;

Apa itu Psikopat ? Bagaimana ciri-ciri Psikopat ?

Apakah Psikopat sebuah penyakit ? atau hanya gangguan kejiwaan ?


buayaberdiri.blogspot.com - Psikopat dimata masyarkat awam adalah seseorang yang mempunyai sifat kejahatan yang luar biasa dan mampu merencanakan sebuah tindakan kriminal dengan tenang dan sistematis.Ada juga yang mengatakan bahwa psikopat adalah seseorang yang memiliki gangguan kejiwaan yang dapat berbuat kejahatan / tindakan kriminal.ada banyak versi masnyarakat umum mengenai psikopat,sehingga artikel tentang psikopat ini jadi menarik untuk kita bahas bersama-sama.

Menurut seorang psikolog yaitu Dr.Prakash Masand,Psikopat adalah sebuah gangguan kepribadian yang membuat seseorang tersebut menjadi anti sosial.Kepribadian anti sosial ini cenderung terjadi akibat dari lingkungan sekitarnya yang bertolak belakang atau lingkungan sekitar yang tidak mendukung kepribadiannya.


Tidak semua orang yang menjadi anti sosial bisa dikatakan psikopat,Definisi psikopat masih menjadi sebuah psikologis yang masih sulit sekali di analisa dan selama ini hanyalah sebuah argumen / pernyataan yang belum pasti kebenarannya.


Seseorang yang anti sosial dengan lingkungan sekitarnya terkadang tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitarnya,norma-norma hukum adat / negara dan perilaku terhadap masnyarakat sekitarnya.Sehingga Psikopat masih belum jelas definisinya,akan tetapi bisa menjadi rujukan / referensi dari setiap kasus psikopat yang telah melakukan tindakan kriminal / kejahatan.




Ciri-ciri psikopat yang terjadi pada setiap kasus kriminal


1.Anti Sosial


2.Mudah berinteraksi dengan masyarakat sekitar


3.Tenang


4.Ramah


5.Mampu menyembunyikan perasaan,ketika dia terlihat senang ( akan tetapi sedang marah) atau sebaliknya


6.Terkadang memiliki perilaku yang tidak bertanggung jawab


7.Cenderung Berbohong akan sesuatu hal


8.Memiliki masalah hukum yang terus terulang


9.Tidak memperdulikan resiko dari setiap tindakannya


10.Memperhitungkan resiko yang akan dihadapi ketika bertindak sesuatu


11.Tidak memiliki rasa penyesalan


12.Tidak mampu membedakan mana yang benar dan yang salah


13.Mampu membedakan yang benar dan yang salah


14.Memiliki kesadaran dalam melakukan tindakan


15.Tidak memiliki kesadaran dalam melakukan tindakan


16.Tidak suka di nasihati


17.Memaksakan pikiran dia kepada orang lain


18.Mempengaruhi orang lain dengan mudah




Dari beberapa contoh diatas,kita bisa memastikan tentang kondisi psikolog seorang Psikopat masih belum jelas kebenarannya.Sebagai contoh ada seorang psikopat yang ternyata dia memiliki kepribadian anti sosial dan ada juga kasus seorang psikopat yang memiliki kepribadian yang mudah berbaur di lingkungan sekitarnya.Sehingga definisi seorang psikopat masih terlihat abu-abu / belum jelas.


Mengapa ? ,karena fakta di lapangan dan kasus seorang psikopat yang telah membuat tindakan kriminial sangat beragam. Dan definisi tentang psikopat belum bisa disama ratakan disetiap kasus psikopat.








List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com