;

Distro Linux yang ringan dan mudah digunakan untuk komputer spesifikasi rendah

Distro Linux yang ringan dan mudah digunakan untuk komputer spesifikasi rendah

Linux merupakan salahsatu sistem operasi yang paling digunakan selain dari sistem operasi lainnya,mengapa paling banyak digunakan ?,karena linux bisa digunakan secara bebas dan dapat merubah sistemnya sesuai dengan kebutuhan konsumen dan juga linux ini gratis (ya,meskipun ada beberapa yang berbayar dalam bentuk donasi).

Hari ini saya akan share distro linux yang bisa digunakan oleh spesifikasi komputer yang sudah tua atau sangat lama,tidak semua linux memiliki spesifikasi rendah ya guyss,sebagai contoh kamu taukan kalau ubuntu merupakan linux yang paling banyak digunakan diantara distro linux lainnya.

Baca juga artikel tentang : Parrot security os tutorial Indonesian - Tutorial install parrot Bahasa indonesia

Baca juga artikel tentang : Tutorial Installasi Sistem Operasi linuxmint-18.3-kde-64bit.iso ( FULL GAMBAR ) https://buayaberdiri.blogspot.com/

Baca juga artikel tentang :  Tutorial install CentOS-7-x86_64-DVD-1804.iso


Ingin melihat artikel tentang Linux lihat disini     https://buayaberdiri.blogspot.com/


sebagian orang berfikir kalo ubuntu itu salahsatu linux yang ringan untuk spesifikasi komputer yang sudah tua.Taukah kamu kalo ubuntu versi sekarang itu lumayan memakan resource komputer kamu.

Berikut ini adalah distro linux yang ringan utuk digunakan komputer lama tapi masih bisa digunakan untuk sekarang ini :


1.Ubuntu 


Ubuntu merupakan distro yang dapat digunakan oleh pengguna komputer lama atau komputer yang memiliki low spesifikasi,untuk ubuntu yang versi terbaru membutuhkan spesifikasi yang lumayan,jadi ketika kamu memilih ubuntu sebagai sistem operasi dikomputer kamu,saya menyarankan ke kamu gunakan ubuntu16.04 LTS,karena versi itu masih layak digunakan untuk tahun 2018-2019 (menurut opini saya,masih layak digunakan).


2.Tails OS


Tails Os merupakan salah satu sistem operasi turunan dari debian,Tails OS tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang besar,kamu hanya memerlukan RAM sebesar 2GB ,tapi membutuhkan prosesor tipe 64 bit,tapi untuk prosesor sekelas core 2 duo menurut saya masih dapat bekerja ketika kamu ingin menginistall Tails OS ini.

Baca juga artikel tentang : 10 VPN yang dapat digunakan disistem operasi Linux


3.Elementary OS


Sistem operasi yang satu ini memiliki requirements yang lumayan dari linux lainnya,tapi tenang core 2 duo masih bisa jalan kok,asal kamu jangan terlalu banyak menyimpan software-software yang berat ketika kamu menggunakan komputer yang spesifikasinya tidak begitu besar,dan sayangnya RAM yang digunakan minimal 4 GB dan membutuhkan ruanga harddisk kosong sebanyak 15 GB.

Baca juga artikel tentang : Mengetahui Versi Linux 64bit atau 32bit diTeminal Linux


4.openSUSE


Untuk menginstall sistem operasi openSUSE ini kamu bisa menggunakan komputer pentium 4 atau prosesor AMD64 atau prosesor intel64 dan membutuhkan ram 1 GB dan ruang harddisk kosong hanya 3gb saja.

Baca juga artikel tentang : Perintah pada Terminal Linux mengetahui Spesifikasi 
Hardware Komputer


5.Linux Mint


Linux mint dapat digunakan untuk komputer dengan spesifikasi core 2 duo atau sejenisnya,dan membutuhkan ram 512 MB,dan membutuhkan 5 GB ruang hraddisk kosong.

Baca juga artikel tentang : Mengatasi Error Virtualbox Kernel driver not installed (rc=-1908),not execute '/sbin/vboxconfig' as root


6.Fedora


Fedora  dapat diinstall di komputer yang memiliki kecepatan prosesor 1 Ghz seperti intel celeron,AMD Duron dan pentium 4,untuk ram kamu membutuhkan 1 GB saja,lalu untuk ruang harddisk kosong membutuhkan 10 GB. 

Baca juga artikel tentang : Bagaimana Cara Mengatur Resolusi display linux debian


7.Zorin OS


Untuk menginstall Zorin OS kamu membutuhkan spesifikasi komputer yang miliki kecepatan prosesor 1 GHz (sama seperti Fedora) dan membuthkan ram 1.5 GB dan membutuhkan ruang harddisk kosong 8-10 GB tergantung install zorin yang versi berapa.

Baca juga artikel tentang : Cara membagi partisi linux dengan benar ( Full Gambar !! )


8.CentOS


CentOS membutuhkan spesifikasi komputer prosesor pentium 3 diatasnya (pentium 3 dapat digunakan tergantung dari versi CentOs yang ingin kamu gunakan) dan dengan ram minimal 256 MB dan ruang harddisk sebesar 2 GB ( tergantung dari versi CentOS juga ).






List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com