;

Rumus Excel Membuat Fitur Searching di Excel - Membuat kolom Pencarian menggunakan rumus excel

Rumus Excel Membuat Fitur Searching di Excel - Membuat kolom Pencarian menggunakan rumus excel


Banyaknya data yang ada di lembar kerja excel ataupun libre office spreedsheet atau calc dari sebuah tuntutan pekerjaan atau tugas sekolah ketika kita ingin mempelajari excel.ketika kita ingin mencari sebuah data langsung pada tabel yang ingin kita buat itu merupakan sangat yang melelahkan jika data itu sangat banyak.

Baca Juga Artikel Tentang : Cara mengatur lebar dan tinggi foto di excel

hari ini saya akan share ke kalian bagaimana cara membuat fitur searching di libre office calc ataupun excel,fitur searching ataupun pencarian ini sangat memudahkan kita,ketika kita sedang mencari sebuah data yang dimana data tersebut sangat banyak.

Baca juga artikel tentang : Membuat tabel baru pada database di ms.access / libre office base database

Untuk membuat fitur searching atau kotak pencarian ini,saya akan menggunakan rumus vlookup untuk pencarian dari tabel lain,lihat contoh dibawah ini :

1.Siapkan data pada tabel


siapkan data pada tabel
siapkan data pada tabel 


2.Kemudian buatlah kotak pencarian seperti dibawah ini  :


Buat kotak pencarian pada excel
Buat kotak pencarian pada excel



3.Pada kolom B12 isi rumus excel seperti ini --> =VLOOKUP(C9,J8:M28,1,0)


Isi dengan rumus vlookup
Isi dengan rumus vlookup

Untuk kolom B12 mengguakan rumus =VLOOKUP(C9,J8:M28,1,0)

keterangan :

C9       :  adalah kotak kosong pencarian (Pada gambar diatas berisi nama Koko)

J8:M8  : adalah  semua tabel data yang ada (Contoh diatas adalah mulai dari Nana pada baris J8 sampai SMS pada baris M8)

1          : Urutan tabel data (Pada contoh diatas kolom "Nama" berada di urutan pertama pada semua data tabel yang berada sebelah kanan).

0          : adalah sort order ,beri nilai 0 saja pada sort order.



Jika sudah memberi rumus vlookup pada kolom Nama pada tabel pencarian,kemudian isi juga rumus vlookup pada tempat lahir, tanggal lahir,dan pendidikan.

** untuk tempat lahir pada kolom C12 rumusnya adalah  =VLOOKUP(C9,J8:M28,2,0)
karena tempat lahir berada di urutan no 2,maka tulis 2,0

** untuk tanggal lahir pada kolom D12 rumusnya adalah  =VLOOKUP(C9,J8:M28,3,0)
karena tempat lahir berada di urutan no 3,maka tulis 3,0

** untuk tempat lahir pada kolom E12 rumusnya adalah  =VLOOKUP(C9,J8:M28,4,0)
karena tempat lahir berada di urutan no 4,maka tulis 4,0


Jika Kolom B12,C12,D12,E12 maka sekarang kamu tinggal mencari nama yang ingin kita cari,jadi pada contoh ini kita melakukan pencarian berdasarkan kolom pertama pada data tabel(Yaitu "Nama").


membuat fitur searching di libre office calc /spreedsheet
membuat fitur searching di libre office calc /spreedsheet


Nah sampai disini dulu ya :)

Gbu :)

Baca juga artikel tentang :  Cara membuat database baru di ms.access atau libre office base database





List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com