;

Cara Crop Foto Tanpa Aplikasi di PC Komputer Laptop Windows

Cara Crop Foto Menggunakan Aplikasi Bawaan Windows 10

Isi Postingan Artikel :

  1. Cara Crop Pas Foto Tanpa Aplikasi Edit Foto di Photos Bawaan Windows
  2. Cara Crop Pas Foto 4x6 di Paint Windows 
  3. Cara Crop Pas Foto 4x6 dan 3x4 Tanpa Mengurangi Kualitas Pas Foto di Paint 3D




buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara crop foto atau memotong gambar foto tanpa aplikasi di perangkat PC komputer atau di perangkat laptop dan notebook.Cara ini saya gunakan untuk kamu yang menggunakan komputer dengan sistem operasi windows 10.

Sebenernya tutorial ini masih menggunakan aplikasi atau software edit foto,akan tetapi software atau aplikasi yang saya gunakan adalah aplikasi dari bawaan windows 10,sehingga kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi edit foto di windows 10 dan OS lainnya yang kamu gunakan di komputer.

Cara ini bisa digunakan untuk crop foto dengan ukuran foto 4x6,3x4 dan 2x3 dan ukuran foto yang lainnya.Crop pas foto dengan ukuran tertentu kemungkinan kamu butuhkan untuk aktivitas tertentu,kamu bisa menggunakan fitur crop pada software edit foto untuk memotong bagian foto yang kamu rasa itu perlu dan akan menghasilkan foto yang labih baik dan rapi.

Aplikasi bawaan windows yang saya gunakan untuk crop foto tanpa aplikasi dari luar adalah :

  1. App Photos Windows 10
  2. Paint Windows 10
  3. Paint 3D Windows 10

Ketiga aplikasi diatas adalah aplikasi bawaan windows yang sudah tersedia ketika kamu menginstall sistem operasi windows 10 di komputer atau di laptop kamu.Jadi kamu bisa menggunakan software atau aplikasi diatas untuk mengedit foto seperti crop foto,mengubah background foto,resize foto menjadi kecil seperti 1kb hingga 100kb dan juga memotong foto atau biasa dikenal dengan crop foto.

Aplikasi diatas juga bisa mengubah ukuran foto menjadi 4x6,3x4 dan 2x3,atau juga bisa mengubah ukuran pas foto dari 3x4 ke 4x6 atau sebaliknya,mengubah ukuran foto dari 2x3 ke 3x4 atau sebaliknya.


Cara Crop Foto / Gambar di App Photos Windows 10

Cara pertama yang saya gunakan untuk crop foto tanpa aplikasi luar windows adalah menggunakan aplikasi App Photos,aplikasi App Photos ini berfungsi sebagai software yang digunakan untuk melihat tampilan foto atau viewer foto di windows 10.

Tidak hanya berfungsi sebagai viewer foto atau gambar saja,ternyata aplikasi ini bisa digunakan untuk crop foto.

Berikut ini adalah cara crop foto menggunakan aplikasi App Photos :


1.Buka folder dimana kamu menyimpan foto di komputer kamu,kemudian klik kanan pada foto tersebut,lalu pilih Open With dan kemudian pilih lagi Photos





2.Lalu pilih Edit & Created (perhatikan tanda panah gambar dibawah ini)






3.Kemudian Pilih Edit




4.Kemudian kamu sekarang bisa mengedit foto dengan cara menekan menu Crop & Rotate




Pada gambar diatas kamu bisa mengeser pada sisi gambar yang saya beri kotak warna merah,menggeser tersebut kamu sedang melakukan bagian foto yang ingin kamu potong atau crop.

Jika sudah selesai,maka kamu bisa menekan tombol Save a copy ,maka foto dengan ukuran 3x4 sudah berhasil di crop dan langsung tersimpan di komputer kamu,Cara crop foto ini juga bisa digunakan untuk ukuran foto 4x6 dan 2x3.Hasil crop ini termasuk rapi karena kamu crop dengan garis yang sudah di tentukan oleh aplikasi Photos dari windows 10.


Cara Crop Foto di Paint Windows 10


Paint juga aplikasi bawaan windows yang memiliki fungsi atau fitur tool untuk crop foto,shingga kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi edit foto untuk crop foto di windows 10 kamu.Software Paint tidak hanya tersedia di windows 10 saja,akan tetapi windows 8,7 dan xp juga memiliki aplikasi paint bawaan windows.

Kamu juga bisa crop foto di software paint dengan ukuran foto 4x6,3x4 dan 2x3 dan ukuran foto yang lainnya.Sehingga kamu bisa potong pas foto dengan mudah dan rapi di aplikasi paint.

Berikut ini adalah cara memotong pas foto di Paint Windows 10.


1.Buka folder tempat dimana kamu menyimpan foto di komputer kamu,kemudian klik kanan pada foto tersebut lalu pilih Open With dan kemudian kamu bisa memilih Paint




2.Kemudian Pilih menu Selection pada aplikasi Paint ( Lihat Tanda Panah Nomor 1 )

- Kemudian tarik garis untuk area yang ingin di crop pada foto (Lihat Tanda Panah Nomor 2)

- Kemudian pilih menu Crop pada Paint (Lihat Tanda Panah Nomor 3)


Jika sudah maka seperti inilah tampilan foto yang sudah di crop di Paint





Maka sekarang kamu bisa menyimpan atau save foto yang sudah dicrop di aplikasi paint bawaan windows dengan cara :


  1. Klik menu File 
  2. Kemudian pilih Save as
  3. Kemudian pilih format pas foto yang ingin kamu gunakan,format foto yang tersedia di paint adalah PNG Picture,JPEG Picture,BMP Picture,Gif Picture dan Bitmap),untuk saat ini saya akan memilih JPEG Picture
  4. Kemudian beri nama foto 
  5. Kemudian tekan tombol Save


Sepertinya mudah bukan cara crop pas foto di aplikasi paint bawaan windows,kamu bisa crop foto ukuran :


  1. Crop Foto 4x6 di Paint
  2. Crop Foto 3x4 di Paint
  3. Crop Foto 2x3 di Paint



Cara Crop Pas Foto di Paint 3D


Dan cara ke 3 untuk crop pas foto dengan ukuran 4x6,2x4 dan 3x4 adalah menggunakan aplikasi Paint 3D ,aplikasi ini menjadi aplikasi edit foto atau gambar bawaan windows 10.Untuk kamu pengguna sistem operasi windows 10,maka kamu bisa menggunakan aplikasi paint 3D untuk mengedit foto seperti crop foto.

Cara memotong foto atau crop di Paint 3D sangat mudah dan cepat,hasil dari foto yang di crop juga rapi,berikut ini adalah cara crop foto di Paint 3D secara offline tanpa aplikasi luar windows 10:


1.Buka folder tempat dimana kamu menyimpan foto di komputer kamu,kemudian klik kanan pada foto tersebut lalu pilih Open With dan kemudian kamu bisa memilih Paint



2.Kemudian klik menu Select (Lihat tanda panah nomor 1)

- Lalu tarik garis pada bagian foto yang ingin di potong pada foto (Lihat tanda panah nomor 2)

- Kemudian klik menu Crop (Lihat tanda panah nomor 3)





3.Jika sudah maka hasil foto yang di crop di aplikasi Paint 3D akan seperti ini :






Sekarang kamu bisa menyimpan hasil foto yang sudah di crop di aplikasi paint 3D,kamu dapat crop pas foto dengan ukuran yang bermacam-macam seperti ukuran pas foto :


  1. Crop Pas Foto ukuran 4x6 di Paint 3D
  2. Crop Pas Foto ukuran 3x4 di Paint 3D
  3. Crop Pas Foto ukuran 2x3 di Paint 3D


Cara menyimpan hasil foto yang sudah di crop di Paint 3D




  1. Tekan tombol keyboard CTRL+Shift+S
  2. Kemudian beri nama foto lalu pilih format foto
  3. Kemudian tekan tombol Save


Demikian artikel tentang cara crop foto tanpa aplikasi tambahan dari luar windows,sehingga kamu bia menggunakan aplikasi bawaan windows untuk melakukan crop pas foto atau gambar dengan ukuran tertentu,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu :)








List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com