;

Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Harus Bongkar

WC Jongkok Mampet , Bagaimana Cara Mengatasinya ?


Tutorial Mengatasi WC / Toilet Duduk Tersumbat :





buayaberdiri.blogspot.com - Masalah pada toilet sering kali terjadi,mulai dari saluran air mampet,sepiteng WC penuh,keran air terkadang suka rusak dan WC Jongkok untuk tempat buang air besar juga terkadang mengalami masalah mampet.

WC Jongkok atau kloset yang mampet biasanya kotoran yang kita buang tidak dapat masuk kedalam WC ,sehingga ketika kita siram dengan air ,maka akan sangat lama untuk bisa surut masuk kedalam.Akan tetapi juga terkadang tidak surut kedalam.

Masalah ini akan membuat kita sangat risih atau terasa terganggu saat buang air besar.Bau dari kotoran yang kita buang akan membuat kita muntah.Apalagi jika kondisi rumah yang kita huni luasnya tidak begitu besar,yang dekat dengan ruang tamu ataupun dekat dengan kamar tidur.Maka itu akan sangat menggangu.


Penyebab WC Jongkok Mampet


Sebelumnya kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah WC Jongkok sebagai tempat kita buang air besar dan kecil dalam kehidupan sehari-hari.Mungkin kita perlu memahami apa penyebab WC tersebut menjadi mampet.

Terkadang penyebab ini akan membuat setiap penangangan bagaimana cara mengatasinya akan menjadi berbeda dari contoh-contoh penyebab lainnya.

Sebagai contoh ada kasus terjadinya WC tersebut tidak dapat membuang kotoran kita ke dalam sepiteng karena ada benda asing yang menyumbat aliran pipa didalam WC tersebut,contoh benda asing yang mungkin saja terjadi seperti :

  1. Batu 
  2. Makanan jagung
  3. Pecahan kulit telur
  4. Pakaian  atau Kain
  5. HP
  6. Mainan anak-anak
  7. Dan benda-benda kecil lainnya yang memungkinkan bisa masuk kesaluran pipa WC


Cara Mengatasi WC Tersumbat Karena Benda Asing Yang Masuk


Untuk masalah seperti masuknya benda-benda asing masuk kedalam aliran WC kita,jika benda asing tersebut baru sampai di bagian dekat dengan lubang WC,kemungkinan tidak akan sulit untuk mengatasi itu.

Mungkin kamu bisa mengambil langsung benda tersebut menggunakan tangan atau menggunakan pipa cleaner untuk membersihkan saluran dekat lubang WC.

Ini akan berbeda penanganannya jika benda asing tersebut sudah masuk bagian dalam pipa saluran pembuangan kotoran kedalam sepiteng,ada kemungkinan kamu harus mendorongnya kedalam hingga sampai ke sepiteng tersebut.

Jika jarak WC dengan sepiteng tidak begitu jauh,maka ada kemungkinan kamu bisa berhasil mendorong benda tersebut hingga ke sepiteng,karena jaraknya dekat ,semisal hanya beberapa meter saja seperti 1-20 meter.

Lalu bagaimana jika jarak WC dengan sepiteng jauh atau kamu tidak dapat memprediksi dimana letak sumbatnya ?,maka salahsatu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membongkar WC tersebut sampai ke saluran pipa pembuangan sepiteng.

Membongkar adalah salahsatu cara perbaikan yang memerlukan dana,apa lagi jika saluran pipa sepiteng tersebut di semen dan dikubur didalam tanah hingga dalam.Ada kemungkinan disini kamu memerlukan jasa tukang bangunan untuk membongkar dan memperbaiki saluran pipa WC tersebut.


Cara Mengatasi WC Tersumbat Karena Kotoran Yang Mengeras di Saluran Pipa WC


Kemungkinan kotoran yang kamu buang bisa saja mengeras,karena disebabkan beberapa hal.Salahsatunya adalah karena kamu tidak membersihkan atau menyiram WC tersebut dengan air yang sedikit.

Maka salahsatu yang paling sering digunakan adalah menggunakan soda api.Ada banyak sekali tutorial tentang melancarkan WC yang mampet menggunakan soda Api.Soda Api adalah sebuah senyawa kimia atau bahan kimia yang biasa digunakan untuk melancarkan saluran air yang mampet.

Nama lain dari soda api adalah Natrium hidroksida.

Soda api dapat dibagi menjadi 2 kemasan yaitu :

  1. Soda Api Bubuk
  2. Sodak Api Cair

Untuk Soda Api Bubuk dapat dilarutkan dengan air,akan tetapi jika ingin melarutkan dengan air bisa menggunakan APD khusus seperti Kacamata kedap udara,masker gas dan jangan sampai mengenai tangan dalam proses pengadukan.

Berikut ini adalah cara mengatasi WC mampet dengan Soda Api :

  1. Siapkan terlebih dahulu peralatan seperti Soda Api 1/2 - 1 kg , wadah menaruh soda api dan air panas,air panas,benda pengaduk soda api.
  2. Masak Air dengan Mendidih
  3. Jika sudah mendidih,taruh soda api kedalam wadah penampung soda api (wadah ini bisa berupa ember)
  4. Kemudian pakai APD (alat pelindung diri) seperti Kaca mata kedap udara,Masker Gas / masker yang tebal dan sarung tangan karet.
  5. Kemudian tuangkan air mendidih tersebut kedalam wadah yang sudah berisi soda api
  6. Aduk soda api menggunakan benda seperti kayu atau benda2 lain yang dapat mengaduk,(perhatian : jangan sampai pada proses mengaduk mengenai tangan dan mata)
  7. Kemudian tuangkan wadah yang berisi soda api yang dilarutkan dengan air panas kedalam  Lubang WC tempat kamu buang air besar.
  8. Tunggu hingga beberapa jam atau sampai air di WC tersebut masuk kedalam
  9. Jika sudah selesai,kamu coba tuang air 1 gayung kedalam lubang WC,dan perhatikan apakah WC tersebut lancar dan cepat surut.
  10. Jika air tersebut sudah cepat surut atau turun kebawah,ada kemungkinan kamu telah berhasil menangani WC Mampet.


Dari cara diatas ada hal yang harus kamu perhatikan ,seperti :


  1. Jangan sampai soda api mengenai tanganmu,sehingga jarak saat kamu mengaduk perlu kamu perhatikan
  2. Jangan sampai percikan soda api pada saat mengaduk mengenai mata kamu atau kacamata kamu.Meskipun sudah menggunakan kacamata kedap udara,akan tetapi kamu perlu hati-hati.
  3. Pakai masker yang tebal untuk terhindar dari udara yang menguap yang terkandung dari air panas dan soda api.(bila perlu,gunakan masker gas).
  4. Cuci tangan dengan sabun sampai bersih,jika sudah selesai membuang cairan soda api tersebut kedalam lubang WC Jongkok


Bagaimana cara mendapatkan Soda Api Pembersih Saluran Air ?


Kamu bisa membeli soda api bubuk atau cairan di toko-toko bangunan,toko listrik dan toko peralatan pembersih rumah.Nama lain soda api jika kamu ingin membeli diwarung atau toko bangunan adalah cairan untuk melancarkan saluran pipa air.

Atau kamu bisa langsung membeli ke toko yang menjual bahan-bahan kimia (toko kimia),kamu bisa menyebut seperti ini : "Saya ingin membeli Natrium hidroksida yang biasa digunakan untuk melancarkan saluran air di pipa"

Atau kamu juga bisa membeli soda api di toko online seperti tokopedia,lazada,shopee,blibi dan  lain-lain.Jika berbelanja di toko online,maka kamu bisa menulis "Soda Api untuk WC Mampet" maka akan banyak toko / penjual yang menjual soda api.

Berapa Harga Soda Api ?


Jika kamu sudah  mengetahui bagaimana cara membeli soda api dimana,maka saya akan memberikan tentang berapa harga soda api di indonesia.Harga ini saya ambil sebagai contoh,jika harga tersebut berbeda dari yang lain,mungkin sudah berubah.

Untuk harga soda api sangat bervariatif dan tergantung dari ukuran yang ingin kamu beli.Ada soda api ukuran 1 kg, 700 gram ,500 gram , 2 kg.

Ada harga yang berkisar Rp.10.000 - 50.000 atau juga ada yang diharga sekitar Rp.50.000-Rp.100.000 dan ada juga harga soda api di sekitar Rp.100.000 - 200.000.

Kamu bisa membeli harga soda api anti sumbat dari harga yang termurah (untuk eceran) hingga yang yang termahal (yang memiliki ukuran berat yang lebih besar).

Cek harga soda api di toko online dibawah ini :





Efek Samping Penggunaan Soda Api untuk WC Tersumbat



Mungkin beberapa ada yang sudah mengetahui bahwa penggunaan soda api untuk mengatasi masalah WC atau toilet yang tersumbat kurang baik.Karena ada beberapa yang mengatakan bahwa itu akan merusak atau mengurangi daya tahan Pipa Paralon.

Ada juga yang mengatakan bahwa penggunaan soda api yang wc yang mampet dapat menyebabkan sambungan pipa,yaitu tepatnya pada lem pipa,maka kan merusak daya rekat atau tempel pada lem pipa tersebut di sambungan pipa.



Cara mengatasi WC tersumbat dengan Air Panas



Mungkin kamu perlu mencobanya dengan cara menyiram WC tersebut dengan air panas.Air panas ada kemungkinan menghancurkan kotoran manusia dan bakteri-bakteri yang sudah mengeras.Kamu bisa menyiram air panas hingga 1 ember kecil kedalam lubang WC tersebut.

Ada beberapa contoh kasus,cara ini berhasil melancarkan WC yang mampet akibat tersumbat kotoran-kotoran yang mengeras atau bakteri kotoran yang sudah tertimbun menjadi besar,sehingga menghalangi proses pembuangan ke sepiteng.









List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com