;

Command Terminal Linux - Perintah-Perintah Dasar Teminal linux yang wajib kamu ketahui

Perintah-Perintah Dasar Teminal linux yang wajib kamu ketahui


Linux merupakan sistem operasi lunak bebas yang dapat memodifikasi sistemnya,dalam linux kita akan mengenal Terminal,apa itu terminal ?
Terminal Linux merupakan aplikasi dari sistem operasi linux yang terhubung langsung dengan sistem linux melalui sebuah perintah berupa teks.

Terminal Linux Debian
Terminal Linux Debian


Terminal Linux sangat penting digunakan karena sebagian besar kamu akan belajar perintah-perintah dalam terminal linux,mengapa ?,karena menggunakan terminal linux menurut lebih efisien dan sekaligus menambah wawasan kamu dalam menggunakan linux.

Hari ini saya akan share ke kamu tentang dasar perintah-perintah linux yang harus kamu ketahui,apa itu ?,simak dibawah ini :

1.cd


cd merupakan perintah dasar linux yag berfungsi untuk berpindah direktori,kamu dapat berpindah satu direktori sebelumnya dengan cara menguunakan perintah cd,jika kamu langsung berpindah direktori ke direktori paling awal,maka kamu menggunakan cd .. (cd spasi titik titik).

2.ls


ls merupakan perintah terminal linux yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari sebuah direktori atau folder yang sedang kita kunjungi,jadi jika kamu belum tahu isi folder  itu apakah ada aplikasi atau file text ,maka kamu tinggal menggunakan perintah ls pada terminal linux kamu.


3.dir


Perintah dir tidak hanya pada windows saja,tetapi linux memiliki perintah dir,perintah dir pada linux berfungsi sama seperti perintah ls dalam terminal linux.

4.clear


Perintah clear pada terminal linux digunakan untuk menghapus atau memberihkan tulisan atau perintah-perintah pada layar terminal linux.

5.history 


Perintah history pada terminal linux digunakan untuk melihat jejak riwayat perintah-perintah linux yang sebelumnya kamu gunakan.


Nah sampai disini dulu yahh :)

Gbu :)

Baca juga artikel tentang : Mengatasi Google-Chrome Error di Linux : Running as root without --no-sandbox is not supported



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com