;

Cara menggunakan dimensi Radius pada Autocad 2016

di episode sebelumnya kita telah belajar cara membuat dimensi linear pada object Rectangle,hari ini saya akan membahas dimensi pada lingkaran,pada lingkaran terdapat dua dimensi yang bisa kita gunakan.

Dimension style Radius and Diameter in autocad 2016
Dimensi ini biasa digunakan pada object berbentuk lingkaran
Seperti yang kita ketahui Radius merupakan ukuran jarak dari setengah lingkaran,jadi radius hanya mempertemukan titik lengkungan pada Lingkaran dengan titik tengah pada lingkaran begitu juga sebaliknya.

Cara menggunakan dimensi Radius pada Autocad 2016 ini akan saya jabarkan,kalian perhatikan yaa:)

1.buat Object lingkaran,jika belum bisa membuat lingkaran,coba baca updaetan saya sebelumnya tentang →cara membuat menu circle pada Autocad .

Lingkaran pada Autocad
Object Lingkkaran yang akan dibuat dimensinya

2.Kemudian kita pilih menu Dimension Stylenya lalu pilih Radius,pada kesempatan ini saya akan membuat dimensi radius.

Dimensi Radius
Pilih Dimension Style "Radius"

3.Kemudian letakkan titik awal pada sisi lingkaran ,kemudian tarik ke tengah lingkaran ( biasanya titik tengah akan ada tandanya ).

Dimensi Radius pada Autocad 2016
Pilih titik awal pada sisi lingkaran lalu tarik hingga ke bagian tengah lingkaran
4.jika sudah bertemu titik tengah lalu "enter"

Dimensi Radius
Dimensi Radius pada Autocad 2016 Student Version
saya juga menyertakan video Youtube saya sebagai bahan pelajaran buat kalian :)



demikian yang bisa saya sampaikan kepada kalian,selamat mencoba

semoga berhasil, Gbu:)



List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com