;

Menyimpan File dengan format PDF pada lembar kerja Libre Office/Open Office

Menyimpan File dengan format PDF pada lembar kerja Libre Office/Open Office

Menyimpan File Libre Office dengan format  pdf merupakan kebutuhan tersendiri bagi kamu.Ketika kamu mengerjakan sesuatu yang bersifat tugas sekolah ataupun tugas pekerjaan itu merupakan salah satu contoh sehari-hari ketika kamu berurusan dengan ketik mengetik,salah satu media yang digunakan untuk menyimpan file berupa tulisan ataupun tugas dengan jumlah yang banyak,maka libre office merupakan lembar kerja yang mumpuni untuk menangani hal itu.


Kadangkala kita ingin apa yang sudah kita kerjakan pada lembar kerja libre office sebelum menyimpan maka kita ingin langsung menggunakan format pdf tanpa harus melalui format odf ataupun odt,Lalu bagaimana cara menyimpan file pada lembar kerja libre office langsung dengan format pdf ?.






Langkah-langkah  menyimpan file dengan format pdf langsung pada lembar kerja Libre Office :

1.Buka menu File

2.Kemudian pilih Export as PDF

3. ** Kemudian Pilih Page yang ingin kamu jadikan pdf pada menu Range,Jika kamu ingin semua page pada lembar kerja tersebut maka centang atau pilih All,Jika kamu ingin salah satu dari page yang ingin kamu jadikan pdf,centang Pages lalu isi nomor page yang ingin kamu jadikan pdf.


    **Untuk Menu Images,menu ini digunakan untuk mengkompress sejumlah gambar jika file kamu berisi gambar,Jika kamu tidak ingin mengkompress file tersebut,kamu bisa centang Loseless compression,Jika kamu ingin mengkompress gambarnya kamu bisa pilih JPEG Compression,Lalu tentukan kualitas kompressnya pada kolom Quality,dan jika kamu  ingin mengurangi resolusi gambar tinggal kamu centang Reduce Image Resolution kemudian pilih nilai DPI (Dots Per Inch),pada libre office  versi 6.0.1.1 ada beberapa pilihan DPI yaitu 75.150,300,600,1200.




   **Untuk Menu General pada pilihan Submit format kamu dapat memilih PDF

Export As PDF di Libre Office / Open Office
Export As PDF di Libre Office / Open Office


4.Jika sudah kemudian tekan tombol Export,Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas :

Maka file yang ingin kamu simpan akan menjadi format pdf,selamat mencoba,Gbu :)



...


List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com