;

Cara Mengatasi Tidak Dapat Menginstall WhatsApp Messenger (WA)

Error Menginstall WhatsApp Messenger


buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan membagikan error yang bisa saja terjadi untuk aplikasi-aplikasi yang tersedia di WhatsApp Messenger.Kejadian ini saya alami untuk WA versi beta dengan versi 2.20.194.5.


Error yang saya alami adalah ketika saya sedang mengupdate versi WA saya di google playstore,ketika saya menekan tombol Update di playstore,maka WA saya berjalan dengan normal dalam proses update.


Akan tetapi ketika sudah selesai update atau update sudah mencapai 100%,maka biasanya aplikasi tersebut akan melakukan proses persiapan penginstalan,pada saat proses penginstalan aplikasi wa di hp android saya,maka saya akan menemukan masalah seperti ini :


" Tidak Dapat Menginstall WhatsApp Messenger "

"Coba lagi, dan jika masih tidak berfungsi , lihat secara umum untuk memperbaiki masalah ini."

Contoh seperti ini :








Lalu saya mencoba untuk melakukan unisntall aplikasi,lalu menginstall kembali aplikasi tersebut,akan tetapi cara ini sama saja dan tidak berhasil


Lalu saya melakukan restart hp saya , dan setelah ponsel saya terestart kemudian saya melakukan install kembali WA saya,maka saya mendapati bahwa cara tersebut tidak berhasil dan hasilnya akan menunjukan masalah "tidak dapat menginstall aplikasi".





Penyebab masalah tidak dapat menginstall aplikasi


Berikut ini adalah penyebab masalah yang secara umum bisa saja terjadi pada ponsel android.




  • Versi Google Play Store yang sudah lama

  • Ada kemungkinan kamu telah menggunakan aplikasi Play Store versi lama,sehingga aplikasi playstore  tidak berjalan dengan baik di sistem android kamu.Dari yang saya alami,maka ketika saya membuka aplikasi tersebut yang terjadi adalah aplikasi google playstore saya tidak merespon atau leg atau macet.


    Ketika saya diamkan,maka ponsel saya memberitahukan bahwa Play Store saya tidak merespon,dan menyarankan segera menutup aplikasi tersebut.Maka akan ada 2 tombol pilihan yaitu menunggu atau Oke,jika saya menekan tombol oke maka aplikasi playstore saya akan keluar secara sendirinya.


    Jadi periksa kembali versi Play Store di hp android kamu.


  • Koneksi Internet tidak stabil

  • Selanjutnya adalah koneksi internet,menurut dari bantuan google,google menjelaskan bahwa proses penginstalan aplikasi di google sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet atau Wi-Fi .Maka segera lakukan pengecekan pada koneksi internet kamu stabil atau tidak.


    Saran saya,kamu bisa menutup aplikasi lain yang terhubung dengan internet di hp android kamu supaya tidak menganggu proses penginstalan aplikasi di google play store termasuk WhatsApp,Facebook,Instagram,Twitter,Tik Tok,Mobile Legends,PUBGM dll



  • Cache Google Play Store yang sudah penuh

  • Cache yang menyimpan data yang besar akan mempengaruhi kinerja aplikasi playstore kamu,sehingga akan menjadi masalah dikemudian hari seperti aplikasi tidak berjalan dengan baik,aplikasi mengalami leg/lagh dan aplikasi benar-benar berhenti atau tidak merespon.


    Jadi periksa kembali cache pada google playstore kamu,jika penuh maka kamu bisa menghapus cache playstore kamu.Tidak hanya cache playstore,kamu bisa menghapus cache pada aplikasi lainnya untuk m emastikan sistem android kamu berjalan dengan normal.




    Cara mengatasi Tidak Dapat Menginstall WhatsApp Messenger



    1. Pada saat proses update dan penginstalan pastikan koneksi internet stabil
    2. Pastikan Google Play Store sudah terupdate ke versi terbaru
    3. Hapus Cache Google Play Store dan aplikasi android yang memiliki size besar
    4. Pada saat update atau menginstall pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan (khusus pengguna HP android yang memiliki RAM kecil dan chipset lama )



    Error ini bisa saja terjadi pada aplikasi lainnya yang ada di google play store seperti :
    1. Shopee
    2. Line
    3. Facebook
    4. Lazada Indonesia
    5. WPS Office
    6. Shareit
    7. OLX
    8. Grab Merchant
    9. Spotify
    10. Grab Driver
    11. CamScanner
    12. FaceApp
    13. JOOX
    14. Nox Cleaner
    15. MiChat
    16. Facebook Lite
    17. Bigo Live
    18. Dana - Dompet Digital Indonesia
    19. Hago
    20. Jenius
    21. Kredivo
    22. BCA Mobile
    23. Akulaku
    24. Line Webtoon
    25. Gojek
    26. Mitra BukaLapak
    27. Youtube Go
    28. Twitter
    29. Gmail
    30. Yahoo Mail
    31. KineMaster
    32. Real Drum
    33. Paypal
    34. Alodokter
    35. PicsArt Photo Editor
    36. Canva
    37. Truecaller
    38. Garena Free Fire
    39. eFootball PES 2020
    40. Asphalt 9







    List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com