;

Fungsi IF - Tutorial fungsi IF pada Microsoft Excel/Libre Office

Fungsi IF - Penggunaan Rumus IF pada Excel



Dalam excel kita sering kali menentukan sebuah kondisi tertentu dalam sebuah data yang kita buat pada lembar kerja excel,ada yang berisi kondisi dengan keterangan "lulus" atau "Tidak lulus" ada yang berisi keterangan "Masuk" dan "Tidak masuk" dan masih banyak keterangan yang kita gunakan untuk menyetakan sebuah kondisi yang ingin kita tentukan dalam bentuk keterangan.


Baca Juga Artikel tentang :Rumus MAX (Fungsi MAX) pada sebuah tabel EXCEL/Libre Office


Dalam Excel kita akan mengenal rumus fungsi IF ,apa itu rumus fungsi if ?

Rumus IF pada excel berfungsi untuk pernyataan logika yang sudah kita tentukan pada sebuah tabel data excel,sebagai contoh jika nilai dibawah 2 maka dinyatakan "Lulus" jika tidak maka "Tidak lulus",pernyataan ini sering digunakan pada pengguna excel.

oke kita langsung liat rumusnya..

Rumusnya :


=IF(Test_Then_value_Otherwise_value)


Contohnya adalah :


=IF(G3>=70,"lulus","tidak lulus")

untuk lebih lengkap silakan kalian lihat gambar berikut :


ketentuan logika yang kita buat adalah :

jika Jumlah Nilai lebih sama dengan 70,maka dinyatakan lulus,jika kurang dari 70,maka dinyatakan tidak lulus.

seperti yang diketahui jumlah nilai yang pertama berada di kolom G3,
maka pada keterangan,kita akan menulis fungsi logika:

=IF(G3>=70,"Lulus","Tidak Lulus")

maka hasilnya akan menunjukkan keterangan lulus pada kolom pertama keterangan.

untuk videonya mari kita simak ya guyss dibawah ini :




Sekian dari saya Semoga bermanfaat ya guyss,Gbu :)

Baca Juga Artikel Tentang :  RUMUS SUM

Daftar Artikel Lainnya :





List of Article Posts https://buayaberdiri.blogspot.com