;

Mengapa file exe tidak dapat berjalan di Linux ?

Mengapa file exe tidak dapat berjalan di Linux ?


file exe di windows
file exe di windows


buayaberdiri.blogspot.com - Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan windows,aplikasi yang digunakan untuk di install di windows biasanya memiliki format .exe yang memiliki kependekan dari executable .File .exe ini memang digunakan untuk di eksekusi di windows.Karena sistem operasi windows banyak digunakan diseluruh dunia,maka aplikasi yang memiliki .exe sangat banyak digunakan oleh banyak pengembang perangkat lunak.


Lalu pertanyaannya adalah mengapa aplikasi exe tidak dapat berjalan di linux ? jawabannya adalah karena sistem operasi linux dan windows itu berbeda.Sistem operasi linux memiliki bahasa mesin yang berbeda,librari yang berbeda dan memiliki kernel yang berbeda pula.Sehingga file exe tidak dapat dijalankan secara native di sistem operasi linux.Coba bayangkan jika kamu orang Indonesia berbicaranya bahasa Indonesia dengan lawan bicaramu yang yang memiliki bahasa korea selatan dan warga negara korea selatan,maka warga korea selatan tidak akan mengerti artinya.

Begitu juga dengan sistem operasi linux,sistem operasi linux tidak bisa menerjemahkan program file exe di lingkungan sistemnya.

Lalu bagaimana cara menjalankan aplikasi exe di linux ?


Jika kamu memang ingin benar-benar menggunakan file exe di windows akan kebutuhan sesuatu,saran pertama yang harus dilakukan adalah lebih baik kamu menggunakan dual boot sistem di komputer kamu.

Dan saran kedua kamu bisa menggunakan Wine,namun perlu di ingat tidak semua aplikasi windows dapat berjalan di wine .Sehingga jika kamu pengguna ubuntu berarti kamu harus menginstall wine di ubuntu terlebih dahulu.





List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com