;

kode warna CSS - struktur baris kode warna css

Warna pada CSS

dalam pemograman CSS kita tidak lepas dari yang namanya warna,warna pada CSS berfungsi untuk memperindah tampilan pada website yang ingin kita buat,kita dapat mengatur warna element-element tersebut dengan CSS.

dalam penulisan warna CSS dapat dibagi menjadi 3 :

1.nama warna

2.RGB

3.Hexadecimal

mari kita bahas dari penulisan warna CSS : 

1.Warna CSS

   kita dapat mengisi warna CSS atau membuat backgroud-color / biasa kita sebut warna latar dengan
   dengan anam warna pada CSS

cara ini paling mudah,misalnya kita ingin menggunakan warna merah,kita tinggal menulis merah ( dalam bahasa inggris ya nulisnya :) ).

contoh script jika kita ingin memberikan warna pada CSS:


Warna pada CSS
Warna pada CSS

h1{

      color : red;

}

pada kode diatas menjelaskan bahwa ukuran font dengan ukuran h1 akan diberi warna merah.cara memberi warna dengan nama warna ini terbilang cukup mudah,misal jika kita ingin memberi warna biru,maka nilai/value yang kita gunakan adalah "blue",jika kita ingin memberi warna hijau ,maka nilai/value yang kita gunakan adalah "green",kita bisa dibilang hanya mengubahnya mengggunakan bahasa inggris,mudah bukan ?


Silakan lihat materi CSS sebelumnya : STRUKTUR KODE BARIS CSS



2.RGB

   RGB merupakan kepanjangan dari Red,Green,Blue.pada penulisan menggunakan RGB ini kita dapat menulis banyak beragam warna sesuai dengan perpaduan dengan tiga warna tersebut.

                    rgb(150, 99, 71)


RED

150
GREEN

99
BLUE

71

pada gambar diatas merupakan contoh dari RGB,semisal kita ingin membuat red dengan nilai 150 dan hijau senilai 99 dan blue dengan senilai 71 maka akan menghasilkan warna coklat (gambar diatas hanya contoh dan tidak dapat digunakan pengaturan RGBnya).

4.Heksadecimal

  Heksadecimal merupakan  format penulisan CSS dengan menggunakn dari mulai 0-ff dengan menggunakan kombinasi angka dan huruf.

contoh penggnaan heksadecimal :

Warna Heksadecimal pada CSS
Warna pada Heksadecimal


h1{

      color :ffa500;

}

maka pada contoh diatas adalah kita akan memberi warna orange pada font tulisan h1


penjelasan tentang warna pada CSS sampai disini dulu ya,untuk nilai dari sebuah properti warna akan saya bahas di episode berikutnya ya guyss,hari ini saya hanya menjelaskan bagaimana cara menggunakan warna pada CSS.

selamat mencoba :)
Gbu :)


List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com