;

Spesifikasi Ubuntu untuk instalasi di Laptop / PC Komputer

 Spek Ubuntu untuk di install di komputer


Spesifikasi Ubuntu Untuk di Install di Laptop atau PC Komputer




Isi Postingan Artikel :

  1. Spesifikasi / Spek Minimum Ubuntu
  2. Spesifikasi / Spek Di Rekomendasikan Ubuntu


buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan membagikan informasi jika kamu ingin melakukan instalasi linux ubuntu di komputer atau di laptop atau di notebook.Linux dikenal sebagai OS yang ringan dan dapat dijalankan oleh komputer-komputer yang memiliki spesifikasi hardware yang rendah atau sudah jadul.

Pendapat itu memang benar,linux memang dikenal sistem operasi yang ringan dan dapat dijalankan oleh komputer yang speknya rendah atau sudah sangat lama.Akan tetapi pernyataan itu hanya berlaku untuk OS linux yang versi sangat lama.

Sebagai contoh untuk linux yang memiliki versi lama seperti Ubuntu,ubuntu adalah salahsatu OS Linux yang lumayan banyak penggunanya di Indonesia.Sebagai OS Linux maka ubuntu dikenal dengan OS yang sangat ringan dan dapat dijalankan oleh komputer yang memiliki spek rendah atau hardware yang sudah lama / tua.

Akan tetapi itu hanya berlaku untuk ubuntu versi lama,memang ubuntu versi lama jika kita gunakan untuk komputer keluaran sekarang yang memiliki spesifikasi tinggi,maka ubuntu tersebut terasa ringan di komputer kita.

Sebagai contoh ubuntu 14.04 adalah ubuntu yang sudah lama sekali,ubuntu ini dikenal ringan jika kita menggunakan komputer terbaru untuk sekarang ini,misalnya saja untuk komputer dengan prosesor i3,maka menjalankan ubuntu 14.04 akan sangat ringan dan lancar.

Jadi ubuntu versi terbaru sepertinya kamu harus menghilangkan pendapat kamu yang lama,yaitu ubuntu OS yang ringan.Karena Ubuntu versi terbaru apa lagi untuk versi Desktop ,maka kamu harus menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi yang sesuai atau menengah ke atas.

Meskipun perilisan update ubuntu terbaru selalu mengalami perubahan dan penambahan fitur,maka ubuntu untuk versi terbaru juga akan membutuhkan resources hardware yang tinggi juga untuk mendukung OS tersebut supaya berjalan dengan lancar dan terasa ringan bila digunakan.


Spesifikasi Minimum Ubuntu  

Untuk spesifikasi minimum ini bisa kamu gunakan untuk ubuntu versi lama yaitu seperti ubuntu 14.04 LTS dan ubuntu 16.04 LTS ,sehingga kmu dapat menggunakan atau menginstallnya untuk komputer spek rendah atau komputer jadul.

Spek Minimum Ubuntu :

  1. Prosesor Dual Core 2 GHz
  2. RAM 4GB
  3. Harddisk kosong 25GB
  4. Resolusi VGA 1024 x 768
  5. Media Ubuntu seperti DVD atau USB Flasdisk
  6. Koneksi Internet


Spesifikasi Di Rekomendasikan Ubuntu  

Untuk spesifikasi yang direkomendasikan untuk menginstalasi ubuntu bisa digunakan untuk ubuntu desktop versi terbaru seperti ubuntu 18.04 LTS,18.04.1 LTS,18.04.2 LTS,18.04.3 LTS,18.04.4 LTS,20.04 LTS,20.04.1 LTS dan ubuntu versi terbaru sekarang ini adalah Ubuntu 20.10 .

Berikut ini adalah Spek yang direkomendasikan untuk install ubuntu :

  1. Prosesor i3 atau diatas atau AMD yang setara
  2. RAM 8 GB Atau diatasnya
  3. HDD / SSD kosong 50GB atau diatasnya
  4. Resolusi VGA 1024 x 768 atau diatasnya
  5. Media Ubuntu seperti DVD atau USB Flasdisk
  6. Koneksi Internet


Spek diatas bisa kamu jalankan untuk OS 20.10 dengan lancar dan tanpa gangguan not responding,penggunaan memori yang lega dan lain-lain.


Penutup

Demikian informasi tentang spesifikasi linux ubuntu,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)





List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com