;

Rumus Excel yang sering digunakan dalam dunia kerja

Rumus Excel yang sering digunakan dalam dunia kerja


Rumus Fungsi Excel yang banyak digunakan dalam dunia kerja
Rumus Fungsi Excel yang banyak digunakan dalam dunia kerja

Hari ini saya akan share jenis-jenis atau macam-macam rumus excel yang digunakan dalam dunia kerja,kebanyakan perusahaan sudah banyak menggunakan aplikasi untuk menunjang kinerja perusahaan dalam hal yang berhubungan administrasi seperti input data,penyerahan laporan pekerjaan,Presentasi kinerja perusahaan ataupun produk dan lain-lain.

Baca Juga Artikel Tentang : Rumus Pemangkatan dan Akar Kuadrat pada Excel

Tapi ada juga perusahaan yang masih menggunakan Excel atau Calc ataupun sejenisnya untuk pekerjaan bagi karyawannya,karena excel lebih ekonomis dari biaya perbaikan ataupun maintenance daripada menggunakan aplikasi.Ketergantungan perusahaan menggunakan excel dalam dunia kerja membuatmu harus mengerti setidaknya sedikit penggunaan excel seperti rumus fungsi dan lain-lain.


Baca Juga Artikel Tentang : Rumus Excel Pertambahan,Pengurangan,Pembagian dan Perkalian 

Ada beberapa rumus fungsi yang digunakan dalam dunia kerja dan kamu wajib mengetahuinya.

1.SUM

Rumus fungsi sum sangat familiar dan sering digunakan dalam dunia kerja ketika kita ingin menjumlahkan data yang berupa angka desimal maupun pecahan desimal pada tabel dari kolom dan baris yang sudah ditentukan.

Rumusnya adalah :

=SUM(num1;num2)


2.MAX

Rumus MAX pada excel juga sering digunakan dalam dunia kerja,fungsi rumus max ini adalah mencari nilai data tertinggi yang berupa nilai desimal maupun pecahan desimal pada sebuah tabel dari kolom dan baris yang sudah ditentukan.


Rumusnya adalah :

=MAX(num1;num2)


3.MIN

Rumus MIN pada excel juga sering digunakan,jika rumus max adalah mencari nilai data tertinggi maka rumus MIN adalah sebaliknya yaitu mencari nilai data terendah bilangan desimal ataupun pecahan desimal pada sebuah tabel dari kolom yang sudah kita tentukan .


Rumusnya adalah :

=MIN(num1;num2)



4.IF

Rumus Fungsi IF pada Excel digunakan untuk sebuah pernyataan logika yang ingin kita beri keterangan,ini juga rumus yang saring digunakan dalam dunia kerja bagi kamu yang pekerjaan menggunakan excel.

Rumusnya adalah :

=IF(Test,ThenValue,OtherWise Value)


5.Vlookup dan Hlookup

Rumus fungsi Vlookup adalah mencari dan menjumlahkan nilai data yang kita ambil dari tabel lain secara vertikal,rumus ini adalah rumus yang umum dalam dunia kerja.

Rumusnya adalah :

=Vlookup(Search criterion,Array,Index,Sort order)

Rumus fungsi Hlookup adalah mencari dan menjumlahkan nilai data yang kita ambil dari tabel lain secara Horizontal.

Rumusnya adalah :

=Hlookup(Search criterion,Array,Index,Sort order)



6.UPPER

Rumus fungsi ini pernah saya gunakan ketika tes di perusahaan X ketika saya melamar jadi input data entri,fungsi rumus ini membuat kalimat atau huruf pada tabel kolom menjadi huruf kapital semua (membesarkan semua huruf).

Rumusnya adalah :

=UPPER(Text)


Itulah rumus yang umum digunakan dalam didunia kerja yang menggunakan aplikasi Microsoft Excel ataupun Libre Office Calc ataupun aplikasi sejenisnya.

Gbu :)

Baca Juga Artikel Tentang :Fungsi LEFT dan RIGHT pada excel - Mengambil/mengembalikan Huruf pada Teks di Excel


List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com