;

Kemerdekaan Kristen ( Galatia 5:1-14)

Kemerdekaan Kristen ( Galatia 5:1-14)


buayaberdiri.blogspot.com - Kemerdekaan adalah kebebasan dari sebuah perbudakan atau penjajahan dari golongan,ras,suku atau negara tertentu.Merdeka bukanlah berarti kita telah bebas tanpa aturan sehingga membuat kita bebas melakukan apa saja sesuai dengan keinginan setiap individu,merdeka tetapi ada aturan hukum yang berlaku untuk setiap tatanan hidup sebuah negara dan berlaku / diterima oleh setiap manusia.

Kemerdekaan kristen adalah bebasnya kita dari sebuah hamba dosa yang mengikat kita (galatia 5:1),Tuhan Yesus telah memerdekakan kita dari kuk perhambaan.Kelahirannya membuat kita terasa gembira,karena kedatangan dengan memiliki sebuah tujuan tertentu.Apa tujuan Tuhan Yesus itu ?,tujuan utamanya adalah mengajarkan Firman TUHAN kepada kita dan membebaskan kita dari kuk dosa.

Karena Kristus telah menanggung dosa umat manusia,dengan pengorbanannya sekali untuk selamanya untuk menebus dosa kita dan membebaskan kita dari kuk perhambaan yang mengikat nenek moyang kita selama bertahun-bertahun.

Dengan Kemerdekaan kita,kita tidak lagi dibawah hukum taurat,hukum yang tidak mungkin untuk manusia untuk menaatinya,hanya Tuhan Yesus yang sanggup menaati hukum taurat tersebut (galatia 5:2).Mengapa ?,karena yang bersunat,orang tersebut wajib melakukan hukum taurat.

Akan tetapi oleh kasih karunia Tuhan Yesus,Tuhan Yesus sudah menggenapi hukum taurat tersebut,itu artinya siapa yang percaya kristus,dia tidak lagi dibawah hukum taurat,kita sudah dimerdekakan dari hukum taurat.Lalu apakah kita tidak perlu lagi menaati hukum taurat ?

Kita masih menaati perintah hukum taurat dan tidak meniadakan hukum tersebut ( Matius 5 : 19),itu artinya tidak bisa meniadakan hukum yang terkecil sekalipun di dalam hukum taurat.Mengapa ?karena di galatia 5:13 sudah jelas berkata demikian "Saudara-saudara memang kamu telah dipanggil untuk merdeka.Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa,melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih".

Dengan adanya aturan hukum taurat,kita tetap menjaga hukum taurat meskipun kita sudah dimerdekakan oleh kristus,supaya kita tidak berbuat dosa.Dengan adanya larangan dari kesepuluh hukum taurat,itu artinya kita tetap menjaga larangan itu dalam kemerdekaan kristus.

Karena inti dari semua hukum kristus adalah kasihinilah Tuhan,Allahmu dan sesamamu manusia seperti dirimu sendiri ( galatia 5:14).Itu adalah salahsatu hukum terutama yang Tuhan Yesus katakan kepada ahli taurat pada waktu itu.

Kita telah merdeka,tetapi gunakan kemerdekaan itu untuk hidup sesuai hukum yang terutama yang Tuhan Yesus katakan dimatius 22:34-40 dan dengan merdeka,kita tidak lagi berbuat kejahatan lagi,akan tetapi hidup sebagai hamba Allah.( 1 petrus 2:16-17).




List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com