;

Kandungan Gizi Jahe dan Manfaat Bagi Kesehatan

Jahe - Salahsatu rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia 



Manfaat / Khasiat  Jahe Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat / Khasiat  Jahe Bagi Kesehatan Tubuh 


buayaberdiri.blogspot.com - Siapa yang tidak tahu rempah-rempah yang satu ini ?,jahe merupakan tanaman yang tumbuh subur di negara Indonesia dan beberapa negara lainnya.Jahe termasuk tanaman dari suku Zingiberaceae,dan jahe memiliki nama ilmiah yaitu Zingiber officinale.


Tanaman jahe ini sering digunakan di Indonesia sebagai minuman untuk menghangatkan badan dan ada juga di olah menjadi obat-obatan herbal.Masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe untuk dijadikan bahan makanan seperti dicampur dengan sayur-sayuran dan makanan lainnya.


Ada banyak sekali kegunaan dari jahe ini,sehingga masyarakat Indonesia sangat akran sekali dengan tanaman jahe ini.Lokasi untuk daerah-daerah penghasil jahe juga sangat banyak dan tersebar di beberapa wilayah Indonesia.


Kandungan Gizi  / Nutrisi Pada Jahe :



1.Natrium 


2.Kalium


3.Karbohidrat


6.Protein


7.Serat


8.Gula


9.Gula


10.Vitamin A


11.Kalsium


12.Vitamin D


13.Vitamin B12


14.Vitamin C


15.Zat besi 


16.Vitamin B6


17.Magnesium




Manfaat jahe bagi kesehatan tubuh manusia


1.Jahe mengandung zat gingerol


Kandungan gingerol ini yang memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu untuk mengobati sakit flu dan pilek.Untuk saat ini dunia sedang mewabah pandemi virus corona / coronavirus / 2019-nCoV / Covid-19,ditengah pandemi seperti ini banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa jahe ini dapat melawan virus tersebut dan menjaga kesehatan dengan cara minum air jahe.


2.Bermanfaat mengurangi sakit nyeri otot


Beberapa sumber mengatakan bahwa jahe dapat mengurangi rasa sakit nyeri pada otot,meskipun tidak secara langsung,akan tetapi jahe dapat mengurangi secara bertahap tergantung dari kondisi kesehatan tubuh.



3.Dapat menurun kadar gula darah


Jika kamu memiliki kadar gula darah yang tinggi,maka itu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kamu.Jahe bisa direkomendasikan untuk menurunkan kadar gula darah,sehingga minum jahe sangat bermanfaat bagi penderita gula darah tinggi.



4.Menjaga kesehatan jantung


Jantung adalah salahsatu organ tubuh yang penting,kamu harus tetap selalu menjaga kesehatan jantung dengan cara berolahraga secara teratur,makan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup.Dan jahe dipercaya dapat menjaga ksehatan jantung pada pria dan wanita.



5.Menurunkan Kolesterol pada tubuh


Memiliki kadar kolesterol tinggi juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung,jahe di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh kamu.Kamu dapat menjaga kadar kolesterol dengan cara mengkonsumsi jahe pada makanan. 



6.Dapat meredakan gejala batuk ringan / batuk biasa


Jika kamu sedang merasakan sakit batuk ringan atau sakit batuk biasa,kamu dapat meredakan gejala sakit batuk tersebut dengan cara minum air jahe hangat yang direbus hingga mendidih.



Kandungan gizi dan manfaat kesehatan tidak hanya untuk jahe putih saja,akan tetapi bisa untuk jahe merah,jahe hitam,jahe bubuk,jahe emprit,jahe yang di olah atau di produksi oleh pabrik dalam bentuk sachet yang memiliki sertifikat kesehatan dari Pemerintah Indonesia.


Harga jahe di Indonesia sangat bervariatif dan bergantung kondisi pasar,kondisi ekonomi negara dan dunia dan kondisi tertentu.Untuk saat ini dengan adanya pandemi virus corona,maka harga jahe di seluruh provinsi Indonesia bisa saja naik tinggi dikarenakan permintaan pasar untuk jahe sangat tinggi.

Untuk kondisi biasa,jahe termasuk bahan rempah-rempah yang harganya relatif murah dan dapat dijangkau untuk semua kalangan.Jadi harga jahe bisa saja berubah sewaktu-waktu.Untuk sekarang ini musim pandemi virus corona diperkirakan harga jahe bisa tembus 100 ribu per kilogram saat ini (20 Maret 2020)



Semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)







Tags:



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com