;

Cara Memperbaiki Bluetooth di Windows 10,7,8,XP

 Cara Memperbaiki Bluetooth Di Windows Laptop / PC



buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan share bagaimana cara memperbaiki bluetooth bila bluetooth tersebut tidak berfungsi atau error saat dijalankan ataupun gagalnya proses penginstalan driver bluetooth,sehingga menyebabkan bluetooth tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tidak berfungsi dengan baik disini sangat luas,seperti bluetooth tidak dapat mentransfer data,bluetooth tidak dapat menerima atau mendeteksi bluetooth perangkat lain seperti di HP Android / iPhone,di Komputer lain ataupun di Laptop lain.

Dan juga ikon bluetooth suka tidak muncul di desktop windows,ataupun bluetooth tidak ada di device manager atau juga bluetooth tidak terdapat fitur on / off atau fitur untuk menyalakan bluetooth / mengaktifkan bluetooth dan juga fitur menonaktifkan atau disable bluetooth di windows 10 yang kamu miliki.

Ada banyak masalah bluetooth yang bisa saja terjadi di PC komputer atau laptop yang memiliki OS Windows 10 atau juga windows lainnya seperti windows XP,windows 7 ,windows 8 dan windows 8.1 dan windows versi terbaru lainnya kedepannya (seperti windows 11,windows 12,13,14,15 dn lain-lain).

Lalu bagaimana cara meperbaiki bluetooth yang mengalami masalah di komputer kamu ?,berikut ini admin akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki bluetooth bila terjadi masalah-masalah yang belum kamu alami sebelumnya.

Restart PC Komputer atau Laptop


Ini adalah cara pertama versi saya bila saya mengalami masalah bila bluetooth tidak dapat transfer data atau bluetooth tidak ada di device manager.Kemungkinan bluetooth kamu tidak berfungsi dengan baik karena banyaknya aplikasi yang berjalan secara otomatis ataupun PC/Laptop kamu mengalami not responding yang cukup lama.


Mematikan Service atau software atau aplikasi yang berjalan otomatis


Mungkin ini bisa menjadi pemicu bahwa bluetooth kamu tidak berjalan dengan baik atau normal,ada kemungkinan penggunaan memori atau RAM komputer sudah penuh,sehingga menyebabkan kinerja sistem komputer menjadi lambat karena banyaknya service dari aplikasi atau sistem yang berjalan secara otomatis di komputer kamu.

Sehingga ketika kamu pertama kali menyalakan komputer kamu,maka penggunaan memori komputer kamu menjadi penuh dan kinerja sistem komputer kamu menjadi lemah karena banyakanya aktivitas service aplikasi atau software yang berjalan secara bermasamaan.

Langkah yang saya ambil disini adalah mematikan beberapa service atau aplikasi atau software yang berjalan otomatis secara bersamaan di komputer.Sehingga penggunaan memori atau RAM menjadi lega atau luas.Sehingga ketika kamu sedang ingin menjalankan bluetooth,maka sistem komputer akan merespon dengan baik atau lancar.


Update Driver Bluetooth di Windows 10


Langkah selanjutnya bila kamu masih memiliki masalah pada bluetooth di windows 10 ataupun di windows versi lainnya,maka langkah selanjutnya yang saya anjurkan adalah segera update driver bluetooth di komputer kamu untuk memperbaiki bluetooth kamu.

Ada kemungkinan bluetooth kamu berjalan tidak normal seperti bluetooth tidak ada di device manager karena versi bluetooth kamu tidak komptibel dengan OS windows yang kamu miliki.Atau driver bluetooth sudah usang atau sudah sangat lama,sehingga di perlukan untuk update bluetooth ke versi yang lebih baru.

Uninstall Bluetooth Versi Lama ke Versi Baru


Jika update bluetooth melalui windows 10 di device manager masih tidak memecahkan masalah pada bluetooth di windows 10.Kini langkah selanjutnya untuk memperbaikinya adalah segera uninstall driver bluetooth kamu dan segera install ulang bluetooth di windows 10 kamu menggunakan driver bluetooth yang terbaru dan sesuai dengan perangkat komputer yang kamu gunakan.

Kamu bisa install ulang dan mengambil driver bluetooth berdasarkan tipe manufaktur komputer yang kamu gunakan.Jika kamu menggunakan tipe komputer dengan merek samsung,maka kamu bisa mengunjungi website resmi samsung untuk mengambil driver bluetooth samsung.

Begitu juga dengan manufaktur lainnnya seperti Lenovo,Asus,Acer,Macbook Pro,Xiaomi,Dell,HP dan masih banyak yang lainnya,sehingga kamu perlu mengunjungi situs resmi manufaktur komputer kamu untuk mengambil driver bluetooth terbaru yang support komputer tersebut.

Scan PC / Laptop Dengan Antivirus Komputer

Kemungkinan kecil komputer kamu terserang virus ,dan bisa saja virus komputer menyerang bluetooth dan aplikasi komputter lainnya yang terinstall di komputer kamu.Maka cara memperbaikinya adalah dengan cara scan komputer kamu menggunakan antivirus komputer.Jika terdapat komputer maka kamu bisa mengkaratina virus tersebut atau menghapus secara total virus tersebut.


Nyalakan atau Matikan Bluetooth di Pengaturan Bluetooth Windows


Mungkin kamu berfikir seperti ini "kok tidak ada bluetooth di komputer saya yang masih baru" atau begini "fitur bluetooth pada komputer kok tidak ada,ada apa ya?" mungkin saya yang dimaksud disini adalah ikon bluetooth tidak muncul di desktop window 10 yang kamu miliki.

Mungkin saja kamu lupa menyalakan atau mengaktifkan terlebih dahulu bluetooth di pengaturan windows 10 kamu.Jika bluetooth kamu belum dinyalakan atau di on kan maka ikon bluetooth tidak akan muncul atau hilang atau tidak ada di desktop windows 10 kamu.

Maka cara memperbaikinya adalah segera aktifkan atau nyalakan terlebih dahulu bluetooth kamu di pengaturan windows 10,cara menyalakan bluetooth di windows 10 sangat mudah,begini caranya :

Cara Aktifkan Bluetooth di Windows 10
  1. Buka Pengaturan Windows 10
  2. Pilih Devices
  3. Kemudian pilih Bluetooth & Other Devices,lalu ON kan bluetooth kamu 

Sepertinya mudah bukan cara menyalakan bluetooth di pengaturan bluetooth windows 10.


Penutup


Demikian informasi bagaimana cara memperbaiki bluetooth di windows 10 ataupun windows versi lainnya seperti windows 8 ,windows 7 dan windows XP.

Semoga informasi ini bisa mambantu kamu,Gbu :)







List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com