;

Cara Website Tampil Paling Atas di Halaman 1 Google [Page One]

Halaman Artikel Kamu Sulit Masuk Halaman Pertama Google ?



buayaberdiri.blogspot.com - Ketika kamu terjun kedalam dunia blogging, maka ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. Apa lagi untuk para pemain solo, maka mereka biasanya memikirkan bagaimana cara bikin blog, bagaimana mengubah tampilan website, bagaimana cara mengganti template blogger atau wordpress yang responsive, cepat dan seo friendy dan lain-lain.

Ketika kamu sudah selesai dan berhasil membangun website, mungkin seiring berjalannya waktu kamu akan mencari tau bagaimana cara mencari traffic atau pengunjung website sebanyak mungkin, mungkin dari puluhan visitor menjadi ratusan, ribuan hingga jutaan visitor. 

Bagi seorang blogger pemula mencari visitor adalah hal yang paling sulit, bahkan lebih sulit dari membuat website dan mendaftar google adsense. Ada banyak yang menyerah pada tahap ini, apalagi untuk orang yang memiliki modal menengah ke bawah.

Untuk mendapatkan trafik pengunjung yang banyak biasanya hanya bisa didapatkan untuk halaman website (artikel, landing page, halaman produk yang dijual, dll) yang masuk kedalam halaman satu atau pertama google dan berada di posisi paling atas atau page one di google pencarian.

Untuk bisa terindeks dan masuk kedalam halaman 1 google, biasanya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, apalagi jika kompetitor kamu adalah website-website besar seperti web media nasional dan blog suhu-suhu blogger yang jam terbangnya tinggi.

Cara Halaman Website Masuk Page One di Google Pencarian


Untuk seorang blogger pemula mungkin akan terasa sangat sulit untuk bisa masuk pageone dihalaman pertama google, akan tetapi bukan tidak mungkin jika kamu mempelajari teknik SEO yang biasa di pelajari oleh suhu -suhu para blogger atau pemilik website lain.

Berikut ini adalah tips dari buayaberdiri.blogspot.com untuk halaman artikel website bisa masuk kedalam posisi page one atau muncul paling atas di google pencarian.


  1. Gunakan template atau theme website SEO Friendly
  2. Perbaiki masalah metrik core web vitals 
  3. Cari kata kunci (Keyword) persaingan rendah
  4. Riset keyword
  5. Tingkatkan kualitas konten artikel
  6. Tingkatkan jumlah kata dalam artikel
  7. Hindari penggunaan konten plagiat / copas / spinner
  8. Beriklan di google ads


1.Ganti Template Website SEO Friendy


Buat kamu yang membuat website atau blog menggunakan cms blogger atau blogspot, wordpress, joomla, wix dan lain-lain. Maka kamu bisa mengganti template website yang SEO, baik dari struktur website, kecepatan loading website, responsif dan lain-lain.

Ada banyak website yang mendukung SEO Friendly mulai dari template buatan luar negeri hingga buatan dalam negeri. Untuk dalam negeri karya buatan anak Indonesia kamu bisa membeli atau mendapatkan secara gratis di Igniel (igniplex, fiksioner, dll) Mas Sugeng (linkmags, evomags,dll) Mas Adhy Suryadi (kompi ajaib, kompi flexible, dll) dan lain-lain.

Untuk saat jika kamu ingin mempercepat loading web atau blog di device seluler / ponsel / HP, maka kamu bisa mengganti ke template AMP, ada banyak template amp untuk blogger / blogspot dan wordpress yang bisa kamu beli atau mendapatkannya secara gratis.


2.Memperbaiki Core Web Vitals


Cara Membuat Artikel Page One di Google

Di google search console fitur yang harus kamu perhatikan, yaitu core web vitals atau data inti web, didalam fitur ini terdapat metrik seperti cumulative layout shift (CLS), largest contentful paint (LCP), first contentful paint (FCP), first input delay (FID), interaction to next paint (INP), dan time to first byte (TTFB).

Metrik tersebut akan mempengaruhi atau ada di pengukuran pagespeed insight dan lighthouse, menurut beberapa informasi tentang teknik SEO, metrik ini sangat mempengaruhi posisi website atau blog kita di pencarian google.

Jadi jika kamu ingin halaman artikel website masuk kedalam pageone dihalaman pertama google, mungkin kamu harus memperbaiki core web vitals dari beberapa metrik yang saya sebutkan diatas.



3.Buat Artikel Dengan Keyword Persaingan Rendah


Jika kamu seorang blogger pemula dan baru membuat website, mungkin untuk mencari pengunjung atau visitor bisa dilakukan dengan membuat atau menulis artikel dengan keyword yang rendah persaingannya. Seperti konten artikel yang baru sedikit persaingannya, buat konten artikel yang kompetitornya tidak berat dan lain-lain. 

Dengan persaingan yang kecil atau rendah kemungkinan akan membuat peluang halaman artikel yang kamu buat semakin besar masuk ke dalam halaman 1 google dan berada di posisi page one google atau posisi berada paling atas.



4.Riset Keyword atau Kata Kunci


Jika kamu ingin mencari atau membuat topik artikel yang akan dibahas di website atau blog kamu dengan tingkat persaingan tinggi, sedang dan rendah, maka kamu membutuhkan waktu untuk riset atau analisa keyword yang sesuai dengan niche artikel yang akan di kerjakan.

Ada banyak tools riset keyword yang bisa kamu coba, mulai dari yang berbayar dan gratis (free). Kamu bisa menggunakan tools seperti ahrefs, semrush, google trends, moz pro, ubbersuggest dan lain-lain.



5.Tingkatkan Kualitas Artikel


Ada yang bilang "content is the king" , ini artinya kualitas artikel sangat mempengaruhi posisi halaman website atau blog di pencarian google, seperti apakah menempati posisi page one di halaman pertama google atau tenggelam di halaman ke sekian atau bahkan masuk kedalam daftar halaman artikel yang di abaikan google atau yang lebih parahnya lagi bisa masuk kedalam deindex / sanbox.  

Kualitas konten artikel ini menjadi salahsatu teknik SEO yang harus di perhatikan, kamu juga memikirkan bagaimana pengalaman pengunjung puas dengan informasi yang kamu berikan (untuk halaman website berupa artikel), puas dengan produk yang kamu tawarkan dan tampilkan (untuk halaman website penjualan jasa dan toko online).



6.Tingkatkan Jumlah Kata Dalam Halaman Artikel


Meningkatkan jumlah kata di pada konten artikel mungkin akan membuat informasi di artikel kamu menjadi lengkap dan memiliki pembahasan yang lebih mendalam dari konten artikel milik kompetitor. Dengan bertambahnya jumlah kata, kemungkinan ada keyword-keyword lain yang menjadi peluang untuk masuk ke pencarian google hingga masuk ke dalam halaman satu (1) google. 



7.Hindari Konten Artikel Copas / Spinner / Plagiat


Selain konten artikel yang plagiat atau mengandung pelanggaran hak cipta tidak di sukai oleh google, juga tidak di sukai oleh pemilik konten orginal atau aslinya. Kalau bisa hindari artikel plagiat, copas dan penggunaan tools membuat artikel secara otomatis seperti spinner, supaya kamu tidak khawatir di kemudian hari.

Artikel seperti ini terkadang sangat mudah di takedown oleh google dan dmca dari pihak kedua atau ketiga jika diketahui oleh pemilik artikel original, dan kamu tidak akan tahu kapan waktunya si pemilik konten akan melakukannya.

Menulis artikel dengan cara seperti ini juga akan membuat keahlian menulis kamu menjadi tidak berkembang, mudah bosan, sulit untuk berfikir, sulit untuk berinovasi dan lain-lain. 



Penutup


Ada banyak teknik SEO yang bisa kamu pelajari supaya halaman website atau blog kamu muncul page one atau muncul paling atas di halaman 1 google dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Tetap tampilkan konten artikel yang terbaik dan bermanfaat bagi pengunjung yang sedang mencari jawaban di google pencarian, Gbu :)




List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com