;

Cara Mengembalikan Windows Yang Tertimpa Linux (Dual Boot Grub)

Cara mengembalikan Windows yang tertimpa Linux 



buayaberdiri.blogspot.com - Grub adalah aplikasi boot loader yang digunakan untuk memberikan pilihan pada saat masuk kesistem operasi linux atau sistem operasi yang berbeda.Grub sangat dibutuhkan ketika kamu menginstall dua sistem operasi dalam satu komputer atau biasanya kita menyebutnya dengan dual boot.

Ketika kita menginstall sistem operasi linux yang sebelumnya dikomputer kita sudah ada sistem operasi windows,maka grub sangat dibutuhkan.Karena ketika kita tidak menggunakan grub yang terjadi adalah sistem operasi sebelumnya akan hilang.

Sebagai contoh,ketika kita ingin menginstall linux yang sebelumnya ada sistem operasi windows,jika kita tidak menginstall grub,maka "biasanya" sistem operasi windows akan hilang (sebenernyatidak hilang,tetapi kita tidak bisa masuk ke sistem operasi windows/biasanya disebut grub windows tertimpa linux),maka pada saat kita ingin merestart komputer kita biasanya kita akan langsung masuk ke sistem operasi linux.

Oleh sebab itu grub windows akan hilang setelah install linux,cara mengatur dual grub linux dan windows sangat mudah ketika kita berada di sistem operasi linux,lalu bagaimana cara mengembalikan windows  yang tertimpa linux ?,caranya adalah menginstall grub di linux atau jika kamu sudah menginstall grub pada saat proses install linux,tetapi masih hilang,maka kita perlu mengupdate grub di terminal linux kamu.



Cara mengembalikan grub windows yang hilang setelah install linux :

1.Buka terminal linux kamu,kemudian gunakan perintah ini :


grub-install /dev/sda


2.Kemudian update grub linux kamu.


update-grub




3.Kemudian restart kembali komputer kamu,untuk memastikan apakah grub linux kamu berhasil,jika berhasil maka grub windows yang hilang akan muncul kembali.



Demikian cara mengatur dual boot grub di linux dan windows,semoga membantu,Gbu :)













List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com