;

Cara Mengatasi Error MySQL Shutdown Unexpectedly

Bagaimana cara mengatasi MySQL tidak bisa di start

Error MySQL Shutdown Unexpectedly
Error MySQL Shutdown Unexpectedly



buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan memberikan informasi tentang masalah MySQL yang tidak bisa distart di software XAMPP,masalah ini saya hadapi yang tidak biasa saya alami.Sebelumnya saya mencoba mematikan server apache dan mysql karena yang saya kerjakan sudah saya anggap selesai.


Akan tetapi beberapa saat kemudian,tidak sampai 15 menit,saya kembali menyalakan server apache saya dan menyalakan mysql,ketika menyalakan apache tidak terjadi error apa-apa.Akan tetapi ketika saya ingin mengaktifkan mysql,maka akan muncul error,sehingga mysql saya tidak bisa di start.


Kejadian ini saya menggunakan XAMPP versi 3.2.4 dan saya menjalankan xampp ini di komputer / laptop windows 10.Error yang saya alami seperti ini : Error:  MySQL Shutdown Unexpectedly


Kemudian dibawahnya ada pemberitahuan lagi seperti ini : This may be dua to a blocked port,issing depencies


Lalu saya berpikir bahwa Port mysql saya mungkin ngecrash dengan port lain,akan tetapi saya bingung karena tidak ada server lain yang berjalan di komputer saya dan juga tidak ada mysql lain yang berjalan bersamaan di komputer saya.


Saya tidak habis pikir mengapa bisa terjadi seperti ini,padahal sebelumnya xampp saya sudah berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah error apapun yang saya alami.Berikut ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara mengatasi ini :




1.Port MySQL ada berjalan bersamaan 


Kalau saya tidak mengalami masalah port mysql yang berjalan bersamaan,jadi saya tidak berfikir bahwa ada port mysql yang berjalan bersamaan.Jika komputer kamu mempunyai beberapa server apache atau server lainnya dan mysql atau sejenisnya yang berjalan bersamaan.Maka solusi pertama yang saya berikan adalah sebagai berikut :


1.Buka folder dimana tempat penyimpanan xampp di komputer kamu,kalau saya biasanya menyimpan di C:\xampp


2.Kemudian bukan folder ini : C:\xampp\mysql\bin


3.Kemudian cari file my.ini ,lalu buka di notepad / teks editor lainnya


4.Lalu cari sintaks seperti ini :



# The following options will be passed to all MySQL clients
[client]
# password       = your_password 
port=3306
socket="C:/xampp/mysql/mysql.sock"


5.Kamu bisa mengubah port yang berisi angka 3306 menjadi 33060 atau kamu bisa mengubah port menjadi 3308


Untuk contoh diatas saya mengubah menjadi 3306


6.Kemudian cari sintaks seperti ini :



# Here follows entries for some specific programs 


# The MySQL server
default-character-set=utf8mb4
[mysqld]
skip-grant-tables
port=3306
socket="C:/xampp/mysql/mysql.sock"
basedir="C:/xampp/mysql"
tmpdir="C:/xampp/tmp"
datadir="C:/xampp/mysql/data"
pid_file="mysql.pid"
# enable-named-pipe


Pada contoh sintaks diatas,saya menggunakan port 3306 (disamakan dengan port sintaks sebelumnya).


Jika sudah maka silakan kamu save atau simpan.


7.Setelah itu kamu bukan kembali sofware xampp kamu,lalu tekan tombol CONFIG ( lihat tanda panah gambar dibawah ini)




Cara konfigurasi Port MySQL di XAMPP
Cara konfigurasi Port MySQL di XAMPP


8.Kemudian tekan tombol Service and Port Settings



Settings Port MySQL di XAMPP
Settings Port MySQL di XAMPP



9.Kemudian kamu bisa memilih MySQL,lalu mengubah port tersebut menjadi 3306 ( sesuai dengan port sebelumnya yang kita ubah).



Cara mengubah Port MySQL di XAMPP
Cara mengubah Port MySQL di XAMPP


10.Kemudian kamu bisa menekan tombol Save


11.Kemudian kamu menjalankan apache dan mysql kamu,lihat apakah mysql kamu sudah berjalan dengan baik




2.Menghapus File MySQL (kecuali folder)


Jika cara pertama kamu tidak berhasil,jangan khawatir ada cara lain untuk mengatasi service mysql kamu yang tidak berjalan atau stop sendiri karena error port yang terblokir.Cara kedua ini adalah dengan cara menghapus data mysql kamu.

Berikut cara menghapusnya :



1.Buka folder tempat kamu menyimpan file xampp


2.Kemudian masuk ke folder ini : C:\xampp\mysql\data


3.Maka disitu akan ada banyak data yang tersimpan,kamu bisa menghapus data tersebut,akan tetapi jangan hapus folder data tersebut.

Berikut ini adalah contoh data yang sudah saya hapus :



Cara menghapus data mysql di folder xampp
Cara menghapus data mysql di folder xampp

Berikut ini adalah contoh file yang saya hapus :



  1. aria_log.00000001
  2. aria_log_control
  3. ib_buffer_pool
  4. ib_logfile0
  5. ib_logfile1
  6. ibdata1
  7. master-2020@002d05@002d27@002015@003a22@003a35@00200@0020@005bnote@005d@0020added@0020new@0020master_info@0020@0027@0027@0020to@0020hash@0020table@000d.info
  8. master-2020@002d05@002d27@002015@003a22@003a35@00200@0020@005bnote@005d@0020c@003a@005cxampp@005cmysql@005cbin@005cmysqld@002eexe@003a@0020ready@0020for@0020connections@002e@000d.info
  9. multi-master.info
  10. my.ini
  11. mysql_error
  12. Dan lain-lain



Note : Folder jangan kamu hapus


Berikut ini adalah data folder di MysQL yang tidak saya hapus






Jika sudah selesai,maka kamu tinggal menyalakan kembali apache dan mysql kamu di xampp,maka error mysql tidak akan terjadi lagi.



3.Install Ulang XAMPP

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil,maka solusi terakhir dari saya adalah segera hapus software XAMPP kamu atau uninstall xampp dan install ulang kembali xampp ke versi yang lebih baru.
Semoga informasi ini bisa membantu kamu,cara ini bisa kamu lakukan untuk xampp yang terinstall di linux dan macOS.

Selamat mencoba,semoga solved Gbu :)








List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com