;

Core Web Vitals : Pengenalan & Cara Memperbaiki Masalah Data Web Inti

Mengenal Core Web Vitals di Webmaster GSC


Daftar Isi :

  1. Core Web Vitals adalah
  2. Pengecekan performa website pada isu CLS,FCP,LCP
  3. Core Web Vitals penting terhadap perangkingan website atau blog
  4. Penyebab Skor Persentase Page Experience
  5. 3 Isu Core Web Vitals atau Data Web Inti
  6. Penyebab grafik warna kuning dan merah naik atau tinggi di core web vitals
  7. Metriks Chrome User Experience Selain CLS,FCP,LCP
  8. Masalah Isu FCP Core Web Vitals (Isu Need Improvement dan Poor)
  9. Masalah Isu LCP Core Web Vitals (Isu Need Improvement dan Poor)
  10. Masalah Isu CLS Core Web Vitals (Isu Need Improvement dan Poor)
  11. Macam-Macam Tipe dan status Core Web Vitals
  12. Cara Memperbaiki Error atau Masalah   CLS,FCP,LCP pada Data Web Inti



buayaberdiri.blogspot.com - Core Web Vitals atau Data Web Inti adalah sebuah laporan terbaru dari webmaster google search console yang memuat informasi URL mana saja yang butuh perbaikan atau URL yang bagus dan URL yang buruk metriknya pada halaman website atau blog

Penilaian ketiga metrik tersebut didapatkan dari pengalaman pengguna atau user experience yang berkunjung ke website atau blog. Jadi penilaian ini akan muncul ketika URL website kamu sudah terindeks di pencarian google, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalamannya ketika masuk ke website atau blog tersebut. 

Penilaian URL yang butuh perbaikan,buruk dan baik ditentukan dari beberapa metrik seperti FCP, LCP, FID dan CLS. Lalu dari mana data laporan data web inti berasal ?  data laporan data web inti ini berasal dari :

Core Web Vitals Test Check :
  1. Pagespeed Insights
  2. Public Google BigQuery Project
  3. CrUX Dashboard pada Data Studio   


Halaman URL dari website akan dikumpulkan di database CrUX pada Data Studio, di Google Data Studio kita dapat menghubungkan dan mengakses semua jenis data, lalu membuat sebuah laporan.

Core Web Vitals Penting Untuk SEO Website atau Blog


Data Web Inti di perkirakan akan menjadi salahsatu faktor perangkingan website di pencarian google, dan untuk membuat laporan seberapa baik halaman URL blog kamu di core web vital, maka google telah merilis fitur baru di search console, yaitu Page Experience.

Page Experience memberikan informasi halaman yang baik pada pengalaman pengguna, semakin tinggi persentase Good Page Experience maka akan semakin bagus. Lalu apa saja yang mempengaruhi laporan Page Experience di Google Search Console ?, berikut ini faktor yang menentukan Persentase Good Page Experience atau pengalaman halaman URL yang baik / bagus :

  1. Core Web Vitals
  2. Mobile Usability
  3. HTTPS

Core Web Vitals adalah salahsatu faktor yang mempengaruhi penilaian Page Experience di Google Search Console.

Oleh sebab itu setelah google membuat fitur Core Web Vitals, setelah beberapa bulan kemudian google telah merilis fitur Page Experience, jadi pengalaman pengguna pada halaman URL website atau blog akan menjadi salahsatu faktor SEO yang penting saat ini.


Faktor Yang Mempengaruhi Metriks Core Web Vitals



Masalah Isu Poor dan Need Improvement di Core Web Vitals Google Search Console



Didalam core web vital kita akan melihat 3 penilaian yaitu :
  1. Poor URLs atau URL Buruk
  2. URL Need Improvement atau URL yang membutuhkan perbaikan
  3. Good URLs atau URL bagus

ketiga ini akan mempengaruhi untuk URL halaman website yang diakses di Mobile atau HP (Ponsel) dan juga di Desktop atau PC komputer dan laptop.

Halaman URL website atau blog yang bagus dapat kamu lihat pada grafik warna hijau dan halaman URL yang membutuhkan perbaikan dapat kamu lihat pada grafik warna kuning dan URL yang buruk dapat kamu lihat pada grafik warna merah.

Sebuah halaman yang grafiknya warna hijau di core web vitals sudah bagus dan tidak butuh perbaikan, akan tetapi untuk grafik warna kuning dan merah ini membutuhkan perbaikan pada halaman web . Biasanya yang menjadi penyebab naiknya atau tingginya grafik warna kuning dan merah di core web vital adalah :

  1. LCP lebih dari 2.5 seconds atau detik
  2. FID lebih dari 100 ms
  3. CLS lebih dari 0.1
  4. FCP lebih dari 1.8 seconds atau detik


Lalu apa itu LCP,FID,CLS dan FCP ?, sebenernya ada banyak faktor pengalaman pengguna yang dinilai Chrome User Experience ini, akan tetapi penilaian skor ini begitu populer di pengecekan kecepatan loading website seperti Pagespeed Insight, Lighthouse, dan web developer.

Metriks pengalaman pengguna selain CLS,LCP,FCP,FID adalah :

  1. Time to First Byte (TTFB)
  2. Notification Permissions [Experience]
  3. First Paint (FP)
  4. DOM Content Loaded (DCL)
  5. Onload (OL)
  6. Device Distribution
  7. Connection Distribution


Informasi diatas hanya bisa kamu lihat di CrUX Data Studio, akan tetapi kita akan membahas status apa saja yang mempengaruhi baik atau buruknya URL yang sering terjadi di core web vitals, Biasanya masalah core web vitals yang sering terjadi seperti CLS,LCP,FCP dan FID (untuk FID sepertinya jarang sekali ). 


1.Masalah Isu First Contentful Paint (FCP) Pada Core Web Vitals



Laporan FCP Core Web Vitals Pengalaman Pengguna dari januari sampai oktober 2021


FCP adalah isu yang sering terjadi di menu data web inti atau core web vitals pada webmaster google search console.Penilaian yang baik dari FCP untuk website atau blog adalah 0 sampai 1.8 detik  

Untuk skor antara 1.8 detik sampai 3 detik (seconds) maka akan masuk kedalam isu Need Improvement dengan grafik warna kuning. Isu ini bisa kamu perbaiki menjadi Good atau bisa tidak kamu perbaiki.

Dan skor diatas 3 detik maka akan masuk kedalam isu Poor dengan grafik warna merah, isu Poor di core web vitalsnya harus kamu perbaiki, jika tidak maka akan mempengaruhi kualitas SEO website atau blog di perangkingan.

Lalu apa itu FCP ? FCP (First Contentful Paint) adalah metrik yang mengukur waktu berapa lama memuat bagian-bagian konten yang terlihat pada layar. Kecepatan load konten yang terlihat meliputi teks,gambar dan background image ,elemen canvas, video , elemen inline-block, icon  svg dan lain-lain.

Semakin lama pemuatan bagian-bagian yang ada didalam konten yang terlihat dilayar saat loading website atau blog, maka skor FCP akan semakin tinggi. Faktor FCP ini terkadang dipengaruhi kecepatan akses internet, spesifikasi server hosting untuk website atau blog dan lain-lain.


2.Masalah Isu LCP ( Largest Contentful Paint ) Core Web Vitals



Skor LCP  laporan real pengalaman pengguna



LCP (Largest Contentful Paint) adalah metriks yang melaporkan berapa lama waktu memuat atau render konten (gambar dan teks) yang paling besar yang terlihat di viewport pada saat halaman tersebut pertama kali di load.

Penilaian skor metrik LCP antara 0 sampai 2.5 seconds atau detik akan masuk kedalam isu Good di data web inti atai core web vitals. Warna grafik di isu Good untuk LCP adalah hijau. Ini adalah laporan yang bagus jika laporan LCP blog atau website kamu Good atau berada di grafik warna hijau.

Jika blog atau website memiliki laporan LCP di sekitar 2.5 sampai 4 seconds atau detik maka akan masuk kedalam isu Need Improvement atau membutuhkan perbaikan. Kamu bisa meningkatkan skor LCP dari Need Improvement ke Good.

Skor terakhir adalah jika LCP blog atau website lebih dari 4 seconds atau detik, maka LCP pada web kamu akan masuk kedalam isu Poor di core web vitals. Jika tidak diperbaiki maka akan mempengaruhi kualitas SEO blog.


3.Masalah Isu CLS (Cumulative Layout Shift) Core Web Vitals



Laporan Isu CLS pada Core Web Vitals


Pada core web vitals isu yang sering sekali terjadi adalah isu CLS yang lebih dari 0.25  dan lebih dari 1 untuk membutuhkan perbaikan perbaikan. Ada beberapa yang mencoba memperbaiki akan tetapi isu cls di core web vitals ini tidak berubah. 

Apa itu CLS ? CLS (Cumulative Layout Shift) adalah metrik yang menghitung atau melaporkan pergeseran tata letak pada isi konten saat pertama kali di load dan selesai diload. Stabilitas tata letak menjadi penting pada metriks CLS.

Google menilai isu CLS ini penting untuk kenyamanan interaksi antara user atau pengguna dengan konten yang ditampilkan. Konten yang menimbulkan pergeseran tata letak ini akan membuat pengalaman pengguna menjadi buruk.

Penyebab utama isu CLS adalah gambar , teks dan elemen button ( tombol ), elemen <ol><li>, banner iklan adsense dan lain-lain.

Skor CLS yang bagus adalah 0 - 0.1 maka akan masuk kedalam isu Good di core web vitals atau data web inti dan skor cls yang membutuhkan perbaikan adalah 0.1 - 0.25 akan masuk kedalam isu Need Improvement di core web vitals.


Cara Memperbaiki Masalah Isu Core Web Vitals


Jika terdapat error atau masalah core web vitals dengan isu Poor atau buruk dan Need Improvement  atau membutuhkan perubahan atau perbaikan yang membuat grafik warna kuning dan merah kamu naik di core web vitals dan tidak memiliki atau sedikit memiliki persentase Good Page Experience.

Maka kamu perlu memperbaiki sesuai dengan isu core web vitals seperti isu :

  • CLS issue: more than 0.1 (mobile & Desktop)
  • CLS issue: more than 0.25 (mobile & Desktop)
  • LCP issue: longer than 2.5s (mobile & Desktop)
  • LCP issue: more than 4s (mobile & Desktop)
  • FCP issue: longer than 1.8s (mobile & Desktop)
  • FCP issue: longer than 3s (mobile & Desktop) 


Cara Memperbaiki Issue CLS, FCP dan LCP di Core Web Vitals:


  1. Memiliki nilai tinggi dan lebar pada gambar, banner iklan adsense, video, elemen html ( tag div, span, form, button dan lain-lain )
  2. Mengurangi DOM
  3. Meningkatkan spesifikasi server hosting yang sesuai jumlah visitor dan isi database pada web
  4. Menggunakan template blog atau web yang ringan dan fast loading, Mobile Friendly
  5. Migrasi ke AMP Mobile
  6. Menggunakan lazyload
  7. Gunakan icon SVG
  8. Menggunakan format gambar webp dan avif
  9. Kompres gambar yang memiliki format png dan jpg / jpeg
  10. Menggunakan CDN untuk web atau blog yang memiliki visitor dari luar atau global




List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com