;

Penyebab Trafik Visitor Blog Turun Drastis Dan Cara Mengatasinya

Pengunjung Blog Setiap Harinya Mengalami Penurunan ,Kenapa ?



Faktor yang menyebabkan trafik turun drastis pada situs website atau blog :



buayaberdiri.blogspot.com - Mungkin kamu pernah mengalami bahwa trafik harian atau mingguan atau bulanan atau pertahun mengalami penurunan,ada yang mengalami penurunan secara bertahap atau menurun sedikit demi sedikit dan ada juga yang mengalami penurunan trafik secara drastis di blog atau website yang mereka bangun selama ini.

Turunnya Trafik atau jumlah pengunjung yang datang ke blog kamu akan membuat kamu merasa khawatir bagaimana nantinya nasib blog atau website kamu kedepan.Apa lagi buat kamu yang menjadikan blog atau website menjadi penghasilan utama mereka untuk mendapatkan uang di internet,maka ini akan menjadi dilema yang besar bukan ?

Apa lagi buat kamu yang membangun situs website dengan modal yang sangat besar seperti sudah memiliki domain yang memiliki autorithy yang lumayan baik dan hosting yang sangat mahal untuk menampung jutaan trafik per harinya,dan telah memiliki jumlah backlink yang sangat banyak,maka ini akan membuat kamu pusing sekali.


Penyebab Trafik Pengunjung Turun Drastis


Hari ini saya akan membagikan informasi tentang apa saja yang menyebabkan penurunan trafik sehingga membuat website kamu mengalami kehilangan jumlah visitor kehalaman artikel kamu atau ke halaman utama website atau blog.

 


Ini adalah kemungkinan pertama yang sudah banyak dibahas oleh para blogger lainnya mengapa blog atau situs website kamu mengalami penurunan lalu lintas trafik organik ataupun trafik redirect dari sosial media.

Niche musiman adalah tulisan artikel yang sifatnya hanya sesaat saja,biasanya artikel yang akan dibahas adalah artikel yang sedang trending atau artikel yang sedang disorot oleh masyarakat yang menghebohkan.

Artikel jenis ini akan mendapatkan peningkatan jumlah trafik visitor yang besar,akan tetapi lalu lintas trafik ini biasanya hanya sementara saja.Jadi salahsatu kelemahan dari artikel musiman yang bersifat trending ini adalah blog harus di update dengan konten yang trending setiap hari atau setiap minggu.

Jika kamu ketinggalan tentang artikel yang bersifat trending,biasanya akan mengalami trafik anjlok atau para blogger menyebutnya "Terjun Bebas".


Cara Mengatasi Niche Artikel Musiman :

⠿ Update artikel musiman setiap hari / minggu / bulan
⠿ Update artikel yang sedang trending
⠿ Update niche artikel abadi atau jangka panjang,seperti artikel tutorial,artikel informasi yang bersifat ilmu pengetahuan


  • Sering Berganti Template atau Tema Blog

  • Sebenernya tidak ada yang salah dengan sering berganti-ganti template atau tema blog bagi yang sudah memahami HTML,CSS dan Javascript,dan itu tidak akan berdampak pada struktur html blog dalam segi SEO.

    Akan tetapi ini akan fatal buat seseorang yang tidak mengerti bahasa pemograman website (terutama untuk bagian frontend untuk situs yang didevelopment sendiri),maka ini akan mengubah struktur html blog menjadi berantakan.Dan tentunya ini akan berdampak bagaimana blog kamu bekerja dengan tidak baik,semisal terdapat error pada struktur kodingan tertentu.

    Cara mengatasi untuk kamu yang sering berganti theme blog atau template blog / wordpress dll :

    ⠿ Bila belum memahami bahasa pemograman website,lebih baik jangan sering-sering berganti-ganti tema blog
    ⠿ Bila ingin mengganti template blog,lebih baik didampingi yang mengerti HTML,CSS dan Javascript.


  • Informasi Artikel Tidak Terupdate

  • Mungkin kamu memiliki konten artikel yang informasinya sudah tidak dipakai lagi untuk hari ini.Sehingga pengunjung mencari informasi yang terbaru untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah atau error yang sedang dihadapi.

    Informasi yang tidak terupdate akan membuat sipengunjung tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi,sehingga pengunjung tidak akan berkunjung lagi kehalaman artikel tersebut,meskipun artikel kamu berada dihalaman pertama google.

    Semisal kamu memiliki konten artikel tentang bagaimana "cara menghubungi sebuah toko A",lalu artikel kamu memiliki konten tersebut,akan tetapi informasinya sudah sangat lama,dan kebetulan toko A tersebut telah berganti nomor telepon,atau sudah berganti alamat email yang terbaru atau juga sudah pindah alamat.

    Jadi informasi yang terupdate ini sangat penting dalam artikel di situs website atau blog.

    Cara mengatasi Artikel Tidak Terupdate :

    Carilah informasi terbaru tentang konten yang sudah kamu buat,jika mengalami perubahan maka kamu bisa mengupdate halaman artikel tersebut,atau kamu bisa memposting artikel baru mengenai niche yang sama,akan tetapi memiliki informasi yang terupdate.
     

  • Banyaknya Halaman Artikel Yang di Geser Pesaing Dari Situs Lain

  • Ini juga menjadi salahsatu faktor yang menyebabkan trafik kamu hilang atau turun drastis,sehingga jumlah visitor kamu akan berkurang.Ada kemungkinan beberapa atau banyak halaman artikel kamu yang sudah digeser oleh pesaing atau competitor dari situs website lain.

    Penyebab kamu bisa digeser sangatlah kompleks mulai dari update algoritma google,terdapat error pada struktur blog,informasi artikel yang sudah tidak lagi relevan dan lain-lain.Jadi kamu harus memperhatikan posisi halaman artikel kamu di pencarian google.

    Jika kamu memiliki artikel ribuan atau ratusan,mungkin akan kesulitan mengecek posisi halaman artikel di pencarian google.Dan ini adalah tantangan baru buat kamu untuk mengecek setiap hari bagaimana halaman artikel kamu dipencarian google.

    Biasanya halaman artikel yang sudah digeser kompetitor 

    Cara Mengatasinya :

    ⠿ Perhatikan competitor website atau blog yang sudah menggeser halaman artikel kamu,jika ada perbedaan yang membuat kompetitor lebih baik dari halaman artikel kamu.Maka segeralah perbaiki halaman artikel blog yang sudah digeser kompetitor.


  • Jarang Posting atau Update Artikel

  • Jarang posting artikel bisa membuat jumlah visitor blog kamu menjadi stagnan atau hanya segitu-gitu saja.Apa lagi jika halaman artikel kamu mengalami pergeseran di pencarian google karena faktor-faktor lain,maka akan membuat lalu lintas trafik blog kamu akan menurun secara perlahan ataupun secara drastis.

    Cara mengatasinya :

    Update artikel secara rutin dan terupdate,ini akan membuat blog kamu akan mendapat peningkatan trafik dengan visitor organik ataupun redirect dari sosial media.Semakin banyak artikel yang kamu update,maka peluang mendapatkan visitor juga akan semakin besar.

    Seandainya kamu telah membuat 1000 (seribu) artikel selama seminggu atau sebulan,maka peluang disalahsatu artikel diantara 1000 artikel akan menjadi pendongkrak visitor baru kehalaman artikel kamu.

  • Update Algoritma Google

  • Update algoritma google juga bisa menjadi penyebab mengapa visitor di blog kamu menjadi penurunan,jika jumlah visitor blog kamu mengalami penurunan setelah update algoritma,ada kemungkinan halaman artikel kamu telah turun atau bahkan hilang dari halaman pertama google.Bisa jadi telah turun atau nyungsep kehalaman google yang sangat jauh dari perkiraaan ,semisal turun hingga ke halaman diatas 10 pencarian google.

    Cara mengatasi visitor turun akibat update algoritma google :

    Pelajari terlebih dahulu seperti apa perbaikan google pada saat mengupdate algoritma,kemudian perbaiki blog kamu untuk menyeimbangkan kualitas blog atau website dengan perbaikan google melalui update algoritmanya.

    Seperti contohnya untuk algoritma google saat ini (2020-2021) core web vital pada google search console akan menjadi penentu rangking di google search.Maka hal yang harus kamu perbaiki adalah memperbaiki FCP (First Contentful Paint),LCP (Largest Contentful Paint),TBT(Total Blocking Time) dan CLS (Cumulative Layout Shift) pada blog atau situs website kamu.

  • Kecepatan Loading Website atau Blog Lambat

  • Untuk saat ini (mulai november,desember 2020 hingga 2021) kecepatan blog juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh para blogger.Para pengamat mengatakan blog yang memiliki kecepatan load lebih dari 3 detik akan ditinggalkan oleh pengunjung.

    Dan google telah menyadari itu,sehingga lahirlah proyek Google AMP yang akan mengatasi atau meningkatkan kecepatan halaman website di perangkat selular atau ponsel.Media-media besar Indonesia sudah banyak yang menggunakan AMP untuk meningkatkan kecepatan situs website atau blog mereka.

    Jika kecepatan loading blog kamu lambat,maka ada kemungkinan kamu akan kehilangan visitor secara perlahan atau sedikit demi sedikit.Dan posisi website kamu di serp google akan tergeser oleh website-website AMP atau blog AMP.

    Cara mengatasi kecepatan load website atau blog yang lambat :

    ⠿ Untuk blog atau website non-amp mungkin kamu perlu minify  javascript dan CSS
    ⠿ Untuk website yang dibangun menggunakan Blogger,maka kamu bisa mengganti template AMP atau tema AMP Blog
    ⠿ Untuk pengguna Wordpress,maka kamu bisa menggunakan plugin AMP



  • Terdapat Pelanggaran Kebijakan Google

  • Banyaknya pelanggaran kebijakan google pada blog atau website kamu,ada kemungkinan akan menjadi penyebab mengapa trafik atau jumlah pengunjung (visitor) di situs website atau blog kamu menjadi turun,bahkan hingga turun secara tajam.

    Cara mengatasinya :

    ⠿ Gunakan penulisan artikel yang original 
    ⠿ Jangan sekali-kali melakukan COPAS (Copypaste) artikel,menggunakan software spinner artikel (article spinner),software AGC (Auto Generate Content) artikel ataupun software sejenisnya.
    ⠿ Ikuti pedoman atau kebijakan google.





    Penutup :

    Demikian informasi tentang mengapa blog atau website bisa terjadi penurunan jumlah visitor sehingga trafik ke website kamu menjadi turun drastis,semoga informasi ini ini bisa membantu kamu,Gbu :)





    List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com