;

Tutorial Cara Membagi Partisi Linux Ubuntu Terbaru 2019

Tutorial Cara Membagi Partisi Linux Ubuntu Terbaru 2019


buayaberdiri.blogspot.com - Hari ini saya akan share bagaimana cara membagi partisi harddisk di linux,untuk membagi partisi harddisk di linux mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara membagi partisi harddisk di linux.Tapi tenang bagi yang belum tau saya akan share disini bagaimana cara membagi partisi harddisk di Ubuntu.

Ubuntu yang saya gunakan adalah Ubuntu 18.04.2 LTS sebagai bahan percobaan saya untuk tutorial membagi partisi harddisk di Ubuntu 18.04.2LTS ini.Di Linux kamu pasti akrab dengan beberapa partisi ,yaitu :

  • Partisi Root
  • Partisi Boot
  • Partisi Var
  • Partisi TMP
  • Partisi USR
  • Partisi SRV
  • Partisi OPT
  • Partisi USR/Local


Lalu bagaimana cara membagi partisi root,cara membagi partisi boot,cara membagi partisi var,
cara membagi partisi tmp,cara membagi partisi usr,cara membagi partisi srv,cara membagi partisi opt dan cara membagi partisi usr/local di Ubuntu ?.

Berikut adalah cara membagi partisi harddisk di Ubuntu :

1.Tahap ini saya akan mulai dari Installation Type pada Ubuntu 18.04.2 LTS,Untuk Installation Type saya akan memberi centang pada Something else.


Installation type : Something else
Installation type : Something else


2.Lalu akan muncul drive linux yang akan dibuat,jadi drive linux tersebut namanya adalah /dev/sda.Disitu juga akan keterangan total jumlah harddisk pada virtual box saya adalah 107.4 GB.

**Kemudian tahap selanjutnya adalah tekan tombol New Partition Table (Lihat gambar yang saya beri tanda panah )

Membuat partisi baru di Linux Ubuntu
Membuat partisi baru di Linux Ubuntu


3.Maka akan ada pemberitahuan pada kotak Created new empty partition table on this device ?


**Maka tekan tombol Continue saja.

Cara membuat partisi di Ubuntu
Cara membuat partisi di Ubuntu

4.**Lalu arahkan kursor mouse kamu ke free space (lihat tanda panah no.1)

    **Kemudian tekan tombol + (lihat tanda panah no.2)

Tutorial Membagi Partisi di Linux Ubuntu
Tutorial Membagi Partisi di Linux Ubuntu

5.Untuk tahapan ini saya akan membagi partisi menjadi Root :
   **Untuk size partisi root adalah 50000 MB ( maaf gambarnya salah,gambarnya disitu 5000 MB)
   **Type for new partition saya beri centang Primary
   **Local for new partition saya beri centang Beginning of this space
   ** Untuk Use as saya buat menjadi Ext4 Journalling file system
   ** Mount point saya menggunakan / (itu adalah partisi root )

Jika sudah selesai,tekan tombol OK

Membagi Partisi root di Linux Ubuntu
Membagi Partisi root di Linux Ubuntu

6.Maka partisi root sudah kamu buat akan tampil sebagai /dev/sda1 (Lihat tanda panah yang tidak saya beri nomor )


**Lalu untuk membuat partisi baru yang tersisa yaitu partisi freespace (maksudnya freespace adalah harddisk yang kosong,yang belum dibuat partisi).
**Kemudian arahkan kursor mouse kamu ke freespace tersebut
**Kemudian tekan tombol + 


Cara Membuat partisi di linux
Cara Membuat partisi di linux

7.Tahap selanjutnya saya akan membuat partisi home,saya akan menghabiskan sisa harddisk saya (supaya tutorial ini tidak terlalu panjang dan banyak gambar),kamu dapat membuat partisi var,partisi tmp,partisi usr dan lain lain sesuai dengan kebutuhan kamu.

   **Untuk size partisi home adalah 57374 MB 
   **Type for new partition saya beri centang Primary
   **Local for new partition saya beri centang Beginning of this space
   ** Untuk Use as saya buat menjadi Ext4 Journalling file system
   ** Mount point saya menggunakan /home 


Jika sudah selesai ,silakan tekan tombol OK

Membuat partisi home di Linux Ubuntu
Membuat partisi home di Linux Ubuntu

Jika sudah selesai membuat partisi di Linux ubuntu kamu,maka tampilannya akan seperti dibawah ini 

**Lalu tekan tombol Install Now



Cara membuat partisi ubuntu
Cara membuat partisi ubuntu 


Sepertinya mudah bukan cara membagi partisi di linux atau cara membuat partisi di linux ?,selamat mencoba,Gbu :)





List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com