;

Mengatasi Isi File Flashdisk Tidak Terbaca Karena Virus

Isi Flashdisk Tiba-Tiba Hilang Padahal Ada Isinya di Laptop


buayaberdiri.blogspot.com - Pernah tidak kamu mengalami bahwa file didalam flashdisk kamu tiba-tiba hilang dan lebih anehnya lagi adalah diketerangan ikon gambar flashdisk pada bagian This PC windows kamu menunjukkan berapa sisa flashdisk yang bisa digunakan atau masih ada isi datanya.

Kejadian ini saya alami ketika ingin ngeprint file yang ada didalam flashdisk ditempat fotokopian terdekat dirumah.Pas sudah selesai print dokumen ditempat fotokopian,pas sampai dirumah,saya masukan kembali isi flashdisk tersebut ke laptop dan ternyata flashdisk saya sudah banyak virus yang masuk.

Setelah itu antivirus ESET Internet Security dan Windows Defender langsung memberitahukan ada banyak virus yang terdeteksi atau terscan.Antivirus ESET langsung mengkarantinakan virus tersebut,dan setelah itu saya mencoba membuka isi flashdisk saya.

Kemudian tiba-tiba didalam flashdisk menjadi kosong , akan tetapi ketika saya cek di Properti Flashdisk ternyata masih ada filenya atau datanya.Kenapa saya mengetahui bahwa isi filenya masih ada ? Karena didalam properti itu menampilkan isi yang masih kosong atau Free Space tersisa 3 GB dari 16GB,ini menunjukkan bahwa didalam flashdisk saya ternyata masih tersimpan file-filenya. 


1.Scan Flashdisk Dengan Antivirus


Langkah pertama untuk mengatasi ini adalah segera scan terlebih dahulu flashdisk kamu menggunakan antivirus yang terinstall dikomputer atau laptop kamu.Kamu bisa juga scan antivrus bawaan windows 10 yaitu Windows Defender.

Cara pertama ini bertujuan untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi virus yang bersarang di flashdisk kamu,jika ada yang terdeteksi segera lakukan karantina virus atau Delete virus tersebut menggunakan Windows Defender atau Antivirus seperti ESET Internet Security atau antivirus lainnya.

Jika sudah bersih dari virus,coba buka kembali isi flashdisk kamu,jika masih tidak terlihat,maka lakukan cara lain dibawah ini.Untuk kasus ini saya masih belum bisa melihat file yang ada didalam flashdisk setelah scan antivirus.


2.Matikan Hidden Items Pada Folder 


Jika langkah pertama kamu belum bisa menampilkan isi file flashdisk yang sebenarnnya ada isinya,maka langkah selanjutnya adalah matikan atau hilangkan tanda centang pada bagian Hidden Items pada bagian partisi flashdisk yang terbaca dikomputer kamu. 

Cara Menghilangkan Hidden Item di Folder Windows 10.

  1. Buka isi atau Disk Flashdisk kamu
  2. Kemudian pada bagian atas klik menu View , kemudian hilangkan atau jangan beri centang pada Hidden Items
Jika cara diatas belum bisa melihat isi data file pada flashdisk atau isi flashdisk tidak terbaca datanya,maka kamu bisa lakukan langkah lain dibawah ini.Pada kasus yang saya alami,cara ini juga tidak berhasil dan saya tidak dapat melihat isi file yang ada didalam flashdisk saya. 


3.Cara Memperbaiki Flashdisk Lewat CMD Windows (Tanpa Format !)


Ini adalah langkah yang saya gunakan ketika mengalami isi file di flashdisk kosong akan tetapi kapasitas datanya masih terbaca di properti flashdisk.Jika cara kedua diatas tidak berhasil mengembalikan isi data file flashdisk,maka kamu bisa mencoba memperbaiki flashdisk tersebut menggunakan CMD atau Command Prompt windows.


  1. Buka CMD Windows kamu
  2. Kemudian buka nama disk atau partisi Flashdisk yang terbaca dikomputer atau laptop kamu lewat CMD,sebagai contoh nama partisi flashdisk di komputer adalah E , maka kamu bisa menggunakan perintah seperti ini E:
    Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard komputer kamu

  3. Setelah itu gunakan perintah ini : attrib -s -h -r /s /d *.*
    Lalu tekan tombol Enter pada keyboard komputer kamu

    Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Karena Virus di Windows 10

  4. Jika sudah selesai,silakan kembali buka kembali Folder Flashdisk kamu


Ketika menggunakan cara ini,saya berhasil mengembalikan isi file di flashdisk yang terhidden atau tiba-tiba hilang setelah terinfeksi virus.


Penutup


Meskipun cara nomor 1 dan 2 tidak berhasil ,mungkin kamu perlu melakukannya,karena biasanya flashdisk yang tiba-tiba terhidden disebabkan karena virus yang masuk ke flashdisk kamu,jadi kamu perlu membersihkan terlebih dahulu virus yang bersarang di flashdisk kamu menggunakan antivirus komputer atau laptop windows.

Demikian cara mengembalikan isi file flashdisk yang terhidden atau tiba-tiba hilang (kosong) karena virus di PC komputer atau laptop windows. Semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com