tidak semua faktor ini bisa menjadi pemicu utama mengapa kamu susah untuk tidur di malam hari,akan tetapi ini bisa menjadi sumber referensi kamu untuk mencari tahu kebenaran mengapa susah tidur bisa terjadi pada manusia.


Penyebab kamu susah tidur adalah karena banyak pikiran.Memiliki banyak pikiran seperti masalah yang terjadi kamu alami akan membuat kamu terus berpikir keras,berpikir keras bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.Pikiran selain masalah yang kamu hadapi tidak hanya tentang uang saja .

Banyak faktor yang menjadi kamu pikiran,ada yang pikiran karena ujian sekolah besok,ada yang mempunyai pikiran karena beban biaya menyekolahkan anak dan masih banyak faktor yang membuat kamu banyak pikiran,kamu memikirkan keras karena beban yang kamu hadapi hari ini sangat berat dan membuat kamu seperti putus asa.

Dalam keputus-asaan ini akan timbul pikiran yang akan membuat otak kamu bekerja terus untuk memikirkan tentang masalah yang kamu hadapi.Sehingga ini akan membuatmu merasa tertekan dan stres akibat memikirkan terlalu keras.


Lalu bagaimana cara menenangkan pikiran untuk bisa tidur dengan nyenyak ?,ada beberapa cara menenangkan pikiran yang bisa kamu terapi untuk mengembalikan pola jam tidur kamu ataupun buat kamu yang susah tidur .


Cara menenangkan pikiran untuk bisa tidur 


1.Beribadah dan membaca kitab suci

Beribadah adalah solusi pertama yang saya berikan untuk bagaimana cara menenangkan pikiran kamu yang sedang rumit atau stres.Dengan beribadah kamu bisa mengadu kepada TUHAN tentang apa yang membuat pikiran tentang masalah yang kamu hadapi saat ini.Tidak hanya beribadah saja,membaca kitab suci lalu merenungkannya siang dan malam bisa membuat kamu dapat lebih tenang menghadapi kerasnya hidup yang kamu jalani saat ini.

2.Ciptakan suasana gembira didalam keluarga

Jika ada salah satu anggota keluarga kamu yang sedang memiliki banyak pikiran,maka kamu bisa menciptakan suasana gembira ketika satu keluarga berkumpul dimalam hari.Ada banyak cara menciptakan suasana  gembira seperti ngelawak , menonton acara tv yang disukai , menciptakan permainan didalam keluarga dan masih banyak lagi.Menciptakan suasana riang dan gembira bisa membuat pikiran kamu tenang lalu dapat tidur .

3.Ceritalah tentang apa yang kamu alami sambil menangis

Bercerita sambil menangis kepada anggota keluarga bisa membuat pikiran kamu merasa tenang.Dari yang saya alami sendiri ,ketika ada yang bercerita dengan saya sambil menangis,tampaknya dia akan lebih tenang setelah selesai menangis.Menangislah selagi kamu bisa ,karena itu akan membuat emosionalmu akan stabil saat itu juga.



4.Tulis masalah yang membuat kamu banyak pikiran

Menulis masalah yang membuat kamu banyak pikiran di buku sepertinya adalah hal yang sangat konyol.Akan tetapi terapi ini sangat bisa diandalkan.Kamu bisa menulis dengan sepenuh hati kamu dan kamu juga harus menulis bagaimana cara menyelesaikannya esok hari.Ketika kamu sudah tertidur,maka ketika kamu bangun pagi hari,kamu tau apa yang harus kamu lakukan dulu untuk menyelesaikan masalah yang membuat kamu banyak pikiran.

5.Atur pola jam tidur

Terkadang yang membuat kamu susah tidur tidak hanya karena banyak pikiran saja,tanpa kamu sadari sebelum kamu memiliki banyak pikiran,pola jam tidur memanglah tidak teratur.Pola jam tidur yang tidak teratur bisa menjadi kebiasaan yang buruk buat kesehatan tubuh kamu.Jadi mulailah dari sekarang untuk mengatur jam tidur.Jam tidur lebih awal bisa menjadi priotas tidur kamu,seperti kamu sudah tidur pada jam 9 malam,sehingga kamu bisa bangun lebih pagi untuk berolahraga sebelum beraktivitas kembali untuk menemui masalah yang membuat kamu banyak pikiran.

6.Konsultasi ke dokter

Konsultasilah ke dokter jika kamu mengalami susah tidur karena banyak pikiran,maka dokter bisa mencari jalan untuk mengatasi susah tidur akibat banyak pikiran.Dan mintalah ke dokter untuk memeriksa kondisi kesehatanmu akibat dari susah tidur.


7.Minum obat tidur sesuai dengan resep dokter

Jika dokter menyarankan kamu untuk minum obat tidur,maka belilah sesuai dengan saran dan resep dokter.



Seperti itulah cara mengatasi susah tidur akibat banyak pikiran,banyaknya pikiran membuat kamu sulit berkosentrasi dengan baik dan dapat menurunkan semangat dalam menjalani kehidupan keesokan harinya.Cara ini bisa kamu gunakan bagi kamu yang merasa susah tidur di malam hari maupun susah tidur di siang hari.








List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com